fbpx
Wisata Kalimantan Selatan

Gemerlap Alam Martapura Bagai Intan

Gemerlap Alam Martapura Bagai Intan

Pernah mendengar tentang kota penghasil intan terbesar di Indonesia? Itulah kota Martapura. Ternyata tidak hanya menyimpan kekayaan alam berupa intan yang sangat berharga, Martapura juga punya keindahan lainnya. Gemerlap alam di Martapura tak kalah bersinarnya seperti intan. Bagi petualang alam semestinya mencoba datang ke daerah ini karena ada banyak kenampakan alam yang harus dikunjungi. Berikut ini beberapa objek wisata alam di Martapura yang harus dikunjungi. Martapura merupakan sebuah kota yang berada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Berikut ini tempat wisata alam di Martapura Terbaru yang harus segera dieksplor.

  • Bukit Matang Kaladan

Wisata Alam Bukit Matang Kaladan
@ayodolan

Bukit Matang Kaladan sedang hits di instagram karena bukit ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Nama lain bukit ini adalah Bukit Tiwingan. Lokasinya di Riam Kanan, cukup dekat dari Kota Banjarbaru, lebih tepatnya berada di samping Pelabuhan Tiwingan. Lokasi parkir kendaraan untuk ke tempat ini berada di samping SD Tiwingan. Ada dua jalan untuk menuju lokasi ini yaitu dekat Pelabuhan Tiwingan lalu masuk sedikit ke perumahan penduduk dan melewati jembatan gantung dan sebelum pertigaan menuju pelabuhan sampai di SD tiwingan. Saat tiba di pos penjaga, setiap orang akan dikenakan pungutan tidak resmi sebesar 3000 rupiah. Tempat ini tergolong baru sehingga fasilitas umum masih belum lengkap maka harganya semurah itu. Retribusi tersebut untuk membantu masyarakat sekitar dalam membenahi kondisi kampung mereka.

Trek perjalanan berupa jalan setapak yang menanjak karena pengunjung harus mendaki bukit. Jika datang ke tempat ini pada musim kemarau maka akan terasa panas sehingga harus membawa bekal minuman agar tidak kehausan. Dalam waktu sekitar 30 menit dengan berjalan santai maka Anda akan sampai di puncak bukit. Sesampainya di puncak, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah seperti View Waduk Riam Kanan, delta-delta yang terlihat seperti pulau kecil membuat tempat ini seolah terlihat seperti Raja Ampat di Kalimantan. Ramainya pengunjung di atas bukit pasti menimbulkan keseruan tersendiri. Banyak juga orang yang berkemah di kawasan bukit ini sehingga kalau datang pada pagi atau siang hari pasti melihat bekas-bekas kayu api unggun. Perjalanan menuruni bukit akan terasa lebih berat karena jalan setapak yang berdebu jika dituruni menjadi licin. Untuk itu Anda harus tetap berhati-hati kapan pun dan di mana pun.

  • Hutan Raya Sultan Adam

Wisata Alam Hutan Raya Sultan Adam
@kaunang15

Kawasan ini berada di wilayah Kabupaten Banjar yang berjarak sekitar 15 km dari Banjarbaru. Tempat ini menawarkan keindahan, kesegaran dan kesejukan alam pegunungan yang bisa didatangi dengan menaiki roda dua maupun roda empat. Tahura di Mandiangin ini sangat murah yakni sebesar Rp 2.500 per orang untuk biaya masuknya. Setelah melewati desa Mandiangin, pengunjung akan melewati jalan yang telah diaspal dengan pemandangan pepohonan di sekitarnya. Tidak hanya kesegaran udara, bunyi serangga dan kicauan merdu dari burung-burung liar akan menyambut pengunjung yang datang. Tidak hanya keindahan pegunungan,  tempat ini juga memiliki sungai dan sendang mata air pegunungan yang mengalir jernih. Sebaiknya pengunjung membawa baju ganti, siapa tahu ingin berenang atau bermain air di sendang air atau kerap disebut air terjun oleh penduduk setempat.

Kepoin Yang Ini  Hulu Sungai Selatan, Kecantikan Alam di Kalimantan Selatan

Hutan Raya (Tahura) ini didirikan sebagai upaya konservasi sumber daya alam dan pemanfaatan lingkungan melalui peningkatan fungsi dan peranan hutan di Kalimantan Selatan. Selain itu, tempat ini juga dijadikan sebagai sumber genetik dan plasma nutfah untuk penelitian, pembinaan dan koleksi flora dan fauna. Kawasan Tahura Sultan Adam didominasi flora berjenis Pampahi (Ilexsimosa), Wangun (Evodia spp), Bilayang Putih (Aglaia sp), Palawan (Cratoxylon glaucum), Ulin (Eusideroxylon zwageri), Keranji (Acronychia pedunculata), Mahirangan (Diospyros maingayi), Tarap (Arthocarpus spp) dan Laban (Vitex pubescens). Jenis faunanya antara lain Owa-owa (Hylobates meauleri), Beruang Madu (Helarcetos malayanus), Kijang (Montiacus muntjak), Kuau (Argussines argus), Kilahi (Presbytis kubianda), Rusa (Cervus unicolor), Warik (Macaca sp), Babi Hutan (Sus vitatus) dan Ayam Hutan (Lophura nobilis).

