Berjuta Pesona yang Dimiliki Kepulauan Karimun Jawa

Berjuta Pesona yang Dimiliki Kepulauan Karimun Jawa

Kepulauan Karimun Jawa sudah terkenal keindahannya oleh para traveler. Pada zaman now, kebutuhan untuk traveling atau wisata sudah menjadi kebutuhan pokok, bukan lagi kebutuhan tersier. Traveling juga menjadi life style baru bagi berbagai kalangan, tidak selalu orang kaya yang bisa jalan-jalan. Gaya traveling sangat penting karena menentukan budget atau besarnya pengeluaran untuk traveling. Bagi yang belum pernah berwisata di Karimun Jawa maka Anda perlu menyimak artikel ini sampai selesai. Pulau-pulau yang berjumlah total 27 ini bisa didatangi dengan menyebrang dari Pantai Kartini di Jepara. Pemandangan yang menakjubkan, ombak yang tenang serta pesona bawah laut merupakan daya tarik Taman Nasional Karimun Jawa. Berikut ini beberapa objek wisata unggulan yang harus didatangi.

  • Pantai Ujung Gelam

Wisata Alam Pantai Ujung Gelam

@patroyfer

Pantai Tanjung Gelam merupakan spot terbaik untuk menikmati momen sunset terutama saat cuaca sedang cerah. Pantai ini semakin indah dengan pasir berwarna putih dan ombak yang sangat tenang membuat banyak orang betah berlama-lama. Air kelapa muda wajib menjadi teman saat menikmati momen sunset yang indah. Hanya butuh waktu 40 menit untuk sampai di pantai cantik ini dari Pelabuhan Karimun Jawa. Terdapat banyak ayunan di tepi pantai semakin memanjakan para pengunjung yang menikmati senja. Batu-batu karang yang instagramable akan menjadi hiasan foto yang indah. 

  • Pantai Barakuda

Wisata Alam Pantai Barakuda

@yasuspade_

Pantai Barakuda terletak di Pulau Kemujan yang belum banyak diketahui pengunjung. Akses jalan yang berupa tanah merah ini ternyata memiliki pemandangan yang indah. Pulau-pulau lain di Kepulauan Karimun Jawa terlihat dari pantai ini. Air laut yang jernih dan tenang tanpa ombak sangat menggoda untuk didatangi. Ciri khas pantai ini yaitu adanya batu-batu hitam dengan bentuk yang unik, berukuran besar, dan bermotif garis. Terdapat resort mewah di Pulau Kemujan ini yang terlihat begitu kontras.

  • Pantai Nirwana

Wisata Alam Pantai Nirwana

@rahmayanifanny28

Pantai Nirwana adalah pantai terpanjang di Kepulauan Karimun Jawa yang terletak di sebelah timur Pulau Karimun Jawa. Pasir putih dan air laut yang jernih dan tenang menjadi panorama yang khas Karimun Jawa. Keberadaan pohon kelapa di tepi pantai menjadi ciri khas pantai ini sehingga para pengunjung akan merasakan aura pantai yang sesungguhnya. Hembusan angin yang membuat pantai ini menjadi sejuk dan segar semakin membuat pengunjung betah di pantai ini. Dengan luas lahan sekitar 20 hektar ini mampu membuat pengunjung leluasa untuk berjemur atau bermain air. Susunan terumba karang sehat dan berpola membuat para pecinta bawah laut akan merasa senang untuk snorkeling bahkan diving di area lautnya.

  • Pantai Batu Topeng

Wisata Alam Pantai Batu Topeng

@giri_hastuti

Pantai Batu Topeng terletak pada satu garis dengan Pantai Tanjung Gelam yaitu di sebelah utara Pantai Tanjung Gelam. Di kala senja datang, pemandangan pantai ini menjadi lebih indah dengan pendar cahaya orange matahari di ufuk barat. Pantai ini dinamakan batu topeng karena terdapat batu-batu berwarna hitam yang bentuknya sekilas mirip dengan wajah manusia. Sekilas mirip dengan Pantai Tanjung Gelam namun pantai ini lebih indah karena ada bukit yang bernama sama dengan pantainya. Untuk tiba di pantai ini juga para pengunjungi harus melewati bukit terlebih dahulu. Dari Pelabuhan Karimun Jawa, pengunjung tidak perlu menyebrang dengan kapal, tetapi hanya perlu berjalan kaki atau naik motor.

