9 Wisata Tuban Jawa Timur dengan Pesona yang Khas

Kawasan Tuban di Jatim ini memiliki kekayaan wisata yang lengkap. Ada wisata air, wisata religi, wisata sejarah, wisata budaya, dan macam-macam. Berbagai wisata Tuban Jawa Timur itu sukses menarik wisata domestik hingga mancanegara. Alhasil, pengelolaannya dari waktu ke waktu semakin rapi dan bagus. Ini dia 9 wisata yang hanya ada di Tuban.

  1. Pantai Kelapa Tuban

gambar dari IG @idajeremy

Nama tempat liburan Jawa Timur ini terinspirasi dari banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di area pantai. Uniknya, pohon kelapa di sana tidak tegak-tegak seperti pada umumnya. Namun ada memiliki bentuk tubuh melengkung, landai, dan macam-macam. Itulah yang membuat wisatawan tertarik untuk menjelajahi area pantai.

  1. Goa Akbar

Goa Akbar, gambar dari IG @andie_alensky

Bukan sekadar nama saja, tetapi kedalam guanya memang besar. Dulu, gua ini pernah dijadikan sebagai kediaman Sunan Kalijaga. Lokasinya mudah dijangkau karena dekat dengan Pasar Baru Tuban. Jalanan di dalamnya sudah beralaskan paving. Jadi saat menikmati stalaktit serta stalakmit di dalam gua lebih aman dan tidak takut tergelincir oleh batu.

  1. Goa Suci

gambar dari IG @ekagee

Siapa sangka jika gua ini sudah berusia cukup tua. Dulunya dibuat semasa Kerajaan Majapahit masih ada. Tepatnya pada tahun 1026 Masehi. Ketika dibuat, gua ini diperuntukkan bagi yang ingin menenangkan batin serta memperdalam ilmu kebatinan. Kadang-kadang ditemukan pula para pengunjung yang meditasi di sana.

Kepoin Yang Ini  5 Destinasi Wisata Terbaru di Tuban dengan Pemandangan Alami
  1. Air Terjun Nglirip

gambar dari IG @brigitabening

Jika dari kota, jarak tempuh untuk mencapai Air Terjun Nglirip cukup jauh, yaitu 37 kilometer. Lokasinya ada di Desa Mulyo Agung, Singgahan. Destinasi wisata ini sangat populer akan keindahannya. Tengok saja warna air yang biru tosca itu. Airnya jatuh dari ketinggian 30 meter. Biasanya, kawan air terjun akan ramai ketika musim kemarau tiba.

  1. Pemandian Air Panas Prataan

gambar dari gotuban.blogspot.com

Suka dengan pemandian berpemandangan alami? Coba ke Pemandian Air Panas Prataan. Lokasinya memang tidak besar. Namun kualitasnya kelas atas. Lokasi pemandian ini berada di tengah hutan kecil. Ketika mandi, suara burung yang merdu akan membuat hidupmu lebih harmoni. Hebatnya lagi, air di sana diyakini bisa menyembuhkan aneka penyakit.

  1. Makam Sunan Bonang

gambar dari IG @nur_naila_nazla

Kali ini wisatanya bertemakan religi. Sejak dulu, nama Sunan Bonang sudah masyhur hingga seantero Nusantara. Oleh karena itu, Makam Sunan Bonang ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di sana, kamu akan mendapati ketenangan yang hakiki. Dada terasa lapang, pandangan lebih jernih, sebab segera ingat Sang Khalik sebagai tempat kembali nanti.

Kepoin Yang Ini  Pesona Wisata Pantai Boom Tuban dan Harga Tiket Masuknya
  1. Pantai Socorejo

gambar dari IG @m_arif_wardana

Pantai Socorejo Tuban sering dijadikan sebagai tempat untuk swafoto atau selfie oleh para wisatawan. Tempatnya sangat bersih. Baik dari area pantai maupun air lautnya. Keindahan Pantai Socorejo terdapat pada pasir putihnya yang tampak lembut bagaikan busa. Lokasinya ada di Socorejo, Jenu, Kabupaten Tuban.

  1. Museum Kambang Putih

gambar dari IG @muzi_jo

Museum ini terletak di Jalan Kartini No. 3, Tuban. Lokasinya yang dekat dengan Masjid Agung dan Makam Sunan Bonang, tentu jadi mudah dijangkau. Destinasi wisata ini dibangun pada tanggal 1 Januari 1984. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi. Sebut saja wayang golek, naskah kulo, wayang kulit, fosil, dan macam-macam.

  1. Klenteng Kwan Sing Bio

gambar dari IG @ilovetuban

Hadirnya bangunan klenteng membuktikan, bahwa dulunya pernah disinggahi oleh bangsa Tiongkok. Klenteng ini dibangun dengan menghadap ke arah laut. Ketika kamu berdiri di atas sana, maka angin laut sekonyong-konyong menerpa wajah dengan lembut.

Kepoin Yang Ini  Wisata Alam Tuban yang Terbaik dan Eksotis

Itu baru beberapa wisata Tuban Jawa Timur. Selain itu, masih banyak lagi dan kemungkinan akan bertambah mengingat pengunjungnya begitu banyak. Sebelum pulang, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Kota Wali ini. Misalnya keripik gayam, buah siwalan, legen, dan lain-lain biar petualangan wisatamu terasa lebih lengkap.

Kalau kalian merasa artikel ini bermanfaat, pastikan membagikannya di sosial ya!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.