Cerita Seru Jepara yang Punya Keindahan Alam

Cerita Seru Jepara yang Punya Keindahan Alam

Jepara, sebuah kota di Jawa Tengah yang terletak di pesisir pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Sebagai titik awal penyebrangan untuk menuju Pulau Karimun Jawa yang tersohor itu membuat Jepara ikut terangkat namanya. Tidak hanya Taman Nasional Karimun Jawa saja yang indah, sebenarnya Jepara juga memiliki keindahan alam lainnya. Berikut ini beberapa objek wisata alam unggulan Jepara yang wajib didatangi jika Anda berada di kota ini.

  • Pantai Kartini

Wisata Alam Pantai Kartini

@arif_suparwono

Pantai Kartini berada di Bulu, sekitar 2,5 km ke arah barat dari Kantor Bupati Jepara. Lokasi pantai ini sangat strategis karena menjadi titik awal penyebrangan ke Pulau Karimun Jawa. Biasanya orang-orang yang berkunjung ke Jepara melalui Semarang karena kota itu sangat mudah untuk didatangi dengan kereta, pesawat, maupun bus. Dari Semarang, naik bus dengan rute Semarang – Demak – Jepara atau bisa juga naik motor atau mobil. Jika sudah berada di kota Jepara, lanjutkan perjalanan menuju pantai ini dengan naik kendaraan sejauh 3 km sekitar 15 menit. Pantai ini cukup mudah ditemukan karena terdapat petunjuk arah di sepanjang perjalanan. Ada dua gerbang untuk masuk ke pantai ini. Pertama, akses menuju dermaga Pantai Kartini untuk menyebrang ke Karimun Jawa. Kedua, gerbang masuk menuju Pantai Kartini sehingga untuk berwisata di pantai ini harus melalui gerbang kedua.

Sebelum masuk ke pantai ini, Anda harus membayar retribusi sebesarRp 5.000 per orang. Biaya parkir kendaraan bermotor mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 12.500 tergantung jenis kendaraan. Pantai ini diberi nama Pantai Kartini karena pada zaman dahulu Ibu Kartini sering datang ke pantai ini bersama keluarganya. Pantai Kartini berpasir putih dan berombak tenang sehingga pengunjung suka bermain di pantai ini. Pantai ini memiliki konsep yang berbeda dari pantai-pantai lainnya karena pantai ini bernilai edukatif. Terdapat Kura-kura Ocean Park, wahana bermain anak-anak, spoor mini, catur raksasa, panggung hiburan, tugu Kartini, kolam kecek, dan masih banyak lainnya yang tentunya sangat tepat untuk wisata keluarga terutama edukasi anak-anak. Pemerintah setempat akan membangun wahana mengasyikkan seperti wave house, rumah bajak laut, bianglala, mini bumper boat, kapal pesiar mini, dan lain-lain. Kura-kura Ocean Park paling diminati wisatawan daripada wahana lainnya karena area ini terlihat dari jauh karena berbentuk kura-kura yang sangat besar. Tiket masuk ke taman ini sebesar Rp 17.500 per orang. Akuarium raksasa ini merupakan sarana edukasi tentang biota laut Indonesia  yang beragam.

  • Air Terjun Songgo Langit

Wisata Alam Air Terjun Songgo Langit

@achmady_m

Diberi nama Songgo Langit atau Penyangga Langit karena jika dilihat dari bawah maka air terjun ini tebingnya seolah menyangga langit. Air terjun yang tingginya 80 meter dengan lebar 2 meter ini memiliki kolam penampung sedalam 3 meter. Keindahan air terjun ini semakin bertambah karena banyak kupu-kupu berwarna warni yang terbang di sekitar air terjun. Banyak orang yang ingin berenang di kolam penampung  alami karena menurut mitos orang yang membasuh muka atau berendam air terjun ini bisa awet muda. Namun pengunjung yang memang berendam harus berhati-hati karena di dalam kolam tersebut terdapat palung sedalam 8 meter sehingga mungkin saja orang akan terseret ke dalam palung.

