Biak, Keindahan di Timur Indonesia

Biak, Keindahan di Timur Indonesia

Pulau Biak dan Pulau Numfor adalah satu kesatuan dalam kabupaten Biak. Pulau yang berada di Teluk Cendrawasih ini memiliki banyak tempat indah untuk dikunjungi. Di Biak Utara, ada Kampung Amoi yang memiliki pemandangan alam yang indah. Ada juga Museum Cendrawasih yang memiliki banyak koleksi bernilai sejarah pada zaman Perang Dunia II. Jika berada di Biak jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khas di daerah Biak yakni Singkong Marapen. Singkong yang dibungkus pelepah pisang ini dibakar di atas bara api sehingga diberi nama Singkong Marapen. Suguhan lezat yang wajib dinikmati.

Kuliner lezat lainnya yaitu Japan Iyen. Keladi yang direbus tanpa bumbu lalu disajikan dengan ikan laut berbumbu pedas. Ada juga Taman Burung dan Taman Anggrek yang berada di daerah Bosnik. Koleksi burung dan tanaman yang cukup beragam dan lengkap dengan informasi wajib dikunjungi jika suka dengan flora dan fauna. Pulau Biak Papua juga memiliki laut yang cantik dengan dunia bawah laut yang menarik sehingga wajib diselami terutama oleh pecinta snorkeling dan diving. Jika ingin ke Biak, naiklah pesawat langsung menuju sana dengan transit di Makasar terlebih dahulu. Sudah penasaran dengan wisata alam di Pulau Biak? Berikut ini beberapa tempat terindah di Pulau Biak.

  • Pantai Bosnik

Wisata Alam Pantai Bosnik

@visimaundy

Pantai Bosnik merupakan destinasi wisata favorit masyarakat Biak sehingga selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan. Pantai ini terletak di Biak Timur tepatnya di Desa Woniki. Lokasi pantai ini mudah didatangi karena bisa naik angkutan umum tanpa menyewa mobil atau motor. Anda bisa naik ojek atau angkutan desa. Pemandangan pantai yang indah itu pasti karena air lautnya sangat jernih berwarna kebiruan dan pasirnya putih bersih. Selain itu, laut di sekitar pantai ini juga punya biota laut yang indah. Terumbu karang beraneka warna dan ikan-ikan hias cantik pasti bisa ditemukan di sana. Diving atau snorkeling menjadi aktivitas wajib di pantai ini. jika hanya ingin menikmati suasana pantai yang indah, Anda bisa menyewa gazebo sebesar Rp 50.000 sepuasnya. Gazebo tersebut menghadap ke laut yang indah dan uniknya gazebo itu bentuknya mirip rumah adat papua.

  • Air Terjun Wafsarak

Wisata Alam Air Terjun Wafsarak

@spicaarumning

Keindahan Biak ada pada tempat lain bukan pantai tetapi air terjun. Air terjun ini terletak di Distrik Warsa dengan ketinggian sekitar 10 meter dan terdapat sungai di bawahnya. Baru membacanya saja sudah sejuk membayangkannya, ya itulah Air Terjun Wafsarak. Gemericik air yang berwarna kehijauan bukan kebiruan ini seolah memanggil Anda untuk segera menceburkan diri. Kesegaran dan kesejukan menjadi suguhan wajib yang akan dinikmati oleh para pengunjung. Berada di kawasan air terjun berasa milik sendiri karena sepinya lokasi ini. Tempat ini memang belum diketahui oleh banyak orang sehingga Anda bisa menikmatinya dengan leluasa. Berfoto juga bisa puas tanpa takut bocor karena tidak ada orang lain yang lewat atau sedang melakukan aktivitas yang tak sengaja tertangkap kamera. Cobalah menikmati air terjun ini dari sisi lain yaitu naik ke tebing dan uji adrenalin Anda dengan melompat ke kolam air alami di bawah air terjun. Kemudahan akses menuju lokasi keindahan ini seharusnya menjadi keuntungan sehingga banyak dikunjungi, namun kenyataaannya tidak demikian. Kawasan air terjun di pinggir jalan raya sehingga mudah ditemukan, untuk sampai ke lokasi air terjun hanya perlu berjalan kaki sejauh 200 meter dengan rute datar. Sebaiknya naik kendaraan sewaan berupa motor atau mobil karena tidak kendaraan umum yang melintas di kawasan ini. Untuk menikmati air terjun ini hanya perlu membayar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.

