Eksotisme Bulukumba dengan Pantai Berpasir Putih

Pernah mendengar tentang Bulukumba di Sulawesi Selatan? Sebagai informasi, area Bulukumba memang terkenal dengan pantai berpasir putih dan warna air laut yang bening kebiruan. Keindahan Bulukumba ini harus dinikmati karena memang sepanjang jalan area Bulukumba kita akan melihat pantai berderet yang unik dengan ciri khas masing-masing. Penasaran dengan lokasi Bulukumba ini? Jika ingin berwisata ke area ini maka pergilah menuju jalan poros Bulukumba. Sepanjang jalan itu Anda pasti akan menemukan banyak pantai yang indah. Beberapa pantai indah yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Bulukumba akan dibahas di sini.

Eksotisme Bulukumba dengan Pantai Berpasir Putih

Wisata Pantai Appalarang Bulukumba

@jjs_makassar

  1. Pantai Apparalang

Pernah mendengar nama pantai ini? Bagi masyarakat yang tinggal di luar Sulawesi Selatan pasti masih di telinga, namun bagi para traveler pasti tidak asing lagi dengan nama pantai ini. Pantai eksotis ini dijuluki Raja Ampat Bulukumba oleh para traveler. Tidak salah memang julukan itu diberikan karena pantai ini memang sudah tertata rapi dengan batu-batu besar, tangga-tangga, dan pepohonan apik di area pantai. Anda akan merasa berada di luar negeri bukan di Indonesia. Sekilas pantai ini memang mirip dengan yang ada di USA. Letaknya yang berada di dekat Pantai  Tanjung Bira yang jauh lebih terkenal. Letak pantai ini memang lebih tersembunyi di Desa Ara sehingga saat berkunjung ke sana harus sedikit bertanya dengan warga setempat agar diberi arahan jalan. Untuk menuju pantai ini sangat disarankan memakai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil karena tidak ada angkutan umum yang melintasi area ini. Bagi para backpacker disarankan untuk menyewa motor dari penginapan yang ada di sekitar lokasi.

Kepoin Yang Ini  Wisata Air Terjun Ponre Kab Bone Keren di 2018

Tebing-tebing besar, area kolam alami berisi sisa-sisa air laut yang pasang, dan air jernih (crystal clear water) sangat wajib diabadikan dalam bidikan lensa kamera. Ambillah sisi yang baik karena foto akan menjadi kenang-kenangan yang bisa menjadi pelipur rindu dengan tempat ini jika nanti Anda berada di tempat yang jauh. Area pantai yang tenang karena belum banyak dikunjungi ini sangat tepat untuk dijadikan tempat merenung atau sekedar melepas penat dari berbagai aktivitas. Fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai terutama toilet. Bahkan jika suka olahraga laut seperti snorkeling bisa menyewa alat snorkeling di tempat ini. Jika ingin piknik di daerah ini sebaiknya membawa makanan sendiri karena penjual hanya menjual mie instan dan snack ringan. Ingat ya tidak boleh menyampah di pantai indah ini.

Pantai Tanjung Bira Bulukumba

@spot_wisata_indonesia

  1. Pantai Tanjung Bira

Tanjung Bira pasti sudah sering mendengar nama ini bukan? Sudah penasaran kah untuk berkunjung ke pantai ini? Pantai ini memang indah dan memang menjadi spot yang tepat untuk berburu sunset. Matahari terbenam akan terlihat dengan jelas dari pantai ini. Anda bisa memilih untuk menikmati sunset dari area atas yang sudah diberi tempat duduk atau di area bawah yang benar-benar pantai karena dekat laut dan berpasir. Area pantai ini cukup tertata karena di sepanjang tepi pantai sudah banyak kios-kios yang menjual berbagai snack, minuman, pakaian, dan beberapa kebutuhan kecil lainnya sehingga kalau ingin berwisata ke pantai ini tidak usah takut lapar dan haus. Para penjual di area pantai ini sangat ramah dan welcome kepada pengunjung. Bagi para muslim yang mau melaksanakan shalat bisa meminta izin untuk shalat di kios. Jika sudah diberi tumpangan maka sudah sewajarnya Anda membeli makanan atau minuman sebagai tanda terima kasih atas keramahan mereka.

