Cianjur yang Selalu Jujur tentang Kemolekan Alam

Cianjur, sebuah kabupaten di Jawa Barat sering kali disamakan dengan Bogor padahal keduanya secara administratif berbeda walau letaknya berdekatan. Cianjur didominasi dengan pegunungan namun di bagian selatan terdapat beberapa pantai yang cukup indah. Ayo kita eksploe wisata Cianjur Indonesia lebih detail !

Wisata Alam di Cianjur Jawa Barat

Cianjur bisa diakses dari Jakarta melewati jalur Sukabumi, jalur Puncak, atau Jonggol. Cianjur memiliki banyak potensi alam yang indah sehingga banyak wisatawan yang datang ke sana. Berikut ini beberapa tempat wisata yang unik dan cukup digemari oleh kalangan muda karena bisa dijadikan tempat untuk berfoto.

  • Kebun Raya Cibodas

Wisata Alam Kebun Raya Cibodas

@and__img

Cianjur juga memiliki kebun raya yang tidak kalah eksotis dengan Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Cibodas terletak di Jalan Raya Cibodas  Cipanas dengan luas sekitar 125 Hektar. Pecinta alam wajib mengunjungi tempat ini jika ingin menyatu dengan alam. Terdapat sekitar 10.791 koleksi tanaman, 710 jenis koleksi biji-bijian, dan 4.850 koleksi herbarium di kebun raya ini yang terbagi menjadi dua koleksi, yaitu koleksi di rumah kaca  dan koleksi di kebun. Semua fasilitas dan keindahan di Kebun Raya Cibodas bisa dinikmati oleh setiap pengunjung hanya dengan membayar 6 ribu rupiah (harga bisa naik kapan pun). Kebun Raya Cibodas menjadi kebanggaan Cianjur karena banyak orang yang memuji keindahannya sehingga diberi julukan Taman Firdaus Indonesia. Tempat wisata ini sebenarnya berlokasi di lereng Gunung Gede yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti playing ground untuk anak-anak, shelter, pendopo, teater terbuka, dan camping ground.  Tak jarang tempat ini juga dikunjungi wisatawan mancanegara karena keindahannya yang sudah tersohor.

  • Situs Gunung Padang Cianjur

Situs Gunung Padang Cianjur

@july_aji

Tempat ini berada di Desa Karyamukti, kecamatan Cempaka. Situs megah bernilai sejarah ini merupakan situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara. Situs ini dibangun pada zaman dahulu dengan orientasi Gunung Gede yang terlihat dari pola bangunan punden berundakn yang asimetris. Situs ini tidak dibangun simetris semua sisinya seperti Candi Borobodur tetapi hanya mengarah ke satu sisi yakni Gunung Gede. Keunikan tempat wisata ini terlihat dari bilah-bilah batuan yang ditempatkan sebagai alat musik yang menjadi penemuan pertama di Indonesia. Terdapat tiga bilah batu yang mengeluarkan nada musik dengan dentingan (pitch) berfrekuensi sekitar 2600-5200 KHz. Terdapat sebuah sumur di situs Gunung Padang ini yang dipercaya bisa membuat kisah asmara dengan pasangan menjadi langgeng. Menurut banyak peneliti, batu-batu di tempat ini adalah bekas komplek punden berundak pada masa megalitikum. Situs ini tidak hanya untuk belajar sejarah tetapi bisa juga untuk dijadikan tempat berfoto yang artistik.

  • Pantai Jayanti

Wisata Alam Pantai Jayanti

@visitcianjur

Pantai yang terletak di Cidaun Selatan, tepatnya di desa Cidamar ini bisa ditempuh dari pusat kota Cianjur sekitar 4 jam. Pantai ini indah karena kebersihannya masih terjaga sebab belum banyak orang yang mendatangi tempat ini. Pasir yang putih bersih dan suanana pantai yang sepi akan membuat Anda betah sehingga tidak mau beranja k dari Pantai Jayanti. Terdapat banyak perahu nelayan yang berlabuh di tempat ini sehingga Anda bisa menyewa perahu mereka untuk mengelilingi pantai dengan harga sesuai kesepakatan.

Kepoin Yang Ini  Liburan Seru Buat Kita Tak Kenal Waktu di Pangandaran

Rute yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi yaitu Cibeber – Sukanagara – Tanggeng – Sindangbarang – Cidaun – Pelabuhan Jayanti. Jika naik kendaraan umum maka naik bus mini dengan rute Terminal Pasarhayam – Terminal Cidaun. Setelah itu bisa disambung dengan naik ojek hingga sampai di lokasi sekitar 4 km saja.

