Destinasi Alam yang Natural di Kuningan

Kuningan, salah satu kabupaten di Jawa Barat yang letaknya berdekatan dengan Cirebon sehingga banyak orang yang menganggap sama kedua tempat ini. Lokasi tepatnya Kuningan yaitu ada di jalur lintas regional yang menghubungkan Cirebon dengan Priangan Timur. Akses jalan di Kuningan sering menjadi jalur alternatif arah selatan untuk menuju Jawa Tengah.

Destinasi Alam yang Natural di Kuningan

Kabupaten mungil seluas 1.200 kilometer persegi ini memiliki destinasi wisata alam yang menyenangkan. Tak heran pada masa liburan daerah ini sangat ramai dikunjungi. Objek wisata alam di Kuningan terdiri dari wisata air terjun, gunung-gunung, dan danau. Simak terus artikel ini untuk menjadi referensi Anda jika ingin mengunjungi tempat wisata di Kuningan. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat paling menarik.

  • Telaga Remis

Wisata Alam Telaga Remis

@aboutcirebonid

Telaga atau Danau Remis ini sering dianggap berada di Cirebon padahal berada di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan. Suasana berada sejuk berkat pepohonan pinus hijau yang rindang ini menawarkan keindahan yang alami. Danau ini memiliki jarak sekitar 37 km yang bisa ditempuh selama 1 jam dari pusat Kota Kuningan. Telaga yang berada di area seluas 13 hektar ini sebenarnya memiliki luas telaga sekitar 3,25 hektar saja. Udara yang sejuk akan membuat para pengunjung betah berada di kawasan ini. Wahana sepeda air untuk berkeliling telaga wajib dicoba untuk menambah keasyikan. Jika ingin sedikit berolahraga atau suka berjalan kaki, di kawasan danau ini terdapat jalur khusus untuk pejalan kaki sehingga Anda bisa mengelilingi telaga ini dengan senang. Jika suka memancing, Telaga Remis juga memiliki banyak ikan yang bisa dibawa pulang seperti mujair dan ikan mas.

Nama Telaga Remis berasal dari bahasa Sunda yaitu telaga yang berarti danau dan remis berarti kerang bewarna kuning yang hidup di sekitar danau ini. Jika ingin datang ke danau ini maka Anda bisa naik kendaraan umum yaitu bus dengan jurusan Jakarta – Cirebon. Anda harus turun di depan Pasar Cilimus lalu melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum menuju Mandirancan, pasawahan dan dilanjutkan ke lokasi Telaga Remis dengan naik ojek. Retribusi di area danau yaitu Motor sebesar Rp 1.000, Mobil Rp 2.500, bus Rp 5.000 saja. Sedangkan untuk berwisata ke danau ini gratis. Saat ini telah ada wahana petualangan seperti area tracking dan offroad. Jika ingin berkemah juga bisa dilakukan di dekat telaga nilam yang masih berada di area Telaga Remis. Air danau yang bening kehijauan akan membuat pengunjung ingin bermain air. Terdapat bebatuan raksaksa yang menarik untuk dijadikan spot berfoto sehingga tak jarang telaga ini dijadikan lokasi foto pre-wedding.

  • Desa Wisata Sitonjul

Desa Wisata Sitonjul

@umar_rachman

Suasana khas pedesaan yang tenang dan asri menjadi sajian saat datang ke Desa Wisata Sitonjul.  Tempat ini saat tepat untuk dikunjungi agar pikiran lebih plong dan kepenatan hilang. Area persawahan yang hijau akan menyegarkan kembali jiwa Anda. Pemandangan Gunung Ciremai menjadi latar belakang indah di desa ini. Tak hanya itu, para pengunjung juga bisa melihat budaya Sunda yang khas dan merasakan keramahan masyarakatnya. Desa Sitonjul adalah gabungan dua desa yang mengapitnya yaitu Desa Simenyan Tonjong dan Desa Munjul. Desa Sitonjul sebenarnya berada di area Pedesaan Sangkanurip, Kecamatan Cilimus. Desa kwisata ini berjarak sejauh 13 kilometer dari Kota Kuningan atau sekitar 24 kilometer dari Cirebon. Untuk datang ke desa ini sebaiknya naik kendaraan pribadi agar tidak repot naik turun kendaraan. Namun jika ingin naik kendaraan umum juga bisa dengan naik bus  dengan turun di terminal terdekat dari desa ini, kemudian dilanjutkan dengan naik ojek menuju lokasi. Tidak ada pungutan biaya apapun saat mengunjungi desa ini karena memang belum menjadi tempat wisata yang terkenal. Segera datangi desa ini sebelum banyak diketahui orang. 

