Gorontalo yang Tak Disangka Keindahannya

Gorontalo yang Tak Disangka Keindahannya

Gorontalo, sebuah provinsi yang cukup baru di utara Pulau Sulawesi yakni provinsi ke-32 di Indonesia. Gorontalo memiliki banyak objek wisata yang sangat indah, dahulu mungkin dikenal sebagai bagian dari Sulawesi Utara, namun kini Gorontalo sudah bisa unjuk gigi tentang keberadaan dirinya. Wisata alam yang membuat siapa saja pasti ingin kembali. Pasir putih pantai yang cantik, pulau-pulau yang indah, dan situs sejarah yang mencengangkan. Jika sudah pasti akan memasukkan Gorontalo ke dalam daftar destinasi wisata yang akan dikunjungi maka ketahui terlebih dahulu tentang objek wisata alam unggulan di Gorontalo berikut ini.

  • Pulau Cinta

Wisata Alam Pulau Cinta

@metrotv

Pengantin baru yang ingin bulan madu atau sekedar berlibur romantis berdua dengan pasangan wajib merayakan cinta bersamanya di Pulau Cinta. Bentuk pulau ini unik dan keindahannya tak perlu diragukan lagi. Pulau Cinta populer sejak diadakannya Festival Sail Tomini Boalemo di pulau ini. Setelah itu pulau yang berada di kawasan Pantai Bolihutuo ini tak pernah sepi pengunjung. Akses menuju Pulau Cinta yang tidak susah tepatnya terletak di Kabupaten Boalamo hanya butuh waktu sekitar 2 Jam perjalanan dari Kota Gorontalo. Setelah itu lanjutkan perjalanan di Kabupaten Boalemo, segera meluncur ke Kecamatan Tilamuta menuju Objek Wisata Bolihutuo. Setelah itu Anda hanya perlu menyewa perahu untuk menyebrang ke Pulau Cinta selama  15 menit saja. Pulau ini sangat sepi karena tidak berpenghuni sehingga sangat cocok untuk honeymoon. Hanya ada 15 resort yang bentuknya unik dibuat seperti hati jika dilihat dari atas. Harga resort sangat mahal yakni berkisar 3 hingga 5 juta, namun keindahannya akan membayar lunas semua uang yang telah dikeluarkan.

  • Pulau Saronde

Wisata Alam Pulau Saronde

@ayodolan

Pulau mini ini lokasinya tidak jauh dari Teluk Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Pesonanya sudah mendunia, kecil-kecil cabai rawit bukan?  Pulau Seronde masih alami, bersih, dan jauh dari polusi udara sehingga alamnya siap memanjakan para pendatang. Berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, atau ski air bisa dilakukan di kawasan ini. Air laut yang jernih pasti menggoda siapapun untuk segera menceburkan diri ke dalam laut. Pesona alam semakin indah ditambah dengan keunikan masyarakat yang mendiami pulau ini. Keunikan itu berupa tradisi yang dilakukan pada bulan Juli tak boleh terlewatkan. Akses menuju Pulau Seronde cukup mudah karena jarak antara Kota Kwandang dan Kota Gorontalo hanya 50 km. Setelah tiba di Pelabuhan Kwandang, lanjutkanlah perjalanan ke Pulau ini dengan berlayar sekitar 45 menit. Hebatnya pulau ini gratis sehingga menjadi substitusi menarik jika tak sanggup berlibur ke Pulau Cinta. Puaskan dirimu untuk bermain pasir dan air di pulau seluas 1 km saja. Anda akan merasa seiperti pulau pribadi. Sebaiknya berkemah di pantai ini agar puas menikmati keindahannya. Jika malas berkemah, Anda juga bisa menyewa penginapan di pulau ini lho.

  • Pulau Diyonumo

Wisata Alam Pulau Diyonumo

@ayodolan

Pulau Diyonumo terletaka di Sumalata Timur, Gorontalo Utara yakni tepatnya di Desa Deme 2. Pulau yang masih perawan ini bisa didatangi dengan berlayar sekitar 10 menit dari Desa Deme 2 dengan katinting atau perahu nelayan. Spot foto yang sedang hits adalah dari atas bukit yang pemandangannya sekilas mirip bukit di Pulau Padar. Jika berada di Kota Gorontalo, bisa naik mobil atau motor ke Sumalata selama 2-3 jam perjalanan lalu menyebrang melalui Desa Deme 2. Selamat datang di Pulau Diyonumo dan siap menikmati keindahannya. Kalau mau berlama-lama di pulau ini membawa tenda untuk berkemah dan makanan serta minuman karena tidak ada fasilitas apapun di pulau tak berpenghuni ini. 

