Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan Sayur

Organisasi kesehatan dunia atau WHO menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga dengan angka prevalensi stunting tertinggi di Asia pada 2017. Angkanya mencapai 36,4 persen. Namun pada 2018, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), angkanya terus menurun hingga 23,6 persen.

Artinya 1 dari 4 anak di Indonesia mengalami stunting. Stunting adalah kondisi anak berperawakan pendek, disertai dengan penurunan kognitif jangka Panjang. Penyebabnya karena kurang nutrisi (malnutrisi jangka Panjang) di 1000 hari kehidupan awal seorang anak, atau sebelum usia 2 tahun.

Salah satu penyebabnya adalah sang anak kurang menyukai sayuran ada di makanannya.

Cara anak susah makan sayur – Sulit makan atau pilah-pilih makanan yaitu hal yang awam terjadi pada si kecil. Banyak buah hati yang tak menyenangi warna hijau dan juga sayuran yang berdasarkan mereka terasa aneh di lidah. Tentu sebaiknya hal ini tak diperbolehkan, sebab sekiranya si Bila kekurangan gizi akan berdampak pada cara kerja tumbuh kembangnya.

Selain si Bila belum terbiasa makan sayuran, sebagian metode berikut dapat Ibu lakukan untuk memecahkannya:

Sajikan makanan dalam porsi kecil

Ragam lambung si Bila belum kapabel menampung makanan terlalu banyak, memberikan makanan dalam porsi kecil membikin ia merasa tak terbebani. Selain porsi sedikit habis dan si Bila belum kembung, Ibu bisa menambahkan lagi, juga dalam porsi kecil.

Format makanan

Ibu dapat membikin beraneka format dari sayuran untuk dikonsumsi si Bila. Seperti wortel diiris dalam format bintang, bulan, bulat atau kotak kecil-kecil. Lalu, biarkan buah hati Anda memilih format yang disukai. 

Sajikan dengan menarik

Untuk menarik perhatian si Bila, sajikan dalam cetakan yang unik. , mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear atau bebek kecil. Kombinasikan dengan sayuran sehingga si Bila mengonsumsinya sebagai makanan yang unik, tak lagi sebagai sayuran.

Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti si Bila supaya dia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa dikala makan ialah dikala yang tak menyenangkan. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan dengan menyebutkan perihal hal-hal yang disukainya.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.