Aura Wisata Berau yang Tak Pernah Buat Ragu

Aura Wisata Berau yang Tak Pernah Buat Ragu

Berau, sebuah kabupaten di Kalimantan Timur yang mulai terkenal berkat keberadaan Kepulauan Derawan yang menawan. Alam di sekitar Kepulauan Derawan benar-benar indah, tak hanya pemandangan pantai dengan laut bening, fauna-fauna unik di dalam lautnya juga membuat semua orang penasaran ingin menyelami lautnya. Beberapa daerah di sekitar Pulau Derawan menjadi satu paket keindahan yang harus dieksplorasi saat berada di Berau. Untuk menuju ke Berau saat ini sudah ada penerbangan yang langsung dari Jakarta. Namun untuk harga tiket pesawat yang murah sebaiknya transit terlebih dahulu di Balikpapan. Jika masih belum tahu harus ke mana saja di Berau atau bingung harus memilih tempat yang mana, artikel ini akan membantu Anda. Berikut ini beberapa tempat wisata unggulan di Berau yang tak akan membuat Anda ragu.

  • Pulau Derawan

Wisata Alam Pulau Derawan

@padlancong

Pulau yang wajib dikunjungi pertama adalah Pulau Derawan. Derawan menjadi ikon karena namanya selalu dikenal lebih dahulu oleh banyak orang daripada pulau-pulau lainnya. Kalau mau merasakan sensasi perjalanan darat dari Balikpapan bisa tetapi butuh waktu selama 20 jam, jadi disarankan untuk naik pesawat saja. Untuk menyebrang laut ke pulau ini dari Tanjung Batu butuh waktu sekitar 30 menit. Banyak penginapan murah di pulau ini sehingga para backpacker pasti mengincar pulau ini untuk menginap. Banyak cottage cantik di pinggir pantai sehingga menjadi penghias pemandangan yang serba biru. Mengapa serba biru? Karena warna langit dan laut benar-benar kompak serba biru.

Jika menyebutkan tentang Derawan pasti banyak orang yang sudah tahu keindahan pulau ini walau belum pernah berkunjung. Pantai berpasir putih, air laut berwarna biru jernih yang seolah tak berombak pasti mengajak Anda untuk segera menyelaminya. Snorkeling dan diving menjadi aktivitas utama yang dilakukan. Para pecinta keindahan alam bawah laut akan terkagum-kagum melihat makhluk-makhluk laut yang indah seperti penyu dan hiu tutul. Sebaiknya menyewa sepeda atau sekedar berjalan kaki untuk menikmati keindahan pulau ini. Pemandangan indah nan mempesona wajib diabadikan terutama di jembatan yang menjadi ikon pulau ini.

  • Pulau Kakaban

Wisata Alam Pulau Kakaban

@kakabantrip

Nama Kakaban dalam bahasa setempat berarti memeluk. Deretan pantai yang sangat indah ada di pulau ini. Jadi tak boleh lupa untuk mampir di pulau ini saat sudah berada di kawasan Derawan. Danau Kakaban menjadi destinasi wajib karena Anda bisa berenang dengan ubur-ubur (stingless jelly fish) yang tak beracun di danau ini. Walau tak menyengat tetapi jangan menyentuh ubur-ubur itu yak arena bisa melukai mereka. Di dalam danau air payau itu tidak hanya ada ubur-ubur tetapi banyak juga ikan langka yang tidak ada di pulau lainnya. Beningnya air danau akan menghipnotis Anda sehingga tidak ingin keluar dari sana. Laut di sekitar pulau ini juga tak kalah indah dan kaya. Banyak terdapat ikan barakuda, white tip, black tip, dan hammer shark.

Kepoin Yang Ini  Kota Paling Asik di Kalimantan? Samarinda Aja!