  • Curug Putri

Wisata Alam Curug Putri

@inibumiayu

Curug indah yang menjadi curug kebanggaan warga Kuningan adalah Curug Putri. Akses yang mudah menuju curug ini menghidangkan pemandangan alam yang menakjubkan. Para pengunjung akan ditemani dengan pemandangan bukit-bukit dan hamparan hijau kebun buah dan sayur sepanjang perjalanan. Curug Putri ini terletak di dalam Taman Nasional Gunung Ciremai di Desa Cisantana. Air terjun ini tidak terlalu tinggi yakni hanya 20 meter. Jalur menuju curug ini sudah cukup tertata yakni berupa tangga-tangga batu dan jalan setapak. Para pengunjung bisa menikmati segarnya air curug ini dengan leluasa sambil bermain air. Curug Putri bisa dikunjungi mulai pukul 7 pagi hingga pukul 17 sore dengan harga tiket masuk Rp 5.000 saja. Anda bisa naik kendaraan umum atau sewaan untuk menuju tempat ini. Curug yang sudah terkenal ini banyak diketahui oleh warga setempat jadi Anda tidak akan tersasar atau sulit untuk menemukan tempat ini.

  • Wisata Bukit Panembongan

 

Wisata Bukit Panembongan

@sholeh_alkayis

Bukit Panembongan terletak di Desa Tembong, Kecamatan Garawangi. Para pengunjung bisa menikmati panorama alam Kabupaten Kuningan dari ketinggian. Namun karena ini hanyalah bukit jadi tidak akan terlalu lelah untuk sampai di tempat ini. Tempat ini masih baru karena diresmikan pada tahun 2016. Berbagai fasilitas disediakan di tempat wisata ini antara lain lahan untuk berkemah (camping ground), area flying fox, dan spot-spot romantis untuk foto pre wedding. Tempat ini dibuka setiap hari dari pagi sekitar pukul 7 hingga sore sekitar pukul 5. Harga tiket masuk untuk menikmati bukit indah ini hanya Rp5.000 saja per orang.

Kepoin Yang Ini  Mengenang Tempo Dulu di Jalan Braga, Seindah Mengenang Mantan

Danau yang diberi nama Situ Cicerem ini disebut kembaran Labuan Cermin di Kalimantan Timur karena airnya yang sangat jernih kebiruan. Beningnya air membuat para pengunjung bisa melihat dasar situ dengan kedalaman lima meter ini. Ratusan ikan mas hidup dan berkembang biak di danau ini. Terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan membuat tempat ini cukup mudah untuk didatangi. Suasana khas pedesaan yang asri juga menjadi keunggulan tempat ini sehingga para pengunjung biasanya betah untuk berlama-lama. Pepohonan yang rindang di sekeliling Situ Cicerem ini membuat udara menjadi sejuk. Tiket masuk ke Situ Cicerem seharga Rp2.500 saja per orang. Keindahan dan kesegaran yang Anda rasakan tidak seberapa dengan uang yang sedikit itu.

  • Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati

@dewipuspita87

Taman Wisata Alam Linggarjati berada di kawasan yang sama dengan Museum Linggarjati dan Open Space Gallery Kuningan. Pemandangan alam yang cantik dengan udara segar dan sejuk menjadi suguhan mewah di tempat ini. Para pendaki Gunung Ciremai yang ingin mendaki gunung dari Linggarjati pasti melalui area ini sebagai titik awal pendakian. Taman wisata berupa hutan seluas 11,51 hektare ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan. Ada kolam pemancingan yang bisa dipakai oleh para pemancing. Ada juga kolam renang,  area outbond, taman-taman terbuka juga disediakan di tempat ini. Jika ingin menginap maka para pengunjung bisa menyewa kamar di penginapan dengan harga yang murah. Para pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp9.000 untuk anak. Namun jika ingin menikmati fasilitas lainnya seperti kolam renang atau perahu kayuh akan dikenakan biaya tambahan. Namun biaya wisata di tempat ini tidak akan membuat Anda rugi karena harganya terjangkau.

Kepoin Yang Ini  Wisata Cikole Lembang Bandung

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.