Bontang Buat Anda Pantang Pulang

Bontang Buat Anda Pantang Pulang

Bontang berada di Kalimantan Timur, berjarak sekitar 120km dari Kota Samarinda yang merupakan ibukota Kalimantan TImur. Bontang merupakan salah satu kota di Pulau Kalimantan yang dilewati garis lintang 0º atau khatulistiwa sehingga di kota ini juga terdapat Tugu Katulistiwa yang disebut Tugu Santan Ulu. Selain industri, ternyata kota Bontang juga memiliki daya tarik pariwisata. Pantai yang bersih, landai dan berpasir putih menjadi destinasi utama yang disuguhkan kepada wisatawan.Tak lengkap rasanya berkunjung ke kota industri ini tanpa  berkunjung ke tempat-tempat wisata alam yang menarik. Berikut beberapa tempat wisata alam unggulan di Bontang.

  • Taman Nasional Kutai (TNK)

Wisata Alam Taman Nasional Kutai

@pariwisatakaltim

Taman nasional ini menjadi andalan Kalimantan Timur yang sebagian besar wilayahnya memang berada di Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil di Kota Bontang. Namun kantor pengelolanya berada di Kota Bontang sehingga taman nasional ini kerap dikenal sebagai bagian dari Bontang. Selain sebagai pusat rehabilitasi orangutan, TNK juga dijadikan tempat untuk berbagai kegiatan wisata menarik seperti perkemahan, penelitian dan pendidikan alam. Luas TNK sekitar 200 ribu hektare dengan beberapa tipe hutan yang memiliki banyak jenis flora dan fauna. Flora yang tumbuh di kawasan ini antara lain tancang, bakau, cemara laut, bunga raflesia, meranti dan berbagai macam anggrek hutan. Sedangkan fauna mayoritas yang menghuni TNK antara lain orangutan, bekantan, beruk, owa Kalimantan, kera ekor panjang dan kukang. Biaya tiket masuk ke kawasan ini untuk wisatawan domestik Rp10.000 per orang pada hari kerja (weekdays) dan Rp 15.000 per orang pada hari libur (weekend dan hari libur nasional). Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, tarif masuknya Rp 200.000 per orang pada hari kerja dan Rp 300.000 per orang pada hari libur. Biaya tiket masuk ke Kawasan TNK berdasarkan PP No.12 Tahun 2014 yang telah ditetapkan oleh pemerintah, bukan berdasarkan pungutan masyarakat setempat.

  • Pulau Beras Basah

Wisata Alam Pulau Beras Basah

@ida_abd_aziz

Pulau Beras Basah merupakan surganya Bontang sehingga Anda wajib berkunjung ke pulau ini jika sudah berada di Bontang. Untuk mencapai pulau ini dibutuhkan waktu untuk menyebrang selama 1 jam. Untuk Anda yang bosan dengan suasana kota industri yang padat dan ramai, maka Pulau Beras Basah akan menjadi tempat rekreasi yang tepat. Panorama alam yang indah, ombak pantai yang tenang dan pasirnya berwarna seputih beras tentu menjadi surga yang dirindukan oleh semua orang. Tidak hanya pemandangan di daratan saja yang indah, pulau ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Anda bisa mengintip keindahan underater melalui kejernihan air lautnya.  Mengapa pulau ini dinamakan Pulau Beras Basah? Pemberian nama ini terkait sebuah kisah masyarakat. Begini ceritanya, dahulu ada kapal pembawa beras dari Sulawesi yang berlabuh di Pulau ini. Kapal itu takut tenggelam karena ombak yang besar sehingga muatannya diturunkan di pulau ini. Beras tersebut basah karena terkena siraman ombak laut. Begitulah asal muasal nama pulau ini. Ciri khas lainnya dari Pulau Beras Basah adalah adanya menara putih yang tidak diketahui kapan pembangunannya.

