Berastagi yang Selalu Menagih Untuk Datang

Berastagi yang Selalu Menagih Untuk Datang

Berastagi, sebuah kota di Sumatera Utara yang dikenal oleh banyak orang karena memiliki banyak objek wisata alam yang indah. Posisinya yang berada di dataran tinggi membuat setiap orang yang mengunjungi tempat ini akan merasakan kesejukan alam yang mungkin tidak bisa didapatkan di tempat lainnya. Jika tidak tinggal di Sumatera Utara maka harus terbang menuju Medan dan mendarat di Bandara Internasional Kualanamu (KNO). Dari Medan, lanjutkan perjalanan ke Berastagi dengan taksi, bus, kereta api, atau mobil sewaan. Di Berastagi terdapat banyak penginapan dengan tarif yang beragam, mulai dari yang murah sekitar seratus ribu hingga hotel berbintang 4 dengan tarif yang sepadan dengan fasilitas mewah. Sudah tahu akan ke mana saja di Berastagi? Berikut ini ini beberapa rekomendasi tempat yang harus dikunjungi.

  • Bukit Gundaling

Wisata Alam Bukit Gundaling

@riskaamll

Salah satu tempat wisata menarik di Berastagi berupa bukit setinggi 1.575 mdpl adalah Bukit Gundaling. Tempat ini wajib kunjungi saat berada di Sumetera Utara. Bukit ini berjarak hanya sekitar 3 km dari pusat kota Berastagi. Objek wisata ini digemari oleh masyarakat terutama masyarakat lokal sehingga ramai dikunjungi pada akhir pekan dan saat hari liburan. CIri khas bukit ini sama dengan bukit pada umumnya yakni dikelilingi oleh pohon pinus yang rimbun dan berdiri kokoh. Bunga-bunga yang cantik juga banyak tumbuh di puncak bukit sehingga para pengunjung terutama wanita pasti suka dengan pemandangan indah seperti itu. Udara sejuk yang menyegarkan tubuh pasti membuat siapapun akan betah berlama-lama di bukit ini terutama orang-orang yang tinggal di daerah panas.

  • Bukit Kubu

Wisata Alam Bukit Kubu

@putry_simanjuntak

Bukit lain yang menyajikan biaya alam terbuka dengan pemandangan yang sangat indah adalah Bukit Kubu. Bukit ini sangat seru untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga karena luasnya wilayah yang akan membuat semua pengunjung leluasa. Harga tiket masuk yang termasuk dengan biaya parkir dengan rincian Rp 15.000 per orang jika membawa kendaraan roda dua (sepeda motor) dan Rp 100.000 per mobil. Bukit kubu ini memiliki lapangan luas yang dibalut dengan rerumputan hijau yang tentunya menyenangkan. Tempat ini cocok untuk tempat bermain anak-anak sehingga sangat cocok untuk berkumpul bersama keluarga. Aktivitas yang bisa dilakukan antara lain bermain layang-layang, duduk santai di atas tikar besar yang didapat dari pembelian tiket masuk, bersenda gurau dengan rombongan sambil berpiknik karena membawa bekal, dan tentunya memandangi panorama indah di sana. Tersedia berbagai wahana seru di tempat ini yang salah satunya adalah flying fox yang pasti membuat ketagihan. Anda bisa merasakan deg-degan merosot dari tempat tinggi dengan melintasi alam yang sangat indah.

  • Air Terjun Sikulikap

Wisata Alam Air Terjun Sikulikap

@andhikadeadyy

Air Terjun Sikulikap terletak persis di bawah Panatapan. Apakah panatapan itu? Mungkin Anda bingung saat mendengar nama itu. Panatupan sebenarnya adalah tempat wisata kuliner yang menyajikan berbagai makanan mulai dari makanan ringan ringan untuk camilan seperti jagung bakar hingga makanan berat seperti ayam bakar. Air terjun Sikulikap wajib dikunjungi jika ingin merasakan kesegaran. Air yang begitu dingin dan segar dari air terjun yang diapit dinding bebatuan menjadi sesuatu yang sangat unik untuk dikunjungi. Air terjun setinggi kurang lebih 30 meter ini layak dikunjungi. Kesejukan adalah suatu yang pasti dirasakan mulai dari udara khas pegunungan yang dingin dan sejuk hingga air yang dingin sehingga mampu menyejukkan tubuh. Cobalah untuk bermain air, berendam, atau berenang sehingga Anda harus membawa baju ganti jika ingin basah.