Keunikan lainnya dari lokasi ini yaitu objek wisata bertema Belanda yang berada di atas perbukitan. Pertama, Kolam Belanda yaitu kolam berukuran sekitar 30 meter x 50 meter yang berada di pinggir jalan. Kolam ini bisa untuk berenang atau sekedar bermain air. Menikmati alam Mandiangin dengan jalan kaki sangat dianjurkan karena ada akses menuju air terjun Mandiangin yang tembus ke Kolam Belanda sepanjang 400 meter. Ada juga area Out Bond (Flying fox) dengan panorama yang sangat indah. Banyak para pecinta fotografi yang hunting foto di area ini. Bangunan ala Belanda selanjutnya adalah Benteng Belanda. Anda harus mendaki jalan yang berkelok-kelok untuk sampai di benteng Belanda. Di dekat benteng Belanda, ada sebuah lokasi yang berada dilereng bukit besar yakni spot untuk berburu sunrise. Untuk mendapat momen sunrise sangat disarankan untuk menginap di kawasan ini.

  • Wisata Pasar Terapung Lok Baintan

Wisata Pasar Terapung Lok Baintan
@juraganfoto

Pasar terapung yang berada di Desa Lok Baintan ini mulai menjadi desa wisata. Berbagai fasilitas terus dibangun untuk memudahkan para pengunjung. Selain pasar terapung juga akan dikembangkan agro wisata seperti wisata petik buah langsung dari pohonnya. Untuk menuju pasar terapung Lok Baintan ada beberapa cara yaitu naik Kelotok (Kapal Kecil), naik motor atau mobil, dan gabungan keduanya yakni naik kendaraan dilanjutkan naik klotok. Untuk menuju Pasar Terapung Lok Baintan dengan naik kelotok bisa dari beberapa titik keberangkatan di Banjarmasin yaitu dermaga depan Kodim dan Kantor Gubernur yang merupakan titik keberangkatan paling dekat di pusat kota banjarmasin. Anda bisa pesan Kelotok sehari sebelumnya atau bisa juga langsung datang ke sana karena para pengemudi kelotok sudah standby sejak pukul 4 pagi. Tarif sewa kelotok sekitar Rp. 200.000 hingga Rp. 250.000 tergantung kemahiran bernego harga.

Kepoin Yang Ini  Hulu Sungai Selatan, Kecantikan Alam di Kalimantan Selatan

Jika naik kendaraan dari Banjarmasin, Anda harus melewati jalan Veteran kemudian lurus terus menuju sungai Tabuk. Ada dua alternatif lagi yaitu melalui sungai lulut, ketika sampai di tikungan di sebelah kiri ada Jembatan besi yang melengkung lalu masuk ke situ kemudian lurus hingga tiba di Desa Lok Baintan. Jalan masih berbatu-batu dan sangat rusak sehingga sebaiknya naik motor. Alternatif lainnya yaitu ketika sampai di persimpangan terus saja sampai menemui perempatan jalan tol kemudian belok kiri. Di jembatan besar masuk ke bawah jembatan, ikuti ke arah kiri mengikuti jalan yang rusak. Jika ingin naik kelotok setelah berkendara, sebaiknya menuju Sungai Lulut, setelah turun jembatan melengkung di sebelah kiri akan melihat sebuah masjid, di dekat sana ada dermaga sehingga Anda bisa naik kelotok dengan biaya yang lebih murah yaitu sekitar Rp. 100.00. Para pedagang pasar terapung mulai berdatangan setelah subuh dan mulai bubar sekitar pukur 9 pagi. Pasar terapung ini mengikuti arus air sungai sehingga makin siang pasarnya akan berlayar ke hilir. Jika ingin merasakan sensasi naik jukung (Sampan Kecil) maka Anda bisa ikut naik  jukung pedagang. Cobalah berbicara dengan baik. Pasti mereka dengan senang hati akan menerima Anda. Setelah itu, jangan lupa untuk memberi uang sebagai ucapan terima kasih kepada mereka. Anda harus berhati-hati agar tidak ada barang yang hilang dan jangan mengotori sungai dengan membuang sampah sembarangan.

Kepoin Yang Ini  Wisata Antimainstream di Kalimantan Selatan
Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close

Adblock Detected

Tolong bantu kami dengan mematikan anti iklan. Terima kasih