Gili Gili Eksotis yang Wajib Dikunjungi di Lombok

Gili Gili Eksotis yang Wajib Dikunjungi di Lombok

Gili dalam bahasa suku Sasak di Lombok artinya pulau kecil. Banyak terdapat gili yang indah di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Gili-gili itu menyuguhkan pesona wisata alam yang indah terdiri dari lanskap pantai berpasir putih, ombak yang tenang, dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Kegiatan wisata alam akan semakin seru ditambah dengan wisata kuliner khas berupa seafood segar yang berasal dari laut. Ada banyak gili di Lombok namun yang umum dikunjungi wisatawan adalah Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, dan Gili Nanggu. Butuh waktu minimal 3 hari untuk menikmati semua gili eksotis tersebut. Lama perjalanan laut sekitar 20-30 menit  untuk menuju gili-gili tersebut dalam satu zona. Umumnya dari penyeberangan nelayan yaitu Pulau Lombok ke gili bisa ditempuh selama 30 menit saja. Perjalanan antar gili sekitar 10-15 menit karena jaraknya hanya beberapa ratus meter. Untuk tahu lebih jelas tentang empat gili populer tersebut maka simak terus artikel ini hingga selesai.

Gili Trawangan

Wisata Alam Gili Trawangan

Wisata Alam Gili Trawangan

Lanskap pulau yang masih alami, bersih, dan elok pasti membuat banyak wisatawan betah di pulau ini. Gili Trawangan ini sangat terjangkau dari segi biaya pengeluaran harian seperti penginapan, makanan, layanan pijat, dan lainnya daripada pulau wisata lain di Asia Tenggara juga Bali. Pulau yang lazim disebut “Gili T” ini memiliki panorama pantai yang eksotis dan menawan. Perpaduan langit biru, air laut berwarna pirus berkilau, garis pantai berpasir putih tanpa batas serta pesona matahari terbit dan terbenam sekaligus dalam satu hari di pulau yang sama menjadi daya tarik yang luar biasa. Aktivitas favorit yang dilakukan wisatawan tentunya bersantai sambil leyeh-leyeh. Jika ingin berenang, maka Anda cukup melangkah ke depan penginapan karena laut adalah pekarangan Anda.

Kepoin Yang Ini  Sumbawa Besar Menyuguhkan Bukti KebesaranNya

Bagi pecinta olahraga laut seperti snorkeling atau diving maka Gili Trawangan adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi karena memiliki taman laut yang menakjubkan. Arus laut yang tenang akan menambah kenikmatan saat menyelam sehingga tidak usah khawatir terbawa arus yang berbahaya. Saat menyelam pasti akan menemui hewan-hewan laut yang cantik seperti clown fish, atau biasa disebut ikan nemo. Terumbu karang beraneka warna juga tidak kalah cantik dengan hewan-hewannya. Hal lain yang membuat wisatawan betah adalah keramahan penduduk lokalnya. Mereka murah senyum dan mau diajak berinteraksi sehingga Anda akan merasa seperti di rumah sendiri.

Gili Air

Wisata Alam Gili Air

@balicili

Gili Air menawarkan nuansa eksotis karena pulau ini masih perawan. Sesuai dengan namanya, Gili Air sangat cocok untuk menjadi tempat wisata air seperti snorkeling, diving, atau permainan seru lainnya seperti banana boat. Aktivitas yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan pulau ini adalah bersepeda atau berjalan kaki. Pulau ini kecil sehingga tidak butuh waktu lama untuk menjelajahi setiap sudut pulau ini. Luangkan waktu untuk bercengkrama dengan penduduk lokal yang ramah saat karena hal itu yang membuat Anda betah berlama-lama di pulau ini. Gili Air cenderung masih sepi sehingga keadaan pantai di Gili Air masih sangat bersih dengan pasir putih dan airnya yang jernih. Bersantai di tepi pantai sambil menikmati deburan ombak yang menentramkan juga wajib dilakukan karena Anda akan merasa relaks. Jika suka olahraga, Anda bisa jogging di pagi atau sore hari karena matahari tidak terlalu terik. Pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan wajib diselami, bahkan jika beruntung Anda akan melihat penyu putih yang hidup di sekitar pulau Gili Air. Tidak usah khawatir karena banyak tempat penyewaan alat snorkeling dan diving sehingga Anda tidak perlu repot membawa dari rumah.