  • Curug Citambur

Wisata Alam Curug Citambur

@videolucuhaha

Curug Citambur berada di desa Karang Jaya dengan jalur yang lumayan berat karena jalannya masih bebatuan. Keindahan curug ini akan membayar lunas semua rasa lelah dan was-was dalam perjalanan. Panorama alam yang eksotis berupa air yang meluncur ke bebatuan dari ketinggian 100 meter tersaji di depan mata. Keindahan itu semakin menjadi tatkala pelangi muncul di sela-sela halimun yang membuat Anda akan terpana. Kesejukan alam akan menemani Anda selama berada di sini. Bermain air atau berendam akan melunturkan rasa lelah terlebih mendengar derasnya air yang mengalir. Nama Citambur diberikan karena alirannya yang deras sehingga menimbulkan bunyi berdebam keras seperti alat musik tambur.

Panorama Alam Curug Citambur

@ladyyo23

Fasilitas di tempat ini cukup memadai walaupun pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 per orang dengan biaya parkir Rp 2.000 per motor dan Rp 5.000 per mobil tanpa hitungan jam. Curug ini letaknya dekat dengan Ciwidey Bandung Selatan sehingga Anda bisa mengambil rute arah Bandung daripada rute Cianjur. Arahkan kendaraan menuju Ranca Bali hingga menemukan danau kecil bernama Situ Rawa Suro yang dijadikan penampungan air untuk irigasi sawah. Dari Situ Rawa Suro sekitar 200 meter akan tiba di Curug Citambur. Setelah membayar karcis masuk maka Anda akan bisa menikmati keindahan curug. Tetap berhati-hati karena curug ini cukup curam sehingga harus menuruninya secara perlahan. 

  • Pantai Arfa

Wisata Alam Pantai Arfa Cianjur

@visitcianjur

Pantai ini terletdak di kecamatan Sindang Parang  dengan  jarak sekitar 300 meter dari alun-alun Sindang Barang. Tempat wisata ini masih baru dan lokasinya tersembunyi sehingga belum banyak orang yang datang ke tempat ini. Suasana sepi di pantai ini sangat cocok untuk menenangkan diri atau melepaskan penat dari segala aktivitas harian yang membosankan. Ombak di pantai ini cukup tenang sehingga bisa dijadikan tempat untuk berenang atau sekedar bermain air tanpa khawatir akan terbawa arus laut. Untuk menuju pantai ini Anda harus menempuh jarak ke Saganten, Sindangbarang Kabupaten Cianjur. Pantai Ini berdekatan dengan Pantai Jayanti sehingga Anda bisa mengunjungi dua pantai sekaligus dalam satu hari saja. Pantai ini kerap disebut Pantai Apra oleh masyarakat setempat karena dahulu dijadikan tempat berkumpul APRA (Angkatan Perang Rakyat Semesta). Sebenarnya tidak ada biaya untuk menikmati pantai ini namun terkadang ada masyarakat setempat yang meminta iuran seikhlasnya.

Kepoin Yang Ini  4 Tempat Wisata di Lembang yang Menawan dan Keren

Anda bisa juga mendatangi tempat wisata di Bandung atau tempat wisata di Sukabumi.

  • Telaga Biru Cianjur

Telaga Biru Cianjur

@hadiswidodo

Telaga molek ini berada di Desa Cimacan dengan pemandangan air telaga yang biru muda dan panorama hijau di sekitarnya. Keindahan yang tidak diragukan lagi menjadikan tempat ini dinominasikan sebagai tempat wisata terbaik yang dimiliki oleh Cianjur. Telaga ini ramai dikunjungi setiap hari terutama pada akhir pekan. Penduduk setempat juga sangat ramah dan menyambut para pengunjung dengan senang hati sehingga perjalanan Anda menuju tempat ini menjadi mudah. Sebenarnya telaga ini terletak sekitar 1,5 km dari gerbang utama Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sehingga banyak orang yang tahu tentang tentang tempat ini. Jika malas hiking atau tidak suka naik gunung maka telaga ini bisa dikunjungi sebagai pelampiasan. Air di telaga ini sering berubah warna, biru sebagai warna aslinya akan menjadi hijau dan coklat yang disebabkan oleh alga yang hidup di dalam telaga. Telaga ini biasa dikunjungi bukan sebagai tujuan utama karena tujuan utamanya adalah Curug Cibereum.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.