  • Teluk Kaba

@

Wisata Alam Teluk Kaba

@elpinsitorus

Pantai Teluk Kaba berada di wilayah TNK. Teluk Kaba menawarkan daya tarik tersendiri bagi para petualang yang suka menguji adrenalin. Ada banyak kegiatan outdoor menarik yang bisa dilakukan seperti camping, snorkeling, mancing dan penjelajahan hutan. Lokasi ini juga sering dikunjungi oleh anak-anak pramuka atau pecinta alam untuk camping atau sekedar gathering. Teluk Kaba tepatnya berada di kawasan Desa Kandolo Kutai Timur. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dari Kota Bontang sampai pintu masuk tempat ini. Jika ingin bermain ke pantainya maka Anda perlu waktu sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Akses jalan raya Bontang – Sangatta  menuju lokasi masih belum bagus sehingga saat hujan maka jalanan menjadi becek dan licin. Terdapat sebuah perkampungan kecil, sebagian besar penduduk setempat berprofesi sebagai petani rumput laut. Untuk mencapai lokasi pantai dan hutan bakau harus menyewa perahu dengan harga sekitar 100 sampai 150 ribu yang bisa dinaiki maksimal 10 penumpang. Waktu penyebrangan hanya sekitar 10 menit. Hamparan pasir putih yang luas dan rimbunnya hutan bakau akan menyambut kedatangan setiap wisatawan. Jika beruntung, siapapun bisa melihat rusa ketika air surut pada sore hari. Di sana juga terdapat sungai yang berasal dari kawasan hutan lindung yang bermuara ke laut. Jadi Anda harus berhati-hati karena menurut penduduk sering ada buaya di sekitar sungai tersebut.

  • Bontang Koala

Wisata Alam Bontang Koala

@bro.rois

Namanya unik bukan? Pasti Anda bertanya-tanya, tempat seperti apa itu? Bontang Koala merupakan kampung air yang disebut desa nelayan. Bontang Koala ini menjadi daya tarik andalan Bontang sehingga desa ini dijadikan desa wisata. Desa ini unik karena terapung di atas air sehingga rumah-rumah penduduk berbentuk rumah panggung. Tidak seperti desa nelayan yang biasanya terlihat kumuh, Bontang Koala malah tertata rapi dan bersih. Cobalah jelajahi desa ini dengan berjalan kaki untuk mengenal lebih jauh masyarakatnya. Kendaraan roda empat tidak boleh memasuki pemukiman sehingga jika ingin berkendara harus menggunakan motor. Jika telanjur membawa mobil maka Anda harus memarkir mobil di tempat parkir khusus yang telah disediakan. Akses menuju Bontang Koala tidak sulit karena Cuma butuh waktu selama 10 menit ke arah timur Kota Bontang. Jangan lupa untuk memotret pemandangan alamnya dan aktivitas masyarakatnya. TIdak hanya berwisata alam dan budaya, Anda harus melakukan wisata kuliner karena terdapat banyak kuliner laut yang lezat.

  • Pantai Marina

Wisata Alam Pantai Marina Bontang

@ade_patmo

Pantai Marina terletak di daerah selatan Kota Bontang. Pantai ini dijadikan sebagai pelabuhan oleh PT Badak NGL untuk keperluan bongkar muat kapal tanker. Pada awalnya, pantai ini khusus untuk tempat rekreasi karyawan perusahaan dan keluarganya. Namun seiring berjalannya waktu dan maraknya trend wisata maka tempat ini dibuka untuk umum. Pantainya berpasir putih bersih dan pepohonan cemara cukup rimbun tumbuh di sekitar pantai. Sangat disayangkan kalau pantai seindah ini hanya boleh dinikmati oleh pihak internal perusahaan dan kerabatnya. Setelah dibuka untuk umum, pantai ini mulai ramai dikunjungi. Laut biru yang menenangkan jiwa dan ombak yang tidak terlalu besar sangat cocok untuk dijadikan lokasi watersport seperti jet sky, berenang dan bermain sky board. Pantai marina ini memiliki 2 kawasan yaitu Marina kecil dan Marina Besar. Kedua kawasan tersebut tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena keindahan mereka saling mendukung. Jika ingin berwisata ke tempat ini harus bayar Rp 10.000 saja per orang dengan menunjukkan kartu identitas seperti KTP atau SIM. Fasilitas sudah tersedia di pantai ini seperti ayunan, jungkat jungkit, Menara Pengawas, tangga untuk turun ke lokasi Pantai Marina jika ingin berenang, MCK, lahan parkir yang luas. Tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk berkemah oleh anak muda, namun jika bersama keluarga Anda bisa kok hanya sekedar duduk santai dengan menggelar tikar.

Kepoin Yang Ini  Panorama Alam Balikpapan yang Menawan

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.