3 Nusa di Pulau Bali yang Tak Boleh Terlewatkan

3 Nusa di Pulau Bali yang Tak Boleh Terlewatkan

Nusa Ceningan merupakan pulau terkecil yang termasuk bagian dari gugusan 3 pulau di wilayah Nusa Penida. Ketiga pulau yang dimaksud adalah Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Nusa Penida adalah pulau terbesar, Nusa Lembongan berada di posisi kedua terbesar, dan terakhir adalah Nusa Ceningan. Lokasi ketiga pulau tersebut terpisah dengan daratan Pulau Bali yang utama sehingga menjadi bagian terluar dari pulau dewata. Kepopuleran ketiga nusa ini memang tidak sepopuler Bali utama, namun saat ini sedang merangkak naik dan mendunia. Jika ingin berwisata di Bali dengan suasana sunyi maka datanglah ke salah satu dari 3 pulau tersebut atau datangi ketiganya. Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan yaitu berjemur, mandi di pantai, atau olahraga air seperti snorkeling, diving, dan surfing. Jika ingin eksplorasi ketiga pulau sebaiknya menyewa sepeda motor di Nusa Lembongan dengan harga sekitar Rp.100.000 hingga 120.000 per hari. Jika ingin tahu lebih lanjut tentang ketiga pulau maka ikuti terus artikel ini. Berikut ini penjelasan tentang ketiga pulau dan destinasi utama di setiap pulau tersebut.

  • Nusa Ceningan

Wisata Alam Nusa Ceningan

@polly.pommes

Jika ingin datang ke Nusa Ceningan, naiklah kapal laut untuk menyebrang

selama 30 hingga 40 menit. Titik penyeberangan menuju Nusa Ceningan ada 2 yaitu dari Pantai Sanur dan Tanjung Benoa. Jenis kapal laut yang bisa dipilih yaitu Fast Boat (Kapal Cepat), dan perahu tradisional nelayan di Sanur. Jika ingin naik kapal tipe Cruiser, maka saat ini hanya ada di Pelabuhan Benoa. Jadwal keberangkatan fast boat dari Sanur ke Nusa Ceningan pada pukul 09.00 – 16.30 WITA setiap hari. Bering wakut ini beberapa spot wisata alam di Ceningan yang wajib didatangi.

  • Secret Beach

Wisata Alam Secret Beach

@oliviawheldon_

Sebuah pantai di Nusa Ceningan yang hanya memiliki garis pantai sekitar 50 meter saja ini diberi nama Secret Beach karena lokasinya tersembunyi. Hidden Paradise ini wajib didatangi jika Anda ingin menikmati hamparan pasir putih dengan bebatuan yang eksotis. Lokasinya sekitar 2.2 km dari jembatan kuning yang merupakan gerbang utama untuk datang ke Nusa Ceningan. Dari jembatan langsung belok kanan, setelah melihat Le Pirate Beach Club langsung belok kiri ke arah selatan dan ambil jalan lurus saja hingga ada persimpangan di Two Raksa Cafe Ceningan dan tak lama kemudian Anda akan menemukan surga kecil tersebut. Letaknya tersembunyi sehingga pantai ini gratis dan bisa dikunjungi kapan pun.

  • Blue Lagoon

Wisata Alam Blue Lagoon

@benmarsigl

Blue Lagoon bisa ditempuh selama 10 menit dari Le Pirate Beach Club. Tepatnya Anda harus belok kiri saat berada di pertigaan dekat Mini Market dan Anda akan tiba di lokasi tersebut. Blue Lagoon adalah sebuah teluk berupa cekungan besar dengan hamparan air laut berwarna biru toscha. Siapapun yang datang ke lokasi wisata ini akan terpesona sehingga tak akan sadar telah menghabiskan waktu lama di sana. Tebing karang dan buih ombak berwarna putih menjadi keindahan yang disuguhkan di sana. Jika ingin berwisata ke tempat ini gratis jadi bisa datang kapan pun ke sana. Namun jika Anda ingin menguji adrenalin maka Anda harus coba sensasi terjun dari tebing-tebing berbatu yang tinggi dengan membayar sebesar Rp 50.000 per orang untuk 2 kali lompat. Ada 3 level ketinggian untuk lompat dari atas tebing di Blue Lagoon Cliff Jump yaitu 8, 9 dan 13 meter.

