Fakfak, Keindahan Alam di Timur Indonesia

Fakfak, Keindahan Alam di Timur Indonesia 

Fakfak merupakan sebuah kota di Papua Barat yang bisa dibilang berada di paling barat dari pulau paling timur di Indonesia. Untuk mencapainya bisa naik pesawat terbang menuju bandar udara Fakfak. Kota ini mempunyai masjid yang dibangun 200 tahun yang lalu dan memiliki situs purbakala tebing yang ada di daerah Kokas. Jika mengunjungi Fakfak, maka Anda harus berwisata kuliner yang khas di daerah ini. Salah satu makanan khas yaitu manisan pala yang bermanfaat untuk tubuh. Ada juga martabak sagu yang terbuat dari sagu yang dihaluskan, digoreng dan diberi gula merah. Tidak hanya wisata kuliner, tentunya Anda wajib berwisata alam karena terdapat banyak objek wisata alam di Fakfak.

Lukisan Tebing Misterius

Wisata Alam Lukisan Tebing Misterius

@alan_fakfak_papua

Fakfak memiliki situs kuno dari zaman prasejarah yang menyimpan keajaiban misterius. Situs kuno tersebut berbentuk lukisan di tebing bebatuan terjal yang biasa disebut Tapurarang oleh masyarakat setempat. Lukisan yang berupa telapak tangan manusia dan binatang di dingding tebing sudah berabad-abad usianya namun warnanya masih tetap jelas. Warna merah pada lukisan tersebut seperti warna darah manusia sehingga berkesan mistik dan misterius. Lokasi lukisan ini dijadikan tempat yang sakral karena masyarakat setempat percaya bahwa lukisan itu adalah wujud orang-orang yang dikutuk oleh hantu penguasa daerah tersebut. Hantu itu adalah seorang nenek yang menguasai lautan karena pada zaman dahulu nenek itu tenggelam di laut dari perahu nelayan. Jika ingin datang ke tempat ini dengan naik kendaraan umum maka pergilah ke terminal Fakfak. Dilanjutkan dengan naik angkutan luar kota sejauh 50 km selama 2 jam dengan ongkos sebesar Rp 25.000 per orang. Setelah tiba di Kokas, Anda harus naik long boat selama 1 jam untuk sampai di lokasi. Jika air sedang pasang, para pengunjung bisa naik ke tebing dan melihat lukisan dari dekat. Namun saat surut, lukisan tebing ini hanya bisa dilihat dari long boat. 

Kepoin Yang Ini  Kecantikan Alam Nabire yang Tak Rela Ditinggal Pergi

Gua Kokas

Goa Kokas merupakan salah satu situs bersejarah di Kokas. Tempat ini merupakan peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia kedua tepatnya pada tahun 1942. Di dalam gua ini sangat gelap karena tidak ada penerangan sehingga untuk melihat gua ini harus membawa senter. Bentuk gua ini masih terjaga sehingga sama seperti ketika ditinggalkan oleh tentara Jepang. Perjalanan dari Fakfak menuju Gua Kokas bisa ditempuh selama dua jam. Tempat persembunyian tentara Jepang pada masa dahulu ini memiliki panjang 138 meter dan 3 bunker berukuran 4 meter untuk mengintai tentara Jepang. Bagi penyuka tantangan maka gua ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Jalan menuju situs ini cukup sulit dan kedalaman gua agak ekstrem. Jika ditelusuri lebih dalam, ada banyak kamar tidur yang dibatasi oleh sekat-sekat yang memang menjadi tempat beristirahat pada masa peperangan.