Kepoin Yang Ini  Pulau Lombok, Lambang Kecantikan Alam yang Hakiki

Gili Meno

Wisata Alam Gili Meno

@lovelypepa

GIli Meno merupakan pulau terkecil di antara gili-gili populer lainnya sehingga pulau ini juga paling sepi. Jika ingin mengunjungi Gili Meno, Anda bisa naik kapal dari Lombok atau Gili Trawangan dengan kapal umum dari Pelabuhan Bangsal seharga Rp25 ribu per orang dengan waktu tempuh sekitar 25 menit. Jika berangkat dari Gili Trawangan dengan kapal umum seharga Rp23 ribu per orang yang berangkat dua kali setiap hari yakni pukul 09.30 dan 16.00. Sedangkan untuk kapal cepat berangkat satu jam sekali setiap hari dengan harga Rp 85 ribu per orang. Pesona matahari terbit di pulau ini dengan titik terjelas yakni di Jetty Bar. Aktivitas seru yang bisa dilakukan adalah bersepeda atau berjalan kaki santai untuk mengelilingi pulau mungil ini. Setelah melihat matahari terbit, pagi hari adalah waktu yang pas untuk olahraga air karena ombaknya masih sangat tenang.
Tidak perlu khawatir karena wisatawan bisa menyewa peralatan snorkeling dari penduduk setempat. Perairan di sekitar Gili Meno Wall lumayan dalam untuk snorkeling sehingga harus lebih berhati-hati. Jika sudah puas berwisata maka Anda harus berwisata kuliner khas yang nikmat.

Gili Nanggu

Wisata Alam Gili Nanggu

@alfatranslombok.comm

Jika sudah bosan dengan Gili Trawangan yang ramai maka wajib datang ke gili yang masih sangat sepi ini bernama Gili Nanggu. Anda akan merasa seperti di pulau pribadi karena belum banyak didatangi pengunjung. Pulau kecil ini sangat cocok untuk bulan madu karena nuansa romantic dan privat akan didapatkan. Tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini selain bermain di pantai. Gili Nanggu terletak di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok  yang termasuk wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Untuk mencapai Gili Nanggu cukup mudah terutama dari Mataram. Para wisatawan harus pergi menuju Pelabuhan Lembar yang berjarak sekitar 27 km dengan kendaraan lalu naik speedboat selama 35 hingga 45 menit.

Kepoin Yang Ini  Sensasi Keindahan Alam di Sumbawa Barat

Rute lain yang bisa ditempuh yaitu lewat Tawun di Sekotong yang berjarak 47 km dengan kendaraan. Lalu dilanjutkan dengan naik speedboat selama 15 menit. Sekotong bisa didatangi langsung dari Bandara Internasional Lombok (BIL) selama 45 menit sampai satu jam. Gili Nanggu memiliki pantai yang tak kalah cantiknya dengan gili lain. Hamparan pasir yang putih dan lautnya yang biru menjadi suguhan wajib di pulau ini. Suasana yang hening cocok untuk menjadi tempat berbulan madu. Momen sunset merupakan momen terindah di pulau seluas sekitar 8 hektar ini. Jika Anda butuh ketenangan untuk relaksasi dari hingar binger kehidupan kota maka tempat ini sangat cocok. Tersedia fasilitas akomodasi yang modern dan memadai di pulau ini sehingga tidak usah takut akan bosan.

Itulah 4 gili yang sedang hits dikunjungi oleh para wisatawan. Setelah membaca artikel ini Anda pasti tertarik untuk berwisata ke sana bersama teman, keluarga, terutama bersama pasangan untuk berwisata romantis. Segera cek tiket penerbangan dan booking penginapan di gili yang Anda mau. Dijamin kepuasan dan kesenangan akan dibawa pulang. Happy traveling good people!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.