  • Nusa Penida

Wisata Alam Nusa Penida

@thelembongantraveller

Nusa Penida bisa didatangi dengan menyebrang dari Bali utama dengan 3 pilihan alat transportasi laut. Pertama, naik kapal Ro-Ro dari Padang Bai dengan biaya sekitar Rp 50.000 per orang. Kedua, naik jukung (perahu tradisional) dari Sanur atau Kusamba sekitar Rp40.000 per orang. Ketiga, naik fast boat dari Sanur atau Padang Bai sekitar Rp75.000 per orang. 

  • Pasih Uwug

Wisata Alam Pasih Uwug

@prajnamasbrahmadipa

Pasih Uwuh memiliki fenomena alam yang spektakuler sehingga dijuluki broken sea. Mengapa dijuluki seperti itu? Saat tiba di lokasi wisata ini, Anda langsung melihat gerbang alam yang terbuat dari tebing bebatuan. Gerbang atau lubang di tengah tebing berbatu itu dahulu merupakan sebuah gua. Namun dasar permukaan gua tersebut sudah hancur sehingga membentuk sebuah gerbang fenomenal tersebut. Lubang dalam tebing itu mengalirkan air laut ke dalamnya, sehingga terbentuk sebuah kolam alam yang sangat spektakuler. Jika ingin merasakan berenang di sebuah gua maka Anda bisa melakukannya. 

  • Air Terjun Seganing

Wisata Alam Air Terjun Seganing

@heppasatria

Air terjun biasanya berada di tengah hutan atau gunung sehingga harus mendaki. Namun Seganing justru mengalir dari tebing batu langsung ke laut. Sungguh unik bukan? Sumber aliran seolah tidak terlihat padahal biasanya air terjun berasal dari pegunungan. Air tersebut mengalir di antara bebatuan sehingga menghadirkan pemandangan alam yang spektakuler. Namun air terjun ini juga tidak mudah diakses seperti air terjun lainnya. Anda juga wajib mendaki tangga yang panjang dan licin sehingga harus ekstra hati-hati agar terhindar dari bahaya. 

  • Nusa Lembongan

Wisata Alam Nusa Lembongan

@thebaliguideline

Nusa Lembongan, sebuah pulau kecil yang ber dekatan dengan Nusa Ceningan dan Nusa Penida. Pulau ini berada di Selat Badung berjarak sekitar 11 km dari Bali. Pulau ini hanya berukuran panjang 4,6 km dan lebar 1–1,5 km. Untuk berwisata ke pulau mungil ini bisa menyebrang dari Sanur. Nusa Lembongan bersuasana tenang dan pantainya indah. Pulau ini sangat cocok untuk menjadi lokasi honeymoon sehingga bisa menghabiskan waktu romantic berdua dengan pasangan. Berikut ini beberapa destinasi wisata unggulan di Nusa Lembongan yang wajib dikunjungi.

  • Pantai Jungut Batu

Wisata Alam Pantai Jungut Batu

Wisata Alam Pantai Jungut Batu

Pantai Jungut Batu adalah pantai yang tersibuk di Nusa Lembongan karena dijadikan dermaga fast boat dari Bali. Air lautnya tetap jernih, ombaknya juga bersahabat sehingga cukup ideal untuk berenang atau snorkeling ke bawah laut. Airnya yang jernih berwarna biru yang senada dengan langit semakin indah saat cerah sehingga memantulkan warna langit biru. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini siang menjelang sore karena momen sunset di pantai ini sangat indah.

  • Goa Gala Gala

Goa Gala Gala sebenarnya adalah sebuah rumah di bawah tanah yang dibangun oleh Made Byasa. Layaknya sebuah rumah biasa, terdapat ruang tamu, kamar mandi dan dapur yang unik karena terbuat dari batu. Jika Anda tahu tentang Flinstone maka Anda bisa merasakan kehidupan manusia batu di rumah ini. Dinamakan goa karena rumah ini berada di bawah tanah dengan akses masuk yang cukup sempit. Selain itu, rumah ini juga berlubang-lubang seperti goa.

Kepoin Yang Ini  Ayo Jelajahi Tanah Lot Bali

3 Pulau yang dikenal dengan Nusa di Bali ini akan melengkapi destinasi wisata Anda. Semua nusa ini memberikan sisi lain dari Bali yang harus dikunjungi jika ingin merasakan keseruan yang berbeda. Bagi penyuka tantangan juga sangat cocok karena banyak destinasi antimainstream yang butuh keberanian untuk dieksplorasi. Happy traveling!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.