  • Gunung Sibayak

Wisata Alam Gunung Sibayak

@fhaq_azzam

Bagi para pendaki dan penyuka tantangan wajib mendaki gunung berapi  yang masih aktif ini. Orang Karo sering menyebutnya Gunung Raja.  Gunung Sibayak yang posisinya menghadap kota Berastagi pasti sudah sering didengar namanya. Dakilah gunung ini hingga puncaknya. Gunung ini sangat tinggi yaitu sekitar 2.212 MDPL sehingga akan melelahkan para pendaki. Gunung ini cocok untuk didaki oleh masyarakat Sumatera seperti Gunung Gede dan Pangrango yang juga cocok untuk pendaki pemula. Di puncak gunung ini pada pagi hari akan ada sunrise yang sangat indah sehingga siapapun akan dibuat takjub dan tak bisa berkata apa-apa. Jika ingin sampai di puncak sebelum waktu sunrise, pendakian harus dimulai dari sore hari. Kondisi pijakan atau trek pendakian di Gunung Sibayak cukup menantang adrenalin karena penuh dengan bebatuan. Berhati-hatilah untuk para pendaki terutama kaum wanita. Trek berbatu jika salah injak bisa membuat tidak seimbang dan jatuh.

  • Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk

Wisata Alam Lau Sidebuk-debuk

@riiegar

Pemandian air panas ini terletak di kaki Gunung Sibayak. Saat berendam di tempat ini maka sajian indah akan bisa dipandangi yaitu pemandangan Gunung Sibayak yang indah. Air panas Lau Sidebuk-debuk ini mengandung belerang yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke tempat wisata ini pada hari libur. Harga tiket masuk yang sangat terjangkau sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang sudah bisa menghilangkan penat akibat kesibukan sehari-hari. Hangatnya air belerang di tengah dinginnya udara di sekitar gunung menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan untuk dinikmati. Uniknya, air belerang di tempat ini tidak berwarna kekuningan seperti air belerang pada umumnya namun justru kehijauan. Ya, hijau toska adalah warna yang indah dan menyejukkan mata saat dilihat.

  • Taman Alam Lumbini

Wisata Alam Taman Alam Lumbini

@redia_wu

Taman alam Lumbini ini bukan sekedar alam yang indah tetapi memiliki keunikan. Keunikan berupa pagoda yang merupakan pagoda tertinggi dan termegah di Indonesia. Taman yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di Berastagi ini wajib dikunjungi jika Anda sedang berada di Sumatera Utara. Pagoda tersebut merupakan bangunan yang begitu megah dengan cat berwarna emas yang dijamin akan membuat setiap pengunjung terkagum-kagum saat melihat pagoda ini secara langsung. Anda pasti tidak akan merasa sedang di Sumatera Utara tetapi justru seperti berada di Thailand atau Myanmar yang memang mayoritas penduduknya beragama Budha. Pagoda ini memang kerap dijadikan tempat ibadah umat Budha di Sumatera Utara.

Kepoin Yang Ini  Harga Tiket Masuk Hairos Water Park Mora Indah

Beralih ke taman alam yang sebenarnya menjadi suguhan utama. Terdapat taman yang bentuknya mengikuti kontur alam yang sangat indah. Tempat ini bisa didatangi dengan naik mobil sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Letaknya di Desa Tongkoh ini juga mudah untuk didatangi dengan kendaraan umum. Naiklah angkot jurusan Sutra – Berastagi dengan ongkos Rp 10.000 per orang pasti cocok untuk para backpacker. Jika naik angkot, turunlah di Tahura atau SImpang kTongkoh yang mudah dikenali karena ada tugu buah jeruknya. Setelah itu ikuti tanda panah petunjuk jalan dengan berjalan kaki selama 20 menit. Voila selamat datang di Taman Alam Lumbini. Kebun stroberi yang indah siap menyambut kedatangan para wisatawan. Apa yang bisa dilakukan? Menelusuri keindahan taman dengan berjalan kaki. Siapapun yang datang pasti teralihkan perhatiannya kepada pagoda raksasa di tempat ini daripada pemandanga tamannya yang indah.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.