Bahan Pengusir Lalat yang Ampuh dan Alami

Lalat tak lain adalah serangga yang senang hinggap di benda kotor dan bau, seperti sampah, bangkai hewan, sisa makanan, dan kotoran. Parahnya, lalat juga menghinggapi makanan atau minuman, sehingga menyebarkan bibit penyakit. Lalat perlu diusir agar tak mengganggu. Apa saja bahan pengusir lalat? Berikut ulasan bahan alami yang ampuh mengusirnya.

bahan-pengusir-lalat-alami

Daun Pandan

Selain dapat mengusir semut, daun ini juga mampu mengusir lalat. Caranya, potong beberapa helai daun pandan menjadi potongan kecil, lalu masukkan ke dalam mangkuk. Berikutnya, letakkan di tempat yang sering disinggahi lalat, terutama di meja makan. Lalat akan enggan singgah di tempat tersebut karena tidak menyukai aroma wangi dari daun pandan.

Cengkeh

Rempah yang satu ini juga mempunyai aroma yang tidak disukai lalat. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakannya untuk mengusir lalat. Caranya adalah dengan merendam biji cengkeh di dalam mangkuk berisi air.

Setelah itu, letakkan rendaman biji cengkeh tersebut di tempat yang sering didatangi lalat. Selain itu, Anda juga bisa menancapkan cengkeh pada irisan buah apel atau lemon. Cukup mudah, bukan?

Bunga Lavender

Bunga ini juga memiliki wangi yang dibenci lalat. Anda cukup menanam tanaman ini atau meletakkan beberapa tangkai bunga lavender di tempat yang sering didatangi lalat. Dengan demikian, lalat tidak akan berani mendekati area tersebut.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki aroma yang menarik bagi lalat. Untuk mengubahnya menjadi pengusir lalat, tuang cuka apel dalam toples dan tutup dengan plastik yang diikat menggunakan karet. Setelah itu, lubangi plastik tersebut agar lalat dapat mencium aroma cuka.

Setelah lalat masuk ke dalam toples melalui lubang pada plastik tersebut, tentu akan sulit baginya untuk keluar lagi. Lalat yang sulit menemukan jalan keluar tersebut akan mati tenggelam dalam cuka.

Garam

Jika biasanya garam hanya digunakan sebagai penyedap makanan, maka Anda juga bisa menggunakannya untuk mengusir lalat. Taburkan garam di sekitar tudung saji atau di sekitar piring makanan, maka lalat akan enggan mendekatinya. Cara ini juga berlaku untuk semut.

Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga bisa digunakan sebagai salah satu komponen semprotan yang dapat mengusir lalat. Anda hanya perlu menghaluskan bawang putih, kayu manis, dan bubuk cabai, kemudian campurkan dalam air. Saring dan masukkan campuran tersebut ke dalam botol. Terakhir, semprotkan pada ruangan tempat lalat sering datang.

Kemangi

Daun yang sering dijadikan lalapan ini memang memiliki bau yang harum. Akan tetapi, bau harum kemangi yang khas ini justru enggan dihirup oleh lalat. Lalat akan kabur dari rumah Anda jika daun kemangi ini direndam dalam mangkuk berisi air, lalu diletakkan pada ruangan favorit lalat.

Serai

Cara mengusir lalat menggunakan serai adalah dengan mengambil sarinya. Anda cukup merebus serai untuk mendapatkan kandungannya, kemudian masukkan ke dalam botol penyemprot. Nah, Anda dapat menyemprotkannya di sekitar tempat yang disukai lalat.

Susu dan Lada

Susu ialah minuman yang mudah mengundang perhatian lalat. Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakannya untuk membuat perangkap bagi lalat. Caranya adalah dengan merebus susu dan menambahkan gula pasir serta lada bubuk secukupnya. Rebuslah selama 10-15 menit. Awalnya, lalat akan tertarik dengan larutan susu, tetapi ia akan mati akibat aroma lada bubuk.

Air dalam Plastik

Bahan alami yang terakhir yaitu air. Anda perlu menyiapkan plastik, kemudian isilah dengan air. Setelahnya, gantungkan plastik bening berisi air tersebut di bawah lampu. Pembiasan yang dilakukan dengan air dalam plastik ini akan mengacaukan penglihatan lalat, sehingga membuatnya merasa bingung. Pada akhirnya, lalat buru-buru meninggalkan tempat tersebut.

Itu dia beberapa bahan ampuh dan alami yang mampu menjadi pengusir lalat. Mengingat lalat merupakan serangga yang berpotensi membawa bibit penyakit, Anda dapat mencoba salah satu atau beberapa bahan di atas untuk mengusir lalat-lalat bandel yang berkeliaran di rumah Anda.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.