7 Pusat Makanan dan Oleh-Oleh Khas Ambarawa Jawa Tengah

Kota Ambarawa, selain sebagai wahana untuk menelusuri jejak sejarah, juga banyak memiliki keunikan tersendiri. Rumah di sana mayoritas beratap Joglo. Beda banget dengan kesan kota pada umumnya. Setelah puas melancong, tentu kurang afdal tanpa menikmati ataupun membawa oleh-oleh khas Ambarawa. Di mana saja pusatnya?

gambar dari beritagar.id

  1. Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari

Sepintas, makanan di sana mirip dengan tengkleng ala Solo. Namun bedanya, gecok ini dibikin tanpa menggunakan santan. Kamu bisa juga bawa pulang buah tangan khas Ambarawa ini dengan harga per porsinya cuma 10 ribu Rupiah. Meskipun warung ini tampak sederhana, namun para pelanggannya sangat variatif. Bahkan ada pula para pejabat.

  1. Gudeg Merakmati

Selama ini nama gudeg sudah menjadi ikon dari Kota Yogyakarta. Namun gudeg yang ini terasa beda. Gudeg Merakmati hanya menyediakan jenis yang sudah kering. Kemudian dilengkapi dengan singkong rebus, lauk pendamping, serta areh. Untuk menikmati makanan ini, kamu hanya perlu merogoh kocek 10 ribu Rupiah saja.

  1. Surabi Kuah Ambarawa

Wah, kalau yang ini sih tidak boleh dilewatkan. Makanan khas Ambarawa Jawa Tengah ini berbentuk serabi kecil dan tipis. Kemudian dicampur kuah yang bikin siapa pun jadi ngiler. Di Surabi Kuah Ambarawa terdapat 3 pilihan warna, yaitu cokelat, hijau, dan putih polos. Setiap porsinya hanya dibanderol dengan harga 2 ribu Rupiah.

Kepoin Yang Ini  Rekomendasi Tempat Wisata Alam Ambarawa
  1. Tahu Terasi Bandungan

Tahu ini memang hanya ada di Bandungan, Ambarawa. Ciri khasnya memiliki tekstur yang padat. Dari segi rasa sangat gurih dan enak. Uniknya, tahu ini dibuat tanpa bahan pengawet sama sekali. Biasanya cara menikmatinya dengan digoreng lebih dulu. Cocok sekali dimakan bareng cabai dan kecap manis. Untuk 8 potong tahu harganya 10 ribu Rupiah.

  1. Eva Coffee House

Suka ngopi? Main saja ke Eva Coffee House. Pusat oleh-oleh khas Ambarawa Semarang ini sudah ada sejak tahun 1956 lalu. Kopinya diolah langsung dari perkebunan kopi seluas 4 hektare. Kalau mau beli dalam bentuk kemasan, harganya variatif, yakni antara 5 ribu-12 ribu Rupiah. Kalau yang sudah dalam wujud sirup, harganya 25 ribu Rupiah per botol.

  1. Sate kelinci Bandungan

Di Bandungan juga ada kuliner yang khas. Bahan utamanya dari kelinci. Sudah pernah makan satai kelinci belum? Untuk 10 tusuk satai kelinci plus lontong, harganya 10 ribu Rupiah. Bukan hanya satai kelinci, ada pula satai ayam. Siapa tahu si kecil lebih suka yang berbahan dasar dari ayam. Per tusuknya hanya seribu Rupiah.

Kepoin Yang Ini  Semarang, Ibukota Jawa Tengah yang Tak Pernah Buat Bosan
  1. Oleh-Oleh Pandanaran

Pusat oleh-oleh Ambarawa ini sudah ada sejak 3 Januari 1981. Sampai sekarang pun masih ramai oleh pengunjung. Kalau dihitung-hitung, di sana ada lebih dari 50 karyawan yang bekerja. Oleh-oleh paling terkenal di toko ini adalah bandeng presto vacuum. Makanan tersebut sanggup bertahan sampai 2 minggu meskipun tidak dimasukkan ke kulkas.

Cocok sekali buat kamu yang mau pulang dengan perjalanan jauh ke daerah masing-masing tanpa khawatir basi di jalan. Harga per kilogramnya adalah 55 ribu Rupiah. Bukan hanya itu. Tersedia pula jenang kudus, tahu bakso, winko, dan lain-lain. Toko ini juga melayani pemesanan via pos. Jadi, kalau kamu mau nambah, tinggal hubungi saja.

Kepoin Yang Ini  Gambar Pantai Maron Semarang

Kota Ambarawa adalah kota kenangan yang tak terlupakan. Sudah banyak perubahan yang terjadi di kota ini. Rasanya kalau hanya mencari oleh-oleh khas Ambarawa itu mudah sekali didapatkan. Kota ini bisa diakses dari mana saja. Kerennya lagi, di sana orang-orangnya serba ramah. Kalau kamu tersesat dan sebagainya, tanya saja. Pasti dikasih tahu.

Pastikan kalian membagikan tulisan ini di sosial media.

Wisata Alam Lainnya :

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.