  • Pulau Lampu

Wisata Alam Pulau Lampu

@soalpalu

Diberi nama lampu karena pulau ini memancarkan cahaya pada malam hari yang berasal kelip lampu mercusuar di pulau ini. Mercusuar itu bisa didatangi seperti mercusuar yang ada di Bangka Belitung. Pulau Lampu menawarkan keindahan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, dan udara yang sejuk. Sejuk? Ya, di pantai ini tidak seperti pantai pada umumnya yang panas. Air laut yang bening nan menyegarkan pasti menggoda Anda untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Jika tidak bisa berenang atau malas snorkeling, Anda tidak usah sedih karena bisa langsung melihat dasar laut dengan mata telanjang karena air laut yang begitu bening seperti kaca. Banyak hal menarik di pulau ini, salah satunya adalah rumah tua peninggalan zaman Belanda yang tentunya instagramable. Selain snorkeling atau diving, Anda bisa memancing atau mencoba jet ski.

  • Air Terjun Didingga

Wisata Alam Air Terjun Didingga

@like_celebest

Air Terjun Didingga berada di Desa Didingga, Kecamatan Tolinggula yang bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan dari Kota Gorontalo. Jika sudah berada di desa Didingga, lanjutkan perjalanan dengan treking sekitar 3 km untuk menuju lokasi air terjun. Treking yang jauh tidak akan terasa melelahkan karena panorama alam sepanjang jalan sangat indah, asri, dan sejuk. Kicauan burung-burung yang merdu akan menemani Anda juga sepanjang perjalanan. Setibanya di lokasi air terjun, derasnya air terjun akan menyambut Anda sehingga pasti sudah tidak tahan untuk bermain air. Jika tidak bisa berenang sebaiknya rendam kaki saja karena air kolam alami di bawah air terjun cukup dalam.

  • Pantai Dunu

Wisata Alam Pantai Dunu

Wisata Alam Pantai Dunu

Pantai Dunu terletak di Kabupaten Gorontalo Utarata. Pantai ini ramai dikunjungi oleh banyak orang dari Gorontalo maupun luar Gorontalo terutama pada akhir pekan dan hari libur nasional. Pantai dengan ombak yang ramah ini cocok untuk berenang, main pasir, atau sekedar bercengkrama dengan keluarga atau teman. Jangan lupa untuk berfoto karena keindahan pantai ini wajib diabadikan. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada sore hari karena panorama sunset pantai ini sangat indah. Pantai Dunu belum menyediakan fasilitas apapun sehingga kalau ingin berlama-lama di pantai ini maka Anda harus membawa bekal makanan dan minuman. Akses menuju Pantai Dunu cukup mudah. Pantai ini lokasinya tidak jauh dari Kota Gorontalo, hanya butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di pantai ini. Lokasinya di Desa Dunu, Kecamatan Anggrek. Pantai ini bisa didatangi dengan naik kendaraan roda dua atau roda empat. Akses jalan sudah bagus sehingga mempermudah siapapun yang mau datang ke pantai ini.

Kepoin Yang Ini  Manado Jo Ngana Punya Alam Indah

Sudah yakin untuk berwisata ke Gorontalo setelah melihat cuplikan beberapa tempat indah? Jika sudah yakin maka segera cari tiket pesawat ke sana jika Anda tinggal di luar daerah Gorontalo dan sekitarnya. Jika Anda sedang mencari referensi tempat untuk honeymoon sepertinya bisa mencontek dari artikel ini. Romantisme Gorontalo harus dibuktikan sendiri bersama pasangan karena hanya sekedar melihat gambar tidak akan memuaskan hasrat untuk bersenang-senang. Siapkan hal-hal yang dibutuhkan agar tidak menjadi kendala apapun yang menganggu liburan Anda. Hilangkan semua resah dengan berwisata ke Gorontalo saja!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.