Cara Mengusir Semut di Rumah

Semut adalah salah satu hewan yang memiliki populasi terbanyak di dunia. Para ahli hewan (zoology) memperkirakan setidaknya ada lebih dari satu juta ekor semut setiap satu manusia di muka bumi. Dengan teori itu, maka dapat disimpulkan kalau setiap rumah pasti ada semutnya.

cara-mengusir-semut

Semut akan keluar dari sarangnya untuk mencari makan, terutama di musim hujan dan saat ada makanan atau minuman yang terjatuh di lantai. Sangat menjengkelkan, bukan? Kalau begitu, bagaimana cara mengusir semut yang ada di rumah?

Gunakan Asam Borat

Cara mengusir semut ini menggunakan bahan kimia, tapi dijamin keampuhannya. Kamu bisa mendapatkan bubuk asam borat di toko bahan kimia. Cara menggunakannya tinggal taburkan di bawah tembok, sudut pojokkan lantai, di dapur, dan tempat-tempat lain di mana semut suka membuat sarang atau berkeliaran.

Ingat, selalu gunakan pipet pompa untuk meniupkan bubuk asam borat ke sudut-sudut yang sulit dijangkau dan agar bubuk bisa masuk dengan sempurna ke dalam sarang semut.

Berati-hatilah ketika menggunakan asam borat untuk mengusir semut di rumah. Jangan biarkan anak bermain di dekat taburan asam borat tersebut. Simpan sisanya di tempat yang sulit dijangkau oleh anak kecil dan hewan peliharaanmu. Itu karena bahan kimia ini bisa sangat berbahaya untuk kesehatan jika sampai terhirup atau dikonsumsi.

Gunakan Kapur Anti Serangga

Kapur anti serangga juga dapat menjadi cara ampuh untuk membasmi semut di rumah. Kapur tersebut dibuat dari kalsium karbonat yang aromanya tidak disukai oleh semut atau jenis serangga lainnya.

Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu tinggal menggambar garis melingkar di sekitar titik masuk dan keluar lubang semut, seperti di bagian bawah tembok yang mana menjadi tempat banyak semut berkeliaran. 

Simpan sisa kapur tersebut di tempat yang sulit dijangkau oleh anak kecil dan hewan peliharaan di rumah agar tidak sembarangan dimainkan atau mungkin tidak sengaja dimakan.

Gunakan Tepung Terigu

Jika tidak ingin menggunakan bahan-bahan kimia, kamu sebenarnya juga dapat mengusir semut memakai tepung terigu.

Caranya cukup taburkan sebaris tepung di sepanjang bagian belakang rak dapur dan di mana pun kamu sering melihat semut keluar masuk sarang semut. Semut tidak akan mampu menerobos atau melewati garis tepung yang sudah kamu taburkan.

Gunakan Pot Terbalik di Atas Sarang Semut

Bukan hanya semut hitam saja yang mengganggu, tapi semut api yang berwarna merah juga sama menyebalkannya. Apalagi jika sampai menggigit kulitmu sehingga menyebabkan rasa gatal sekaligus panas

Usir kawanan semut api di sekitar pekarangan rumahmu dengan menempatkan pot bunga terbalik tepat di atas lubang sarang semut. Tuangkan air mendidih melalui lubang pembuangan air pot, sehingga semut tidak akan berani keluar dari sarangnya.

Gunakan Lemon

Buah lemon yang mengandung banyak asam juga dapat dipakai alternatif untuk mengusir semut. itu karena semut tidak suka aroma asam dari buah lemon.

Caranya cukup mudah, yakni masukkan jus lemon ke dalam botol semprot, dan kemudian semprotkan jus tersebut di celah pintu dan jendela. Kamu juga dapat meneteskan perasan jus lemon ke dalam lubang atau celah di mana semut sering berkeliaran. Terakhir, sebarkan irisan kecil kulit lemon di sekitar celah pintu, jendela, atau di lantai dalam rumah. Selain untuk mengusir semut, buah lemon juga efektif digunakan untuk mengusir kecoak dan kutu. Caranya juga cukup sederhana, yaitu haluskan atau blender 4 buah lemon dan campur dengan dua liter air. Kalau sudah, siram lantai rumahmu atau pel dengan memakai air lemon. Selanjutnya, pel lagi lantai tersebut dengan air bersih dan keringkan.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.