  • Hutan Mangrove di Pulau Kemujan

Wisata Alam Hutan Mangrove di Pulau Kemujan

@ogiandhafizjuanda

Selain pantai, kawasan pesisir Pulau Kemujan di Karimun Jawa juga ada hutan bakau atau mangrove yang indah. Terdapat track kayu berupa jembatan sepanjang 2 km yang bisa disusuri para pengunjung untuk menikmati keindahan hutan mangrove ini. Jalur tersebut juga bisa dipakai untuk berfoto atau berjalan kaki dengan santai sambil menikmati hawa sejuk di hutan. Namun berhati-hati karena ini hutan maka terdapat beberapa spesies binatang yang sebenarnya tidak mengganggu tetapi justru membuat hutan ini lebih hidup. Jika lelah berjalan terdapat gazebo di pinggir jembatan sehingga bisa dipakai untuk istirahat atau selfie sesuka hati.

  • Penangkaran Hijau di Pulau Menjangan Besar

Penangkaran Hijau di Pulau Menjangan Besar

@id_feri

Aktivitas yang paling menarik dan ditunggu oleh para wisatawan adalah berendam di kolam ikan hiu. Hiu yang terkenal sebagai predator buas, namun hiu-hiu di kolam penangkaran ini justru tidak demikian. Kolam penangkaran hiu tersebut ada di Pulau Menjangan Besar. Walau tergolong hiu jinak, namun ukurannya yang relatif besar pasti membuat Anda tetap merasa ngeri sehingga harus tetap waspada. Ada ketentuan yang tidak boleh dilanggar agar hiu-hiu itu tetap tenang dan jinak seperti tidak memasukkan tangan ke dalam air karena hiu-hiu itu akan menganggap tangan Anda seperti mangsa sehingga mereka akan berubah jadi buas.

  • Pulau Menjangan Kecil

Wisata Alam Pulau Menjangan Kecil

@Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil sangat cocok untuk snorkeling karena pemandangan bawah lautnya sangat memikat. Ikan-ikan kecil menjadi daya tarik sehingga para pengunjung yang snorkeling pasti ingin memberi makan berupa roti agar ikan-ikan lucu tersebut mau mendekat untuk difoto. Pulau ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 30 menit dengan perahu motor dari Pelabuhan Karimun Jawa. Menjangan Kecil lebih sering disebut Maer oleh warga setempat. Jika ingin bermalam di pulau ini terdapat resort mahal, namun jika berwisata ala backpacker pasti tidak menginap di pulau ini.

  • Pulau Geleang

Wisata Alam Pulau Geleang

@Pulau Geleang

Pulau Geleang yang cantik ini tak berpenghuni sehingga pulau ini terasa sepi. Pasti para pengunjung akan malas pulang saat berada di pulau ini karena sudah asyik merenung atau istirahat sambil menikmati semilir angin. Anda bisa melihat pemandangan Pulau Karimun Jawa dari sisi yang berbeda di pulau ini. Pasir putih dan ombak yang tenang memang menjadi ciri khas pantai-pantai di Karimun Jawa. Bagi yang suka laut maka bisa juga snorkeling di perairan sekitar pulau ini. Pulau ini ramai dikunjungi karena tak berpenghuni. Pulau ini cocok untuk dijadikan tempat wisata romantis bersama pasangan.

  • Pulau Cemara Besar

Wisata Alam Pulau Cemara Besar

@jeparalike

Pulau Cemara Besar juga tak berpenghuni dan sering dikunjungi. Pulau ini terletak di sebelah timur Pulau Karimun Jawa. Para pengunjung harus menyebrang sekitar 30 menit dengan perahu motor jika ingin tiba di pulau ini. Air laut yang sangat dangkal di pulau ini sehingga perahu tidak dapat bersandar di pantai. Para pengunjung harus berjalan kaki untuk tiba di pulau ini karena perahu harus bersandar di batu karang sekitar beberapa puluh meter dari bibir pantai. Tak jauh dari pulau ini di sebelah utara ada pulau cantik lainnya bernama Pulau Cemara Kecil. Biasanya ada banyak nelayan yang mencari ikan-ikan kecil di perairan dangkal untuk dijadikan umpan saat menangkap ikan-ikan besar. Pemandangan para pencari ikan itu membuat kegiatan menyusuri perairan dangkal menjadi lebih seru. Pulau ini juga instagramable jadi wajib berfoto dengan gaya terbaik ya!

Kepoin Yang Ini  Objek Wisata di Cilacap

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.