Eksplorasi Alam yang Tak Jauh Di Mata, Riau Di Hati

Riau, sebuah provinsi yang jauh dari hingar bingar para wisatawan karena masih banyak yang belum tahu tentang tempat-tempat wisata di Riau. Sebenarnya Riau menyimpan pesona yang mampu menawan hati para pelancong.

Lokasi Wisata Alam di Riau

Jika Anda berkesempatan untuk datang ke daerah ini maka luangkan waktu untuk melihat keindahan Riau dari dekat. Artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal Riau sehingga Anda akan tertarik untuk eksplorasi Riau lebih jauh.

  • Air Terjun Aek Martua

Wisata Alam Air Terjun Aek Martua

@agustinewindy

Air Terjun Aek Martua memiliki nama lain yaitu Air Terjun Tangga Seribu. Kenapa demikian? Karena air terjun ini begitu unik dengan bentuk air terjun yang bertangga-tangga. Air terjun ini berada di area Bukit Barisan yang terkenal. Aek Martua berasal dari nama sebuah sungai yang menjadi penampung aliran air terjun ini. Aek Martua berasal dari bahasa suku Mandailing yang berarti Air Bertuah atau air yang sakti. Terdapat tiga air terjun yang indah di kawasan ini dengan ketinggian 15 meter hingga 35 meter dan jarak masing-masing air terjun sekitar puluhan meter. Pada air terjun yang pertama terdapat hamparan batu yang cukup luas sehingga cocok untuk bermain air. Pada air terjun yang kedua terdapat kolam seluas 250 meter untuk mandi. Sedangkan air terjun ketiga yang letaknya paling tinggi harus didatangi dengan memanjat tebing sehingga hanya bisa didatangi oleh orang-orang punya keahlian panjat tebing.

air terjun aek martua pekanbaru

@info_riau

Air terjun ini berjarak 12 km dari Pasir Pengairan menuju Simpang Tanggun dengan arah Tapanuli Selatan yang bisa ditempuh selama 1 jam. Lalu lanjutkan perjalanan dengan trekking selama 1,5 jam yang berjarak sekitar 6,5 km dari pintu masuk. Para pengunjung harus melewati jembatan gantung dan jalan setapak yang ada di area perkebunan masyarakat sekitar 3,5 km jaraknya. Jangan khawatir karena kondisi jalan sudah terbuat dari beton yang melintasi kawasan hutan lindung sejauh kurang lebih 3 km dengan tanjakan dan turunan yang cukup curam. Harap berhati-hati dengan tanjakan dan turunan yang curam dan licin saat musim hujan. Jika ingin datang dengan naik kendaraan umum maka dimulai dari Pekanbaru menuju  Pasir Pengaraian (naik angkutan L300 atau Superban Rp. 35.000) lalu turun di Simpang Tangun. Dilanjutkan dengan naik angkutan menuju Tangun sejenis Oplet dan Omprengan Rp. 5000. Jika membawa kendaraan pribadi maka kendaraan harus diparkir di pinggir jalan karena belum ada lahan parkir.

  • Danau Bingkuang

Wisata Alam Danau Bingkuang Pekanbaru

@safwan_domo27

Dinamakan Danau Bingkuang karena danau ini bentuknya mirip dengan buah bingkuang (bengkuang). Danau ini yang berlokasi di Kabupaten Kampar Propinsi Riau ini bisa dilalui melalui jalan lintas Sumatera dari Pekanbaru menuju Sumatera Barat atau Sumatera Utara. Di area danau ini ada sebuah jembatan yang dinamakan jembatan kembar. Danau ini biasa dijadikan lokasi acara Mandi Balimau saat Ramadhan karena terletak tak jauh dari pemukiman warga di tepi Sungai Kampar.

Kepoin Yang Ini  Objek Wisata Danau Bingkuang Pekanbaru

Jika ingin menikmati suasana alam lebih lama maka Anda bisa berkemah di area sekitar Danau Bengkuang. Jalan menuju danau ini cukup bagus, tidak macet tentunya. Jika datang ke tempat ini sebaiknya bensin mobil atau motor terisi cukup karena belum ada SPBU di sana. Jangan lupa untuk mencicipi atau membeli kuliner khas sebagai oleh-oleh yaitu “Lopek Bugi” khas Danau bingkuang yang terbuat dari tepung beras pulut/ketan dan dibungkus daun. 

  • Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

Wisata Alam Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

@yulioen

Nama Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim (Tahura SSH) berasal dari nama ayahanda Sultan Syarif Qasim yang merupakan pahlawan nasional asal Riau. Pemberian nama seperti itu dilakukan untuk mengabadikan jasa pahlawan. Tahura SSH ini kaya akan berbagai jenis flora yang kondisinya seperti hutan bertipe hutan hujan dataran rendah. Ada sekitar 127 jenis flora yang didominasi dari family Dipterocarpaceae, Lauraceae, Euphorpeaceae, Anacardiaceae, Guttiferae, Sapotaceae, Myrtaceae di daerah ini. Kawasan ini juga kaya akan fauna sejumlah 42 jenis burung, 4 jenis reptilia dan 16 jenis mamalia. Ada satu jenis burung yang hanya hidup di Sumatera yaitu burung Serindit Melayu (Loriculus galgulus). Jika suka tantangan alam dan mau menguji adrenalin maka lakukan beberapa olahraga ekstrim seperti sepeda gunung, motor trail, off-road. Ada sisi lain keindahan di tempat ini yaitu sebuah danau yang dahulu berupa bendungan air dari Sungai Takuana. Tempat ini telah dikelola dengan baik sebagai tempat wisata sehingga disediakan taman bermain bagi anak-anak seperti arena outbond, jogging track, dan gazebo untuk bersantai.

  • Ekowisata Mangrove Mengkapan

Ekowisata Mangrove Mengkapan

@rifki1212

Kawasan Hutan Mangrove ini terletak di Desa Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit. Terdapat dua jalur alternatif yang bisa dilalui menuju tempat ini antara lain jalur pertama melintasi jalan baru Siak menuju jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Dilanjutkan dengan perjalanan menuju Kecamatan Bunga Raya yang memiliki area persawahan yang sangat indah. Kemudian melintasi jembatan panjang di Teluk Mesjid Kecamatan Sungai Apit bernama Jembatan Sultan Abdul Jalil Rahmad Syah. Setelah sampai di Pelabuhan Buton akan terlihat papan petunjuk yang bertuliskan Jembatan Hitam Ekowisata Mangrove maka Anda sudah tiba di lokasi.

Kepoin Yang Ini  Tak Hanya Wisata Belanja, Batam Juga Punya Wisata Alam

Saat anda di Pekanbaru, anda bisa juga mendatangi tempat wisata di Pekanbaru yang lain, contohnya Istana Siak.

Untuk jalur kedua lebih berbelok-belok namun tidak sejauh jalur pertama. Anda hanya perlu berjalan lurus melewati jalan Siak lama hingga sampai di Simpang Empat Pelabuhan Buton. Anda akan melihat plang di sebelah kiri, namun sebelumnya Anda harus melewati pemukiman Mengkapan yang mayoritas penduduknya adalah orang melayu dan jawa.  Kawasan Ekowisata Mangrove itu berada di belakang rumah warga sehingga tidak usah malu bertanya kalau tidak tahu lokasinya. Kawasan mangrove ini cukup unik dan layak untuk dikunjungi karena banyak terdapat spot foto ciamik.

  • Pulau Jemur

Wisata Alam ke Pulau Jemur

@mjbam

Pulau Jemur dinamakan seperti itu karena pulau ini berbentuk seperti jamur.  Lokasinya sekitar 45 mil dari ibukota kabupaten Rokan Hilir yang sebenarnya merupakan kepulauan karena terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil. Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik dan pulau-pulau kecil lainnya. Keindahan pulau ini didukung dengan lautan yang terhampar luas dengan warna airnya yang jernih. Anda tidak boleh terlewat untuk mengabadikan momen-momen di pulau ini yang pasti sangat indah.

Lokasi Pulau Jemur  sekitar 70 km dari Bagansiapiapi atau 65 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia. Jadi banyak pengunjung yang datang berasal dari Malaysia. Masa orang-orang dari luar negeri saja berdatangan, kok kita belum pernah ke sana? Yuk segera agendakan untuk berwisata di pulau ini. Pulau ini kaya akan hasil laut. Bahkan pulau ini menjadi habitat Penyu yang termasuk hewan langka. Banyak spot wisata menarik di Pulau Jemur ini yaitu Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas. Jadi Anda harus mengeksplor pulau ini dengan maksimal supaya kebahagiaannya maksimal.

Kepoin Yang Ini  Objek Wisata Danau Bingkuang Pekanbaru

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.