3 Cara Mudah Untuk Transfer Uang ke Luar Negeri

Metode transfer atau mengirim uang saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat seiring juga dengan semakin berkembangnya fitur dalam dunia perbankan serta teknologi dari waktu ke waktu. Hal ini tentu saja sangat membantu kita dalam melakukan berbagai transaksi keuangan yang kini semakin masif sejalan dengan perputaran uang yang begitu besar dan cepat. Tidak dapat dibayangkan jika kita ingin mengirim sejumlah uang ke tempat yang jauh dan harus dikirim secara manual pastinya akan membutuhkan waktu yang sangat panjang dan dengan tingkat keamanan yang tidak terjamin. Namun dengan adanya berbagai fasilitas transfer uang yang dapat kita gunakan saat ini membuat kita tidak perlu khawatir akan hal tersebut bahkan untuk transfer uang ke luar negeri sekalipun.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini memang semakin banyak WNI yang berada di luar negeri dengan jangka waktu menetap yang cukup lama baik untuk bekerja maupun untuk tujuan menuntut ilmu. Lebih dari itu di era globalisasi ini dimana perekonomian berputar di seluruh pelosok dunia juga membuat sangat banyak transaksi transfer uang yang dilakukan ke luar negeri. Oleh karena banyaknya kepentingan tersebut maka saat ini telah tersedia pula berbagai cara untuk melakukan tranfer uang ke luar negeri yang cukup mudah seperti berikut ini :

1. Menggunakan PayPal

PayPal adalah rekening virtual yang saat ini semakin banyak orang yang menggunakannya karena memang sangat praktis dan mudah. Pembuatan akun PayPal dapat kita lakukan sendiri di rumah dengan gadget atau laptop yang kita miliki sehingga tidak perlu repot-repot lagi pergi ke bank. Namun sedikit kerepotan yang kita hadapi saat ingin melakukan transfer uang ke luar negeri melalui PayPal adalah untuk mengisi saldo PayPal harus menggunakan kartu kredit karena masih belum ada layanan perbankan yang mendukung hal tersebut. Namun jika kita telah memiliki kartu kredit maka kita dapat dengan mudah melakukan transfer uang ke luar negeri dimana pun dan kapan pun hanya dengan gadget yang kita miliki.

2. Western Union

Sejak mulai dikenal beberapa tahun yang lalu saat pos mulai melayani pengiriman uang melalui Western Union mulai banyak orang yang menggunakan layanan ini untuk mengirim uang ke luar negeri. Hal ini karena prosesnya yang cukup mudah serta biaya transfernya yang cukup terjangkau. Western Union juga dipilih oleh mereka yang tidak mau repot atau kurang paham mengenai layanan perbankan. Saat melakukan transfer melalui Western Union memang kita tidak perlu untuk memiliki rekening atau kartu kredit dan hanya diwajibkan melengkapi formulir pengiriman. Biaya transfer ke luar negeri melalui Western Union adalah Rp. 45.000 dan kelipatannya tergantung besaran uang yang kita kirimkan.

3. Melalui Bank dan ATM

Bagi Anda yang biasa menggunakan layanan perbankan pastinya sudah paham atau bahkan sudah sering menggunakan metode transfer melalui bank ini. Bagi Anda yang tidak memiliki memiliki kartu ATM tetap dapat melakukan transfer ke luar negeri dengan mengunjungi bank dan melalui teller. Anda hanya perlu mengisi informasi seperti nominal, nomor rekening, dan bank tujuan namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa kurs mata uang yang berlaku akan sesuai dengan nominal yang ingin Anda transfer. Bagi Anda yang telah memiliki kartu ATM Anda bisa langsung datang ke ATM terdekat namun sebelumnya karena tidak melalui teller Anda harus mencari info sendiri sebelumnya tentang kode swift dari bank tujuan transfer kita.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.