Menurut survey yang dilakukan kepada para pengunjung, pulau ini merupakan pulau terbaik di kawasan Kepulauan Derawan. Spesies karang dan ikan menjadi nomor 2 terbaik di Indonesia setelah Raja Ampat. Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah pada siang menjelang sore. Underwater area yang unik bernama Wall Diving bisa ditemukan di sini. Wall Diving adalah titik penyelaman yang memiliki gradasi warna laut dengan beraneka ragam soft coral. Terdapat Secret Lagoon yang disebut Kehe Daeng artinya lubang ikan akan muncul saat air laut pasang karena air laut akan masuk ke dalam lubang tersebut bersama satwa laut. Lubang tersebut menjadi semacam aquarium alami yang sangat indah, tak jarang saat air laut surut ada beberapa fauna laut yang tertinggal di lubang tersebut.

  • Danau Labuan Cermin

Wisata Alam Danau Labuan Cermin

@odahmoo

Sesuai dengan namanya, danau ini benar-benar bening seperti cermin. Terletak di Kecamatan Biduk-biduk ini cukup mudah untuk ditemukan lokasinya. Danau yang sangat indah ini wajib diabadikan oleh bidikan lensa kamera. Anda akan berasa seperti di surga saat berada di sana. Uniknya, danau ini memiliki 2 rasa air yaitu air tawar dan air asin. Pada permukaan danau maka Anda akan merasakan air yang asin, namun saat menyelam maka Anda akan merasakan air yang tawar. Benar-benar kebesaran Tuhan yang wajib dirasakan sehingga tak jarang danau ini disebut Danau 2 Rasa. Danau sedalam 5 meter ini bisa diselami jika memiliki kemampuan untuk free dive. Untuk mencapai danau ini harus menyewa kapal seharga Rp 200.000 hingga Rp 300.000 yang bisa dinaiki untuk 6 hingga 7 orang. Saat tiba di lokasi maka rindangnya pepohonan akan menyambut kedatangan Anda. Jika tidak ingin free dive, ada juga fasilitas untuk menyewa ban kalau tidak bisa berenang. Ada juga perahu air yang unik karena memiliki kaca transparan di bagian bawah sehingga Anda bisa melihat keindahan bawah air danau ini. Pantulan sinar matahari akan membuat danau ini terlihat sangat indah bagaikan surga.

  • Pulau Maratua

Wisata Alam Pulau Maratua

@padlancong

Pulau yang sangat indah ini akan membuat Anda seperti berada di Maldives. Ya, Maldives in Indonesia adalah Pulau Maratua. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat keindahan laut dan pantai yang memiliki bungalow-bungalow cantik. Harga cottage atau bungalow tersebut masih cukup terjangkau sehingga Anda harus mencoba untuk merasakan keindahannya. Bayangkan bagaimana asiknya bangun tidur langsung melihat laut yang membentang luas. Pulau ini termasuk pulau terluar yang berbatasan dengan Malaysia. Pulau ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati sunset. Sangat disarankan untuk berbulan madu di pulau ini karena suasananya sangat tenang tanpa ingar binger yang menganggu. Berbagai jenis ikan dan hewan lautnya ada di perairan sekitar pulau ini sehingga kalau suka snorkeling wajib juga melakukannya di sini.

  • Pulau Sangalaki

Wisata Alam Pulau Sangalaki

@abutobi11

Pulau yang berada di kawasan terluar dari Kepulauan Derawan ini wajib dikunjungi juga. Bagi pecinta diving karena memiliki diving license wajib melihat keindahan bawah laut di pulau ini. Air yang bening seperti kaca pasti akan membuat Anda bisa melihat berbagai flora dan fauna di bawah laut dengan mudah tanpa halangan. Saat beruntung, Anda akan melihat sekawanan ikan pari manta, penyu hijau, dan penyu sisik. Hanya berjarak beberapa meter dari bibir pantai, terdapat tempat penangkaran penyu dan tukik (anak penyu) yang bisa disaksikan dan difoto.

Kepoin Yang Ini  Panorama Alam Balikpapan yang Menawan

Sekian ulasan tentang Kepulauan Derawan yang tentu saja belum bisa mewakili betapa indahnya kawasan ini. Tak perlu ragu untuk datang karena Anda akan merasa puas. Jadi harus ke sini dahulu baru ke Maldives atau tidak usah ke Maldives jika sudah pernah ke sini karena sensasi keindahannya sama. Derawan benar-benar menawan, tak akan membuat kecewa, malah bikin nagih!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.