fbpx
Wisata Kalimantan Barat

Alam Pontianak yang Tak Boleh Dicuekin

Alam Pontianak yang Tak Boleh Dicuekin

Ibukota Kalimantan Barat yang tergolong kota paling ramai di Kalimantan ini tidak hanya memiliki Tugu Khatulistiwa dan tempat bersejarah tetapi juga memiliki objek wisata alam yang tak boleh dicuekin. Kenapa? Karena keindahan objek wisata alam di daerah ini tak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia. Satu hal yang harus diantisipasi saat berada di kota ini adalah matahari karena berada di garis khatulistiwa maka sinar matahari seakan penuh menyinari kota ini sehingga panasnya bisa lebih panas dari daerah lainnya. Berikut ini beberapa objek wisata alam yang harus dikunjungi.

  • Pantai Kijing Mempawah

Wisata Alam Pantai Kijing Mempawah
@diah_duniati

Pantai Kijing Mempawah atau yang kerap disebut Pantai Kijing saja terletak di Sungai Kunyit Laut, Mempawah. Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan karena keindahan pantai ini. Jajaran pohon kelapa khas pantai dan bukit menghijau di sekeliling pantai menjadi panorama pantai ini menjadi sangat indah. Diberi nama Kijing karena terdapat banyak kijing atau kerang kecil di tepi pantai ini. Pantai ini juga menjadi hutan mangrove yang dihuni oleh berbagai fauna seperti kepiting, kerang dan lainnya. Namun sangat disayangkan, akibat abrasi pantai maka habitat fauna tersebut tergeser sehingga meninggalkan pesisir Pantai Kijing.

Tak ayal air laut di dekat tepi pantai berwarna kecoklatan karena pengaruh mangrove, namun semakin ke tengah warna airnya membiru. Gradasi warna yang unik membuat fenomena tersebut banyak diabadikan oleh pengunjung. Hamparan pasir putih dan ombak yang tenang membuat suasana pantai ini sangat syahdu. Butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota Pontianak dengan jarak sekitar 70 km. Sepanjang perjalanan akan dimanjakan dengan panorama sawah sehingga perjalanan tidak akan terasa lama. Belum lagi saat tiba di pantai ini akan disuguhkan dengan pemandangan indah dan unik. 

  • Danau Sentarum

Wisata Alam Danau Sentarum
@ayodolan

Danau ini terletak di jantung pulau Borneo yaitu di Kabuparen Kapuas Hulu. Danau Sentarum tidak hanya 1 danau tetapi ada 20 danau lainnya dengan beragam ukuran (besar dan kecil). Lokasinya cukup jauh dari kota Pontianak namun dikenal sebagai danau khas Pontianak. Di kawasan ini terdapat hutan rawa tergenang dan daratan yang ditumbuhi dengan beraneka ragam tanaman. Danau ini sangat unik karena danau ini terbentuk akibat hamparan banjir (flood plain) karena berada di tengah pegunungan. Gunung atau pegunungan memang identik sebagai sumber air sehingga air yang berlebih biasanya tumpah ke danau ini sehingga disebut danau hamparan banjir.

Kepoin Yang Ini  Ragam Keindahan Alam di Singkawang

Danau ini digenangi air pada musim hujan saja, sedangkan pada musim kemarau tidak. Pada musim kemarau area danau menjadi hamparan tanah luas yang kering dan ditanami rumput sehingga terlihat seperti lapangan golf. Keunikan danau ini tidak hanya itu, kawasan danau ini juga memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam. Jenis fauna dominan adalah ikan air tawar sehingga tempat ini menjadi habitat terlengkap di dunia. Keindahan alam di sekitar danau tidak bisa dipungkiri sehingga dijuluki The Last Paradise. Sekilas Anda akan berasa seperti di Afrika karena terdapat banyak flora dan fauna. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada siang menjelang sore terutama pada waktu senja. Momen sunset akan terasa sangat indah.

  • Sungai Kapuas

Wisata Alam Sungai Kapuas
@thenisha_target

Sungai terpanjang di Indonesia ini sudah dikenal oleh banyak orang terutama di kalangan pelajar. Kerap kali guru-guru memberi wawasan kepada muridnya tentang Sungai Kapuas ini walau belum pernah mendatanginya. Menyusuri sungai merupakan aktivitas asik yang bisa dilakukan sambil mengamati kehidupan masyarakat lokal. Panjangnya sungai ini mencakup beberapa kota seperti Pontianak, Sanggau, Sekadau, dan Sintang. Dari dahulu hingga sekarang, sungai ini menjadi jalur transportasi untuk pengangkutan barang antar kota. Alat transportasi yang digunakan bernama Bandung yang merupakan perahu khas daerah ini. Perahu berbentuk seperti rumah dengan lebar sekitar 6 meter dan bunyinya cukup menggelegar.

