Eksplor Cirebon yang Asik dan Unik

Cirebon, sebuah kota yang identik dengan tempat wisata kebudayaan berupa keraton ini ternyata memiliki objek wisata alam yang asik dan unik. Kota empal gentong ini lokasinya cukup dekat dengan Jakarta yang bisa ditempuh dengan kereta selama 3 jam atau naik bus selama 5 jam.

Rekreasi Alam di Cirebon

Kota kecil ini bisa dikunjungi pada akhir pekan karena wilayahnya yang tidak begitu luas sehingga kota ini bisa dijelajahi dalam waktu 2 hari saja. Berikut ini beberapa objek wisata alam di Cirebon yang mungkin belum banyak diketahui.

  • Pantai Kejawanan 

Rekreasi Alam Pantai Kejawanan Cirebon

@cakrawalakita

Momen matahari terbenam menjadi dambaan banyak orang. Untuk menikmati momen indah itu Anda harus datang ke Pantai Kejawanan. Hanya dengan membayar Rp.2000 maka Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai ini. Terletak di Jalan Yos Sudarso Kota Cirebon, dekat Pelabuhan Cirebon dan Ade Irma Traffic Garden tentunya membuat pantai ini ramai dikunjungi karena cukup strategis. Jika naik kendaraan umum maka berpesanlah kepada sopir untuk menurunkan Anda di dekat lokasi pantai ini. Walau tidak seindah pantai-pantai lainnya di Indonesia, namun pemerintah daerah setempat selalu menjaga kebersihan pantai yang menjadi tempat hiburan warga ini. Pantai yang landai dan dangkal ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan khususnya anak-anak sehingga mereka bisa bermain ke tengah pantai. Di tepi pantai terdapat pedagang seafood yang bisa dinikmati sambil melihat pemandangan laut yang indah terutama saat sore menjelang sunset. Jika ingin berkeliling pantai dengan perahu nelayan maka Anda hanya perlu bayar sebesar Rp.5000 per orang. Jika mau sewa perahu karet tarifnya lebih mahal yakni sekitar Rp.5000 hingga Rp.10.000 per jam.

  • Bukit Gronggong

Rekreasi Alam Bukit Gronggong

@andhraini_roswati

Butuh tempat yang romantis untuk berduaan dengan pasangan saat berada di Cirebon? Bukit Gronggong menjadi jawaban yang tepat. Bukit yang bermandikan cahaya pada malam hari ini sangat cocok didatangi bersama pasangan. Makan malam bersama menjadi aktivitas yang pas untuk dilakukan karena di area bukit ini terdapat banyak restoran. Nuansa syahdu bisa diperoleh kapan saja karena tempat ini terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Jika ingin lebih syahdu maka jangan datang pada akhir pekan karena tempat ini sangat ramai. Cukup membayar Rp. 2000 per orang dan biaya parkir sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 maka Anda akan merasa puas. Untuk wisatawan yang datang dari Jakarta maka naiklah bus dan turun di pintu keluar tol Kuningan. Lalu naik angkot dengan tujuan Pasar Cilimus. Setelah itu nikmati suasana perkampungan ala Jawa Barat yang asri dengan berjalan kaki. Sebaiknya naik kendaraan pribadi agar Anda bisa sesuka hati berhenti di lokasi yang menarik untuk berfoto.

  • Situ Sedong

Rekreasi Alam Situ Sedong Cirebon

@aboutcirebonid

Situ Sedong yang terletak di Sedong Cirebon ini memiliki keindahan yang mempesona. Jika Anda berada di Cirebon maka harus mengunjungi tempat ini. Situ ini merupakan danau buatan yang dirancang untuk menampung air agar warga Cirebon tidak kekurangan air pada musim kemarau. Namun untuk kegiatan sehari-hari air situ ini lebih banyak digunakan untuk irigasi sawah. Lokasi danau ini bisa ditempuh selama 45 menit hingga 1 jam tergantung kondisi lalu lintas. Keindahan situ ini semakin bertambah di kala senja karena momen sunset akan terlihat jelas dari tempat ini. Bagi pengunjung yang suka memancing maka tempat ini juga sangat pas karena terdapat banyak ikan di situ ini.