Taman Nasional Lorentz

Wisata Alam Taman Nasional Lorentz

@limsyahrul

Taman Nasional Lorentz sangat besar karena terletak di antara 2 provinsi, yaitu Papua dan Papua Barat. Para pengunjung bisa menikmati alam dengan vegetasi di sekitar taman. Para pengunjung bisa melihat kebudayaan suku asli Papua antara lain suku Asmat, Suku Sempan, Suku Dani dan Suku Amungme. Jika ingin datang ke tempat ini harus naik pesawat dari Timika melalui bagian utara taman atau dari laut menuju Pelabuhan Sawa Erma. Taman ini masih sangat asli dan alami karena ekosistemnya sebagian besar berupa hutan yang belum pernah terjamah manusia. Para penduduk setempat yang tinggal di sekitar lokasi taman nasional ikut menjaga hutan ini. Banyak spesies flora dan fauna yang bisa dilihat karena memang sangat tepat untuk menjadi habitat makhluk-makhluk hidup. Taman nasional ini merupakan terbesar di Asia Tenggara dan telah menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1999. Nama Lorentz berasal dari nama penjajah Belanda yang menemukan lokasi taman alam ini. Keunikan tempat ini yaitu terdapat gletser di daerah tropis yang diselimuti salju abadi.

Kepoin Yang Ini  Biak, Keindahan di Timur Indonesia

Air Terjun Kiti Kiti

Wisata Alam Air Terjun Kiti Kiti

@dorangbilang

Air terjun Kiti Kiti sangat unik karena ada dua objek sekaligus yaitu air terjun dan laut karena air terjun ini mengalir langsung ke laut lepas. Pada saat surut, para pengunjung bisa menikmati pantai yang terbentuk secara alami dengan pasir putih. Saat air sedang pasang, para pengunjung hanya bisa menikmati air terjun yang indah. Air berwarna kebiruan yang jernih tersebut sangat memanjakan mata karena begitu menyegarkan. Aktivitas yang bisa dilakukan di daerah ini antara lain memancing, berenang dan snorkeling. Kegiatan berkemah (camping) juga bisa dilakukan di pulau tidak berpenghuni yang ada di sekitar daerah air terjun ini. Namun sayangnya, tempat ini masih tergolong sulit untuk dijangkau karena akses menuju tempat ini masih terbatas. Setiap pengunjung harus menaiki speed boat dari Pelabuhan Fakfak yang memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Kesulitan tidak akan terasa karena pemandangan di sekitar sangat sepadan dengan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai air terjun ini.

Pantai Patawana

Wisata Alam Pantai Patawana

@syam_ocean

Pantai berpasir putih ini tidak terlalu jauh dari pusat kota yakni sekitar 30 kilometer yang bisa ditempuh selama satu jam dengan memakai kendaraan bermotor. Ekosistem pantai ini masih sangat terjaga, ditambah dengan satwa yang bebas berkeliaran di pantai semakin membuat pantai ini unik. Hamparan pasir putih kemerahan, air biru jernih dan sederetan pohon kelapa menjadi pesona utama dari pantai Patawana. Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini yaitu snorkeling, diving, dan surfing. Biota laut yang indah wajib ditelusuri karena tak akan mampu diungkapkan dengan kata-kata keindahannya. Jika ingin surfing dan menikmati ombak sebaiknya pada Agustus sampai September. Pantai yang terletak di Desa Kotam Fak Fak Timur ini belum didukung dengan fasilitas yang memadai sehingga jika ingin makan dan minum sebaiknya membawa bekal dari luar. Dengan membawa bekal, Anda bisa menikmati keindahan pantai bersama teman-teman atau keluarga. Jika ingin berselancar pun harus membawa papan selancar sendiri.

Kepoin Yang Ini  Keindahan Alam Merauke di Kota Paling Timur Indonesia

Itulah objek-objek wisata alam di Fakfak yang mungkin tak pernah ada dalam pikiran Anda. Jika sudah mengetahui tentang keberadaan tempat-tempat itu, Anda pasti ingin segera mengunjunginya. Jauhnya perjalanan tak akan sia-sia karena semua pasti terbayar lunas. Jangan pernah merusak atau mengotori tempat yang dikunjungi, justru Anda harus menjaganya agar tidak cepat rusak. Dengan mengunjungi berarti Anda telah mengenali, setelah kenal maka harus sayang dengan alam sekitar. Papua Barat tergolong provinsi yang mudah didatangi karena banyak maskapai yang menyediakan fasilitas penerbangan ke sana khususnya Fakfak dan Sorong. Pada umumnya harus transit di Makasar, namun ada beberapa maskapai yang menyediakan penerbangan langsung. Jika sudah tiba di bandara, sebaiknya menyewa mobil supaya puas berwisata dengan rombongan. Selamat berlibur!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.