  • Pantai Marau

Wisata Alam Pantai Marau

@assyifa826

Pantai Marau termasuk objek wisata terkenal di Biak. Pantai ini berada di sebelah timur Pulau Biak, tepatnya di daerah Bosnik Biak Timur. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Bosnik sehingga jika Anda berada di Bosnik berarti Anda akan mendapatkan kepuasan ganda karena bisa berwisata ke beberapa pantai sekaligus. Pantai dengan pasir putihnya yang indah ini sangat menarik untuk dikunjungi tetapi bukan oleh orang-orang Indonesia. Pantai ini didominasi oleh para wisatawan mancanegara sehingga terdapat hotel berbintang 4 yang bernama Hotel Marau di kawasan ini. Namun hotel tersebut gulung tikar karena salah manajemen dan strategi pembangunan pariwisata. Umur hotel itu hanya 2 tahun dan kini hanya tinggal kenangan.

Kepoin Yang Ini  Keindahan Alam Merauke di Kota Paling Timur Indonesia

Keindahan Pantai Marau yang tersisa adalah program ekoturisme yang sedang digalakkan oleh Pemda setempat. Vegetasi pohon kelapa dan perahu-perahu nelayan menjadi hiasan tersendiri di pantai ini. Jernihnya air membuat siapapun bisa mengintip keindahan bawah laut berupa terumbu karang dan ikan-ikan cantik. Namun jika ingin melihat keindahan surga bawah laut sebaiknya snorkeling atau diving di tempat ini. Keunikan lautnya berupa panorama terumbu karang yang terjal sehingga tampak seperti dinding. Masyarakat setempat menyebut air laut di kawasa pantai ini ‘arus kedengaran’ yang berarti arus atau ombak yang kencang. Hal itu membuat suhu air laut menjadi lebih dingin, apalagi terdapat sejumlah mata air tawar yang keluar dari balik bebatuan karang. Tak heran air lautnya lebih menyegarkan dan tidak terlalu terasa asin.

  • Pantai Yendidori

Wisata Alam Pantai Yendidori

@echy.rk

Di tepi barat kota Biak ada sebuah pantai yang indah. Pantai Yendidori ini memiliki panorama yang menawan sehingga wajib dikunjungi. Pantai ini memiliki keunikan berupa karang beraneka bentuk yang besar dan kecil terhampar di bibir pantai. Barisan terumba karang tersebut menjadi rombongan penghalang ombak. Jika meneruskan perjalanan ke barat maka ada sebuah desa bernama Desa Adoki. Anda bisa menyaksikan tarian-tarian tradisional suku asli yang tahan api. Kaki-kaki mereka tidak melepuh walau menari di atas bara api, benar-benar hal menakjubkan yang harus disaksikan. Jika ingin menyaksikan tarian ini harus menghubungi tokoh setempat/pimpinan tarian terlebih dahulu untuk mengetahui jadwal pelaksanaannya. Tidak hanya wisata pantai, Anda sekaligus bisa berwisata budaya yang keindahannya tak kalah dengan alamnya. Pantai ini bisa dikunjungi dengan tiket masuk sebesar Rp 25.000 hingga Rp 50.000 per orang. Benar-benar surga yang harus dikunjungi agar bisa menyaksikan keindahannya secara langsung.

Kepoin Yang Ini  Adakah Tempat Hiburan Malam di Nabire?

Keindahan Pulau Biak berupa destinasi wisata alam memang benar-benar wajib didatangi. Tidak hanya keindahan alam, keindahan budaya dan masyarakatnya juga bisa sekaligus dikenali dan diilhami. Anda bisa belajar banyak dari pengalaman eksplorasi daerah ini. Pulau Biak yang termasuk wilayah Papua barat ini tidak terlalu jauh untuk dijangkau. Jika bepergian ke Papua bagian lain mungkin akan jauh lebih sulit karena jauh dari pembangunan atau cakupan pemerintah pusat. Selagi ada surga yang cukup mudah dijangkau maka kunjungilah karena banyak wilayah lain di Indonesia yang jauh lebih indah namun sulit untuk dijangkau. Siapkan dana yang cukup untuk eksplorasi Papua. Happy traveling!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.