  • Setu Patok

Panorama Alam Setu Patok Cirebon

@noverocker

Letak danau ini di desa Mundu, Cirebon Timur atau sekitar 10 Km dari kota Brebes. Jarak dari kota Cirebon sekitar 6 Km ke arah Tegal. Situ Patok memiliki luas 175 Hektar dengaan potensi lahan yang dibangun untuk pembuatan dermaga kapal, rumah makan artistik dan beberapa sarana penunjang lain sebanyak 7 Hektar dengan status tanah negara. Terdapat sebuah pulau kecil yang diberi nama Situ Gunung karena bentuknya berupa bukit kecil dan terdapat makam di sana. Panorama indah akan terlihat jelas secara keseluruhan dari Situ Gunung. Jika ingin naik ke bukit yang berada di tengah Setu ini Anda bisa sewa perahu sebesar Rp. 20.000 per orang. Namun Anda harus berhati-hati saat naik ke bukit itu karena jalannya cukup terjal.  Selain itu, kawasan setu ini juga menyediakan banyak fasilitas hiburan di tempat ini yaitu kolam renang, villa, lapangan golf, tempat karaoke keluarga, bumi perkemahan, outbond area, lintasan ATV, tempat pemancingan, area paint ball, dermaga perahu, serta tempat pemancingan.

  • Banyu Panas Palimanan

Wisata Banyu Panas Palimanan

@hilmiabdl

Para pengunjung bisa menikmati berendam air panas di tempat ini. Tempat pemandian ini selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan. Lokasinya berada di dalam wilayah pabrik PT Indocement, Desa Palimanan. Tempat ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit karena air panas yang berasal dari air gunung yang bercampur belerang. Harga tiket masuk tempat ini hanya Rp 4.000 saja per orang. Jika ingin berendam di kolam air panas yang menggolak maka Anda harus membayar sebesar Rp 6.000 saja. Sangat disayangkan jika sudah sampai di tempat ini tetapi tidak berendam air panas. Keunikan dari tempat ini yaitu lokasi mata air yang muncul secara berpindah-pindah. Tempat seluas 4 hektar ini menyediakan beberapa fasilitas antara lain kolam untuk berendam dengan ukuran 10×15 meter, tempat bilas, toilet, jogging track dan gazebo dengan taman dengan desain yang indah. Jika ingin datang ke tempat ini sangat disarankan naik kendaraan pribadi atau sewaan karena angkutan umum tidak ada yang melintas di sekitar tempat ini. 

  • Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin

@pendakiedan_

Wanawisata ini berada di Desa Ciwaringin yang berjarak sekitar 17 km dari Kota Sumber. Objek wisata ini menawarkan kesejukan hutan dengan deretan pepohonan yang tertata rapid an indah. Kawasan ini sangat tepat untuk dikunjungi oleh Anda yang ingin melepas kepenatan. Jika suka memancing maka Anda bisa melakukannya di Danau Ciranca yang berada di dalam objek wisata ini. Aktivitas memancing bisa dilakukan dengan tenang dan santai di danau ini karena tidak butuh biaya apapun (gratis) dan jika berhasil mendapat ikan maka hasil pancingan bisa dibawa pulang. Di kawasan ini juga terdapat arena motor cross untuk balap motor sehingga tempat ini pasti disukai oleh kaum adamAnda bisa menikmati pemandangan yang rindang dengan berjalan-jalan sambil memandangi pohon kayu putih. Tempat ini ramai dikunjungi pada akhir pekan sehingga Anda harus berhati-hati agar tidak kehilangan barang saat tempat ini ramai. Siapa yang tidak mau menikmati keindahan tanpa membayar? Masukkan wanawisata ini ke dalam daftar kunjungan Anda saat berada di Cirebon.

Kepoin Yang Ini  Daftar Tempat Wisata Cianjur yang Sayang Dilewatkan

Jika sudah puas berwisata alam di Cirebon maka jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya yaitu Nasi Jamblang dan Empal Gentong di pusat kota. Dengan begitu kepuasan Anda akan semakin berlipat ganda karena puas berwisata, perut juga tidak keroncongan. Selamat berlibur!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.