Kepoin Yang Ini  5 Objek Wisata Rembang Terbaik Tahun 2018

Sebaiknya datang ke air terjun ini pada musim kemarau karena aliran air tidak terlalu deras sehingga pemandangannya jauh lebih indah dan mudah untuk diabadikan dengan kamera. Untuk berkunjung ke tempat ini sebaiknya naik kendaraan pribadi atau sewaan. Namun bisa juga naik kendaraan umum dari terminal Jepara dilanjutkan naik bus jurusan Pati atau Bangsri, kemudian turun di pertigaan arah Desa Cepogo dan dilanjutkan dengan naik ojeg.  Biaya masuk air terjun ini sangat murah yakni Rp 1.500 per orang pada hari biasa dan Rp 2.000 pada akhir pekan. Untuk biaya parkir juga sekitar segitu sama dengan harga tiket masuknya, kecuali bus tarifnya Rp 5.000 tanpa hitungan jam.

  • Pantai Teluk Awur

Wisata Alam Pantai Teluk Awur

@penyuflowers

Pantai yang terletak di Desa Teluk Awur sesuai namanya ini berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Jepara. Terdapat banyak mangrove atau pohon bakau di pantai ini yang berguna untuk mencegah abrasi pantai. Pantai indah ini tidak dikenakan biaya (gratis) untuk mengunjunginya. Airnya yang jernih dengan pasir pantai yang berwarna kekuningan membuat pantai ini semakin cantik karena pantai ini jauh dari aktivitas nelayan. Konon katanya air laut di pantai ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit sehingga banyak orang yang datang untuk berenang atau sekedar berendam di laut. Jika hobi memancing, Anda bisa membawa alat pancing sendiri untuk memancing di sekitar pantai. Selain itu tersedia banyak permainan seru di pantai ini seperti banana boat, flying fish boat, jet ski, dan ban dalam. Untuk menuju pantai ini sebaiknya memakai kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang melintas sebab lokasinya agak tersembunyi.

  • Pantai Bandengan

Wisata Pantai Bandengan

@iq_fahlefi

Pantai yang bisa didatangi dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore ini memiliki tiket masuk yang harus dibayar dengan harga berkisar Rp 2.000 hingga Rp 7.000 per orang. Pantai Bandengan lokasinya sangat strategis sehingga bisa didatangi dari berbagai kota di Jawa Tengah seperti Solo, Semarang, Kudus, Pati, dan Kendal. Terletak di pesisisr utara Pulau Jawa membuat pantai ini cocok untuk dijadikan tempat berenang atau bermain air karena arus lautnya tenang. Pantai ini memiliki nama asli yaitu Pantai Tirto Samudro yang memiliki pasir berwarna kuning keemasan dan air laut berwarna biru cerah. Beberapa permainan seru disediakan di pantai ini seperti banana boat dengan harga sewa Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per orang, jet ski seharga Rp 60.000 atau menyewa ban seharga Rp 10.000 saja. Bahkan di pantai ini terdapat wave house yakni kolam arus yang seru dan penyewaan perahu untuk menyebrang ke Pulau Panjang.

  • Pulau Panjang

Wisata Alam Pulau Panjang

@rockadilla

Pulau yang termasuk area Kecamatan Ujung Batu ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah timur. Pulau ini dijuluki Virgin Island karena belum banyak dikunjungi seperti Karimun Jawa. Pantai berpasir putih ini memiliki udara yang segar karena terdapat hutan hujan tropis di pulau ini. jika suka tracking atau tantangan maka pulau ini wajib dikunjungi. Jika berada di pulau ini pasti tidak ingat waktu karena seharian berada di sana berasa hanya 1 jam. Jika suka snorkeling atau diving maka pulau ini menjadi spot yang tepat karena jernihnya air laut membuat biota lautnya sehat. Pulau ini memiliki area pantai yang bisa dijadikan spot berburu sunset karena Anda bisa melihat keindahan Golden Sunset. Matahari berpendar keemasan sangat terlihat jelas dari pantai ini. Karena belum dikelola secara komersil sehingga untuk berlama-lama di pantai ini sebaiknya berkemah. Belum ada penginapan di pulau ini. Namun tidak usah khawatir karena sudah ada toilet umum dan mushola sehingga pulau ini akan nyaman untuk dikunjungi.

Kepoin Yang Ini  Yuk Rekreasi ke Wisata Alam Bandungan Semarang

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.