Kepoin Yang Ini  Ragam Keindahan Alam di Singkawang

Tak hanya sebagai jalur transportasi, sungai ini juga menjadi sumber air utama masyarakat Kalimantan Barat. Layaknya daerah lainnya di Indonesia, sungai ini juga memiliki cerita mitos yang hanya dipercaya oleh masyarakat setempat. Waktu terbaik untuk mengunjungi sungai ini adalah pagi hari karena Anda bisa mengamati masyarakat yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Bagi penyuka fotografi tentu hal ini sangat menarik untuk diabadikan. Jika ingin menikmati kehidupan malam maka Anda bisa datang pada malam hari sambil dinner bermandikan cahaya kota di Taman Alun-Alun Kapuas. Tempat ini ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat setelah lelah seharian bekerja. Kawasan ini mudah didatangi karena banyak angkutan umum yang melintas di sekitar pusat kota.

  • Hutan Kota Untan

Wisata Alam Hutan Kota Untan
Wisata Alam Hutan Kota Untan

Kebun koleksi tanaman dan pepohonan khusus ini dinamakan Hutan Kota Untan. Tempat ini memang secara langsung memberi manfaat untuk lingkungan sekitar sehingga udara menjadi lebih sejuk. Tempat ini sebenarnya menjadi pusat pelestarian dan penelitian tumbuhan khas Kalimantan Barat. Seiring berjalannya waktu, trend wisata sedang  naik daun membuat tempat ini dijadikan objek wisata alam yang menarik. Lokasi hutan ini berada di kawasan Universitas Tanjungpura tepatnya di Jalan Jendral Ahmad Yani. Tak jarang tempat ini dijadikan lokasi pemotretan dengan berbagai tujuan seperti pre wedding, foto pendidikan, atau pembuatan film. Hutan kota untan ini juga berperan untuk penelitian biologi yang sedang terus dikembangkan agar dikenal oleh dunia internasional. Tempat ini lebih dikenal dengan Arboretum Sylva yang bisa dijadikan lokasi wisata alam seperti camping, beristirahat dengan hammock, atau kegiatan anak muda lainnya asalkan tidak merusak berbagai pohon yang ada.

  • Aloe Vera Center

Wisata Alam Aloe Vera Center Pontianak
@wanintans

Tahukah Anda kalau Pontianak memiliki makanan khas berupa olahan lidah buaya atau aloe vera? Aloe vera menjadi tanaman unggulan di kota ini sehingga ada sebuah tempat yang menjadi lokasi pusat budidaya tanaman tersebut. Aloe Vera Center terletak di Desa Sijangkung yang berjarak sekitar 9 km dari pusat kota Pontianak. Struktur tanah gambut dengan tingkat keasaman yang tinggi membuat Pontianak memiliki potensi untuk budidaya lidah buaya. Kawasan agro wisata ini terkenal bukan hanya oleh warga setempat atau masyarakat Indonesia tetapi sudah dikenal oleh masyarakat mancanegara. Khasiat lidah buaya untuk menyuburkan rambut pasti sudah banyak yang tahu, tetapi kalau aloe vera diolah menjadi panganan pasti belum banyak yang tahu. Aloe vera memiliki banyak kandungan gizi seperti asam amino, mineral, vitamin sehingga tumbuhan ini juga bisa diolah menjadi obat dan alat kosmetik. Tidak hanya aloe vera, di kawasan ini juga ada lokasi budidaya anggrek (orchid center) terutama anggrek hitam yang merupakan flora khas Kalimantan yang mulai langka.

Kepoin Yang Ini  Ragam Keindahan Alam di Singkawang

Itulah beberapa destinasi alam yang menjadi kebanggaan warga Pontianak. Jika berkesempatan untuk datang ke kota ini sebaiknya Anda eksplor ke tempat-tempat yang telah direkomendasikan tersebut. Keindahan Pontianak bukan sekedar cerita karena telah merasakannya sendiri.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close

Adblock Detected

Tolong bantu kami dengan mematikan anti iklan. Terima kasih