Ayo Jelajahi Tanah Lot Bali

Deskripsi Tanah Lot

Bagaimana cara kita mendeskripsikan keindahan dari Tanah Lot? Sebuah objek wisata yang berada di pulau Bali. Dengan dua pura yang terletak di bongkahan batu besar dan satu lagi berada di tebing.

gambar dari www.rentalmobilbali.net

Sejarah Tanah Lot dan Mitos Ular Suci

Di tilik dari sejarah Tanah Lot di Bali ini, menurut legenda yang dikisahkan pada abad ke 15 seorang bernama Dang Hyang Nirartha melakukan meditasi di atas batu karang berbentuk burung beo di daratan namun diganggu oleh seorang bernama Bendesa Beraban Sakti, yang menganut aliran monotheisme. Kemudian Dang Hyang Nirartha memindahkan batu karang (tempat bermeditasinya) ke tengah pantai dengan kekuatan spiritual. Batu karang tersebut diberi nama Tanah Lot yang artinya batu karang yang berada di tengah lautan.

gambar dari alamasedy.com

Menurut mitos, selendang Dang Hyang Nirartha, beliau ubah menjadi ular yang menjadi penjaga Tanah Lot yang dipercaya menghindari masyarakat dari ancaman kejahatan dan kerusakan. Masyarakat juga percaya jika keluar ular yang berwarna merah maka dianggap akan terjadi bencana.

Keindahan Tanah Lot

Sebagai tujuan wisata terkenal hingga ke luar negeri, Tanah Lot dengan keindahan alamnya yang memukau saat terbenam matahari akan memukau semua pengunjung yang ada disana. Disarankan bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan sempurna matahari tenggelam atau sunset untuk datang pada pukul 4 sore hingga pukul 7 petang.

gambar dari id.baliglory.com

Selain panorama sunset pengunjung juga bisa berjalan santai menikmati keindahan karang dari Tanah Lot saat air laut surut. Akan tetapi saat air pasang jangan sekali-sekali wisatawan untuk berjalan disekitar karang, karena sangat berbahaya.

Kepoin Yang Ini  Dewa Wisata di Bali

Pura Tanah Lot Bali

Selain daya tarik pemandangan matahari terbenam, Tanah Lot juga mempunya daya tarik lain yaitu 2 pura yang berada di atas batu karang tersebut. Kedua pura yang termasuk dari bagian purah Jagat Kahyangan ini digunakan untuk tempat pemujaan dewa-dewa laut. Pada saat air lau pasang, pura seakan-akan berada dikelilingi air. Dan dibawah pura ini terdapat goa kecil yang menjadi sarang beberapa ular laut.

gambar dari katalogwisata.com

Di pura ini setiap 210 hari sekali diadakan Piodalan atau Pujawali, yaitu upacara yang dihadiri umat beragama Hindu untuk meminta kesejahteraan dan keselamatan. Upacara ini biasanya diadakan selama 3 hari.

Lokasi Tanah Lot

Tanah Lot lokasinya tepat berada di Beraban, Kediri, Tabanan, kira-kira13 kilometer di sisi selatan Kota Tabanan. Menuju Tanah Lot, banyak ditemui penginapan. Dari penginapan sederhana, villa, hingga hotel berbintang. Objek wisata ini ramai dikunjungi sore hari hingga matahari terbenam, karena pemandangan matahari terbenam disini sangat indah.

gambar dari pinterest.com

Sedang dari tempat parkir menuju areal pura, anda akan menemui banyak toko yang menjuall barang kerajinan dan kesenian khas Bali. Misalnya lukisan, patung, kain pantai, dan pernak pernik lain. Untuk harga yang ditawarkan penjual pun sangat terjangkau bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Yang berjualan makan atau minuman juga banyak, bahkan ada penyewaan kamar kecil.

Kepoin Yang Ini  Sejarah Tanah Lot dan Mitos Ular Suci di Bali yang Wajib Kamu Tahu

Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali

Untuk tiket masuk ke Tanah Lot, pengunjung dari dalam negeri harganya dibedakan dengan pengunjung dari luar negeri.

Untuk wisatawan dalam negeri

Dewasa dikenakan tarif 20ribu per orang, sedangkan anak-anak 15ribu per orang.

Parkir roda dua 2ribu per buah, sedangkan roda empat 5ribu per buah, dan parkir bus 10ribu per buah.

Untuk wisatawan luar negeri

Dewasa dikenakan tarif 30ribu per orang, sedangkan anak-anak 15ribu per orang.

Demikian sedikit penjelasan tentang objek wisata yang ada di Tanah Lot Bali. Semoga bisa membantu kawan-kawan yang merencanakan liburan kesana.

Kalau anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikannya di sosmed kawan misal FB, IG, Twitter, atau sosmed lain.

Sampai jumpa di bahasan wisata lainnya.

 

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.