Baca Hal ini Sebelum ke Pantai Jayanti di Cianjur!

Pantai Jayanti Ciwidey

Pantai ini merupakan salah satu objek wisata di Cianjur. Pantai yang terletak tepatnya di desa Cidamar kecamatan Cidaun ini merupakan salah satu objek wisata alam berupa pantai yang harus kamu datangi saat di Cianjur. Namun sebelum anda ke pantai ini, pastikan anda sudah mengetahui hal-hal berikut. Yuk kita bahas satu per satu.

gambar dari IG @widi.hasdi.yatman

Peta Pantai Jayanti

Dari peta pantai Jayanti di atas bisa kita lihat pantai ini merupakan salah satu pantai di pesisir selatan pulau Jawa yang mempunyai ombak besar. Jadi pastikan keselamatan dan keamanan anda saat berada di pantai ini. Terlihat juga dari peta ini beberapa penginapan untuk anda yang bermalam saat liburan ke pantai Jayanti.

Kepoin Yang Ini  Jangan Hanya Beras yang Dicari Saat Wisata Ke Cianjur

Rute Pantai Jayanti

Jika anda wisatawan dari Bandung, anda bisa melalui rute ini ke pantai Jayanti. Dimulai dari Ciwidey, kemudian Naringgulm Cidaun, setelah itu Jayanti.

Tapi bila anda dari Jakarta, anda harus melalui rute ini ke Cianjur, selanjutnya Sukanagara, Tanggeung, melewati Sindangbarang, Cidaun, dan kemudian Jayanti.

Sedangkan bila anda berangkat dari Garut, anda bisa melalu rute berikut ini ke Pameungpeuk, selanjutnya ke Santolo, kemudian Rancabuaya, setelah itu tinggal ke Cidaun, dan sampailah ke Jayanti.

Untuk kondisi jalan di Ciwidey menuju Cidaun kemudian ke Jayanti, anda akan disuguhi pemandangan pegunungan, kebun teh, hutan, dan persawahan yang indah.

Tiket masuk pantai Jayanti

Untuk harga tiket masuk ke pantai Jayanti cukup murah, yaitu 5000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 15000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Sehingga pantai ini merupakan salah satu objek wisata murah di Cianjur.

Kepoin Yang Ini  Tempat Wisata di Cianjur yang Murah ini Wajib Kamu Datangi

Penginapan di pantai Jayanti

Ada lima buah penginapan di sekitar pantai Jayanti yang bisa menjadi pilihan anda untuk beristirahat bagi anda yang datang dari luar Cianjur.

5 penginapan di pantai Jayanti yaitu:
  1. Penginapan Jayanti, penginapan ini terletak di sekitaran pesisir pantai Jayanti. Tarif per malam mulai dari 50000 rupiah.
  2. Penginapan Mely, penginapan ini berada tidak jauh dari penginapan Jayanti, tepatnya di pinggir Jalan Pantai Jayanti.
  3. Penginapan Putri, penginapan ini berada sebelum masuk pesisir pantai Jayanti.
  4. Penginapan Dua Dara, penginapan ini berdekatan dengan Penginapan Putri.
  5. Penginapan Lokasari, penginapan ini terletak sebelum penginapan Dua Dara dan penginapan Putri.

Sejarah pantai Jayanti

Menurut penuturan sejarah, sepanjang pesisir pantai di Jayanti ini merupakan peninggalan dari kerajaan Padjajaran. Menurut sejarah, pantai ini adalah tempat Prabu Siliwangi menghindari anaknya Raden Kian Santang yang ingin mengajak ayahnya mempelajari Islam.

Di satu lokasi ditemukan makam yang diperkirakan sebagai makam Prabu Siliwangi dan peninggalan dari kerajaan Padjajaran.

Asal usul pantai Jayanti

Tidak ada sumber jelas yang menerangkan dari asal usul pantai Jayanti ini. Baik legenda, dongeng, atau cerita turun temurun. Yang jelas pantai ini adalah bagian dari pesisir selatan pulau Jawa yang terkenal dengan ombak yang besar dan mitos kerajaan laut selatan yang di pimpin oleh Ratu Nyi Roro Kidul.

Mitos pantai Jayanti

Banyak mitos mengenai pantai Jayanti, misal angkernya daerah Cidaun, pantai Jayanti yang setiap tahun memakan korban, hingga cerita mistik saat para pengunjung melalui jalur perkebunan teh dan hutan.

Kata seseorang yang hampir jadi korban saat bermain di pantai Jayanti. Ia merasa seperti ditarik kekuatan gaib menuju tengah laut, beruntung ada pengunjung lain yang menariknya.

Di penginapan pun, beredar kabar sering terjadi kesurupan oleh makhluk gaib yang berada di sekitar pantai Jayanti.

Saat perjalan menuju pantai Jayanti melalui hutan-hutan, pegunungan, dan kebun teh, ada pengalaman seorang pengunjung yang mendengar rauman macan. Mitosnya, macan itu adalah penjaga dari Prabu Siliwangi.

Bagaimanapun juga, sebagai makhluk sempurna, kita manusia diberi akal dan keimanan. Hendaklah setiap berkunjung ke tempat baru agar menjaga tata krama, sopan santun baik kepada sesama manusia maupun alam sekitar. Dan selalu ingat kepada Tuhan yang Maha Esa.

Itulah sedikit tulisan mengenai objek wisata Pantai Jayanti yang ada di Cianjur. Kalau anda ingin berlibur ke pantai dekat pantai ini, pantai Apra bisa jadi pilihan anda berikutnya. Kami sudah menulisnya di tulisan dibawah ini.

Kepoin Yang Ini  Telisik Keindahan Pantai Apra di Cianjur Selatan

Gambar pantai Jayanti

gambar dari IG @kanangapuspa

gambar dari IG @visitcianjur

gambar dari IG @ivan_naldo

Namun, setelah saya baca-baca penilaian dari pengunjung yang datang dan menuliskannya di situs Google Maps, mengatakan bawah fasilitas pantai ini kurang diperhatikan oleh pemerintah Cianjur. Seperti kurangnya bak sampah, sampah yang berserakan, sehingga keamanan pantai yang tidak dijaga. Kita doakan saja objek wisata ini semakin baik ke depannya.

Pastikan kalian membagikan tulisan ini sosial media kalian ya! Sampai jumpa di bahasan wisata lainnya. Dadah…

Wisata Alam Lainnya :

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.