Berapa Biaya Liburan ke Pulau Padar di NTT?

Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau ini relatif lebih dekat ke Pulau Rinca daripada ke Pulau Komodo, yang dipisahkan oleh Selat Lintah. Pulau Padar tidak dihuni oleh ora (biawak komodo). Di sekitar pulau ini terdapat pula tiga atau empat pulau kecil.

wikimedia.org

Pulau padar, sebuah pulau kosong di kawasan taman nasional komodo. Pulau padar bukanlah pulau yang berpenghuni, bahkan tidak ada bangunan satupun di sini sehingga padar seolah pulau perawan yang belum pernah dikunjungi siapapun. Padar bukanlah pulau paling padat penduduknya sehingga di sini begitu sepi, tapi karena pesona kontur pulau padar yang berbukit-bukit dan bercabang seolah membentuk bintang membuat pulau ini menarik.

Rasanya sangat surreal, seperti tidak nyata dengan bukit-bukit menjulang tinggi dan banyak bagian yang tampaknya belum atau tidak dapat dijamah manusia karena trekking yang terlalu curam. Bagian pulau padar yang terhalang bukit terlihat menyimpan banyak misteri! Kita bisa membayangkan ada spesies dinosaurus yang masih hidup di sana dengan tenang dan akan memakan setiap manusia yang mengganggu! Tapi tentu saja itu hanya ada dalam imajinasi saya semata.

Butuh uang berapa untuk ke sana?

wikipedia.org

Ardiansyah atau yang biasa disapa Ian, menjadi pemandu awak media. Dirinya adalah orang asli Pulau Komodo, yang sudah barang tentu tahu mengenal pariwisata di Labuan Bajo dan sekitarnya.

Kepoin Yang Ini  Manggarai Timur, Pusat Keindahan Flores dari Sisi Lain

“Sebenarnya tergantung dari itinerary yang dipunya. Rata-rata orang liburan ke Labuan Bajo paling cepat 2 hari 1 malam, tapi paling banyak 3 hari 2 malam. Untuk bule berbeda, mereka bisa sampai 1 minggu apalagi yang khusus datangnya untuk diving,” paparnya  kepada detikTravel di Labuan Bajo.

Selain pesawat transportasi lain yang penting di sana adalah boat. Boat dipakai untuk menjelajahi tiap pulau di Labuan Bajo. Yang sudah wajib didatangi adalah Pulau Padar, Rinca dan Komodo yang masuk dalam bagian Taman Nasional Komodo dengan posisi yang sejajar.

“Boat juga beragam harganya dan destinasi yang dituju. Misal paling murah itu boat kayu seharga Rp 1,5 juta seharian untuk mengunjungi Pulau Padar, Komodo dan Pink Beach. Satu kapal kapasitasnya 5-15 orang,” terangnya.

Ada lagi boat yang lebih nyaman dan dapat mencapai tiap pulau lebih cepat. Boatnya pun menyediakan makan siang dan snack serta minuman, tapi harganya mulai dari Rp 8 juta yang biasa disebut masyarakat setempat adalah kapal speed.

Kembali soal biaya transportasi. Perjalanan dari Jakarta ke Labuan Bajo kini bisa dengan penerbangan langsung maskapai Garuda Indonesia. Harga tiketnya, mulai dari Rp 1,4 juta sekali jalan. Waktu tempuh cuma 2 jam, jadi bisa lebih irit waktu.

“Di Labuan Bajo sudah banyak hotel. Mulai dari melati sampai hotel berbintang, paling murah itu Rp 200 ribu per malam,” kata Ian yang juga bekerja di bagian Ticketing & Reservasi Garuda Indonesia Labuan Bajo.

Kepoin Yang Ini  Keindahan yang Tak Pernah Lepas dari Ende

Yang lebih mahal adalah, boat untuk liveaboard. Boat ini dilengkapi kamar tidur, yang mana kamu dapat bermalam dengan nyaman di atas laut dan menjadi pengalaman seru. Biayanya mulai dari Rp 10 juta.

Biaya makan di Labuan Bajo pun standar. Artinya tidak beda jauh dengan harga makanan di kota-kota besar lainnya, serta tidak mahal-mahal amat seperti di destinasi timur Indonesia lainnya.

“Ada juga biaya tiket masuk ke tempat wisata, seperti di Pulau Komodo itu tiketnya Rp 40 ribu untuk wisatawan lokal,” tambahnya.

Biaya-biaya yang disebutkan tadi, dihitung dengan harga paling murah. Namun ketika di sana, untuk harga boat masih bisa tawar menawar. Semua tergantung pilihan kamu sendiri, mau liburan ala backpacker atau koper di Labuan Bajo.

Tapi yakinlah, tak akan menyesal bagi kamu yang menapakan kaki di Labuan Bajo!

 

Pulau Padar juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Komodo,Pulau Rinca dan Gili Motang.

Tips dan Trik

  1. Gunakanlah sunblock dengan spf minimal 50. Selalu gunakan kembali setiap 3 jam sekali. Merek yang direkomendasikan adalah Banana Boat dan Cetaphile.
  2. Bawa sepatu dan juga sandal. Untuk trekking di setiap pulau selalu menggunakan sepatu karena lebih aman dan nyaman. Apabila punya, bawalah sepatu khusus trekking.
  3. Kamera underwater / smartphone underwater case jangan lupa untuk dibawa. Pemandangan bawah laut di komodo exceptional!
Kepoin Yang Ini  Liburan Ke Maumere Selalu Bikin Mau Lagi

Sumber travel.detik.com

Sumber Wikipedia

Sumber iFanishere

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.