Kepoin Yang Ini  Wisata Budaya Dramatis di Toraja

Berada di pantai ini rasanya waktu berjalan begitu cepat karena kita akan dibuat sibuk memandangi keindahan pantai dan perilaku para pengunjung di pantai ini. Pantai ini cukup ramai terutama pada saat weekend akan sangat ramai sehingga tempat ini kurang cocok untuk dijadikan tempat merenung atau sekedar mencari ketenangan. Tempat ini bahkan dijadikan untuk tempat duduk bersantai oleh para orang-orang lanjut usia yang tinggalnya tidak jauh dari area pantai. Benar-benar banyak hal yang bisa dilihat dan dinikmati di pantai ini. Untuk lokasi, pantai ini jauh lebih mudah untuk ditemukan karena berada di pinggir jalan poros Bulukumba. Sama seperti pantai-pantai lainnya di area Bulukumba maka sangat disarankan untuk naik kendaraan pribadi atau rental saja karena angkutan umum di sana cukup sulit dan jarang ditemui. Keleluasaan dan kecepatan waktu dibutuhkan untuk eksplor Bulukumba ini karena banyaknya tempat yang harus dikunjungi.

Wisata Pantai Mandala Ria Bulukumba

@drs.muhannis

  1. Pantai Mandala Ria

Pantai pasir putih yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Mandala Ria. Cukup mudah untuk menuju tempat ini karena tulisan terpampang dengan jelas di sepanjang jalan sehingga tidak akan tersesat. Ketika sampai di area parkir mobil mungkin sekilas Anda akan melihat pantai ini biasa saja. Namun cobalah untuk masuk dan eksplor ke dalam karena Anda akan menemukan surga yang mungkin dirindukan. Ada hal yang harus diperhatikan saat berkunjung ke tempat ini yaitu teriknya sinar matahari. Bila dibandingkan dengan pantai lainnya entah kenapa pantai ini jauh lebih panas sehingga sebaiknya memakai sunblock, topi, dan kacamata riben agar tidak silau. Melihat pantai ini seolah-olah merasa ada di Lombok seperti Gili Trawangan karena ada ayunan di tepi pantai. Ayunan itu menjadi spot foto yang ciamik sehingga sayang untuk dilewatkan.

Kepoin Yang Ini  Sisi Lain Toraja Dengan Keindahan Alam yang Belum Tersingkap

Jika ingin menginap di area pantai ini juga bisa lho. Harga kamarnya sangat murah yakni hanya Rp 100.000 per malam namun kamarnya sudah sangat nyaman. Pemilik cottage juga berjualan di pinggir pantai jadi kalau ingin mencari snack atau makan mie bisa langsung pesan. Para penjual di area ini juga sangat ramah dan asik untuk ditanya-tanya. Tidak ada kesan judes atau malas ditanya, semua pertanyaan pasti mereka jawab seperti teman. Pantai ini menjadi lebih indah karena disediakan tempat duduk dengan payung-payung cantik yang membuat Anda mungkin berasa ada di Maldives bukan di Indonesia. Jika hanya berkunjung sebentar juga tidak usah khawatir karena bisa juga menumpang toilet atau untuk shalat terutama oleh pemilik cottage.  Namun jangan lupa untuk membeli snack atau minuman sebagai rasa terima kasih ya.

3 pantai terindah di Bulukumba itu sudah membuat Anda penasaran belum? Kalau sudah disarankan untuk mengatur waktu yang tepat karena jauh lebih menyenangkan untuk berwisata ke pantai pada musim kemarau. Warna laut dan langit akan menjadi sangat biru dibandingkan pada musim hujan. Sulawesi Selatan khususnya Bulukumba ini menjadi destinasi yang tepat untuk Anda yang ingin berlibur maksimal dengan budget minimal. Sebagian besar pantai di Bulukumba gratis atau tidak dikenakan biaya masuk. Anda juga tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membeli makanan dan minuman karena harganya sangat terjangkau. Happy traveling!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.