Daftar Makanan dan Minuman yang Perlu Diwaspadai Saat Hamil

Bagi janin, nutrisi yang dikonsumsi oleh sang ibu merupakan hal yang sangat penting melalui konsumsi obat folamil gold secara rutin dengan beli disini (goapotik). DHA dan kecerdasan janin ditentukan oleh seberapa bagus makanan yang dikonsumsinya. Selain itu, seorang ibu juga perlu menghindari beberapa makanan dan minuman agar tumbuh kembang janinnya tidak berjalan lambat. Apa sajakah yang perlu dihindari? Inilah beberapa diantaranya :

Ikan dengan Merkuri Tinggi

Selama ini kita mengenal ikan sebagai makanan dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Kandungan protein dan omega 3 yang ada di dalam ikan sangatlah bagus untuk tubuh terutama dalam proses tumbuh kembang janin. Namun, sayangnya, para ibu hamil perlu selektif dalam memilih ikan karena kandungan ikan dengan merkuri yang tinggi perlu dihindari sebisa mungkin. Karena kandungan merkuri tersebut bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi.

Pada umumnya, saat ini hampir semua ikan atau hewan yang berada di air telah mengandung merkuri di dalamnya. Merkuri berasal dari limbah yang banyak mencemari perairan hingga masuk ke dalam ikan serta biota air lainnya. Meskipun demikian, tidak semua ikan memiliki kandungan merkuri yang tinggi karena ada beberapa ikan yang dikenal punya kandungan merkuri tinggi dan perlu dihindari. Beberapa ikan tersebut antara lain seperti ikan hiu, makarel, tuna big eye, dan tuna sirip kuning.

Susu yang Belum Diolah

Susu yang dijual di pasaran umumnya telah melalui serangkaian proses sampai benar-benar layak untuk dikonsumsi oleh banyak orang, termasuk ibu hamil. Proses pengolahan berupa pasteurisasi jadi langkah yang paling umum dilakukan agar susu lebih steril dan aman diminum. Sayangnya, seringkali keinginan mendapatkan susu segar membuat kita berhadapan pada susu yang belum diolah atau langsung dari peternaknya.

Susu yang belum diolah merupakan salah satu daftar minuman yang perlu dihindari oleh para ibu hamil. Sebab, proses pengolahan bertujuan untuk mematikan bakteri jahat di dalam susu yang berbahaya bagi ibu hamil. Untuk itu, selalu perhatikan susu yang diminum dan pastikan susu yang telah dikonsumsi sudah melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Referensi artikel : https://www.guesehat.com/asupan-penting-di-awal-kehamilan-agar-masa-depan-anak-cerah

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.