fbpx
Wisata Kalimantan Selatan

Hulu Sungai Selatan, Kecantikan Alam di Kalimantan Selatan

Hulu Sungai Selatan, Kecantikan Alam di Kalimantan Selatan

Mungkin banyak orang yang tidak tahu tentang Hulu Sungai Selatan. Ini adalah sebuah kabupaten di Kalimantas Selatan yang memiliki ibu kota bernama Kandangan. Hulu Sungai Selatan (HSS) menawarkan kecantikan alam yang terkadang luput dari pandangan. Banyak kenampakan alam yang potensial untuk dijadikan tempat wisata, namun karena masih sangat minim publikasi sehingga tak banyak orang yang mengenal HSS. Mau tahu ada apa saja di daerah ini? Yuk ikuti terus artikel ini sampai selesai.

  • Rampah Menjangan

Wisata Alam Rampah Menjangan
@ryn_iskndr

Air terjun Rampah Menjangan terletak di Desa Loapanggang, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Rampah Menjangan menjadi populer setelah masuk acara “My Trip My Adventure”. Lokasinya cukup jauh dari ibu kota Kandangan sehingga harus melakukan beberapa persiapan. Medan yang harus dilalui untuk sampai di tempat ini cukup sulit. Dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dengan sepeda motor dari Kandangan untuk sampai di kawasan wisata Loksado. Biaya retribusi tempat ini sekitar 6 ribu rupiah untuk 1 orang atau 10 ribu untuk 1 buah sepeda motor. Anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai di kaki gunung menuju air terjun. Anda akan melihat Sungai Amandit yang menyegarkan, jika ingin mampir sebentar juga bisa. Jika baru pertama kali masuk kawasan ini, sebaiknya menyewa Tour Guide yang merupakan penduduk asli desa Loapanggang dengan biaya sekitar 150.000 yang tentunya bisa ditawar.

Anda bisa beristirahat jika lelah di Balai Adat Malaris. Dari tempat tersebut harus berhati-hati karena jalannya sempit dengan medan curam. Salah satun sisi dibatasi oleh tebing, namun sisi lainnya dihadapkan dengan jurang. Adrenalin akan semakin diuji saat melewati 5 buah jembatan kayu yang lebarnya kira-kira 0,5 meter tanpa sekat pengaman di kedua sisinya dan di bawahnya ada sungai yang mengalir cukup deras. Sebaiknya berjalan kaki melewati akses ini, namun bagi yang berani naik motor bisa dicoba. Selain itu Anda juga harus melewati lereng dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Namun semua rintangan yang dilalui akan terbayar lunas ketika merasakan kesejukan air terjun. Anda harus membawa baju ganti karena akan rugi jika tidak berendam dan bermain air di tempat ini. Rasa lelah dan takut sepanjang perjalanan harus dibayar dengan kesegaran air terjun ini.

  • Riam Hanai

Wisata Alam Riam Hanai
@mtma_kalsel

Riam Hanai adalah nama sebuah air terjun yang terletak di desa Loklahung, Kecamatan Loksado. Air Terjun ini termasuk dalam kawasan Balai Adat Malaris. Ketinggian air terjun mencapai 4 meter, namun harus berhati-hati karena terdapat palung yang dalam di bagian bawah kolam alaminya. Bentuk air terjun ini berkelok dari kejauhan dan terletak agak tersembunyi karena tertutupi dinding batu. Jalan menuju air terjun ini relatif mudah karena bisa dilalui kendaraan roda dua yang dilanjutkan dengan berjalan kaki beberapa meter saja. Suasana yang sepi, panorama alam yang indah, dan air terjun yang segar menjadi suguhan mewah di tempat ini.

Kepoin Yang Ini  Gemerlap Alam Martapura Bagai Intan

Anda hanya harus membayar retribusi seharga Rp 5.000 per orang. Tempat ini sangat rindang karena dikelilingi hutan tropis sehingga siapa pun akan merasa sejuk dan nyaman. Kalau berani Anda bisa menyeberangi sungai namun harus berhati-hati. Jika tidak berhati-hati, mungkin Anda akan terpleset batu-batu di tengah sungai yang bisa membuat Anda terseret arus. Air terjun dengan sebuah riam di bawahnya ini pasti membuat siapapun ingin segera berendam di dalam riam tersebut. Air yang sangat dingin pasti akan membuat nyaman dan sejuk sehingga rasa penat akan hilang seketika. Air terjun ini hanya berupa air terjun kecil yang menerobos bebatuan dan membentuk gerojokan. Walau tidak sebesar Niagara namun riam ini wajib dikunjungi kalau berada di HSS. 

  • Bukit Halinjuangan

Wisata Alam Bukit Halinjuangan
@shantykinyes

Bukit Halinjuangan letaknya berdekatan dengan Bukit Pahlawan. Karena tempat ini sedang ngehits atau naik daun maka setiap akhir pekan pasti ramai diserbu pengunjung. Bukit Halinjuangan ini mengikuti konsep gardu pandang yang sedang digemari seperti Jurang tembelan yang ada di Bantul. Bukit ini menjadi area spot yang instagramable sehingga anak-anak muda pasti suka berfoto di sini. Spot selfie terbaik di tempat ini berupa perahu besar di atas bukit. Bukit Halinjuangan terletak di Jalan Brigjen Hasan Basri, Desa Mawangi, Kecamatan Padang. Berjarak sekitar 14 km dari pusat Kota Kandangan yang bisa ditempuh selama 30 menit. Untuk sampai di lokasi Bukit Halinjuangan, Anda harus tracking selama 15-30 menit menuju puncak. Rasa lelah akan segera hilang karena pemandangan yang tersaji di puncak begitu indah. Panorama hijau pegunungan menjadi background foto yang sangat menarik, ditambah udara di Puncak Halinjuangan sangat sejuk, benar-benar khas pegunungan. Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang. Jika membawa kendaraan maka biaya parkir Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

  • Gunung Kentawan

Wisata Alam Gunung Kentawan
@sany.sofyan

Gunung yang menjadi lambang kawasan Loksado ini letaknya strategis dan keindahannya bisa dilihat dari berbagai penjuru. Gunung ini merupakan salah satu kawasan hutan lindung di Hulu Sungai Selatan berbentuk gunung batu yang ditumbuhi pepohonan disekelilingnya. Kawasan ini berjarak sekitar 28 Km dari kota kandangan yang bisa didatangi dengan berjalan kaki melewati Desa Lumpangi, Muara Hanip atau Datar Belimbing (Hulu Banyu). Gunung seluas sekitar 245 hektar ini memiliki aneka jenis flora dan fauna seperti anggrek hutan dan bekantan. Benar-benar area yang menawarkan keindahan Kalimantan yang sesungguhnya.

  • Tebing Batu Laki

Wisata Alam Tebing Batu Laki
@uziesenga51_

Tebing Batu Laki berada di antara desa Malutu dan Desa Batu Laki yang berjarak

Kepoin Yang Ini  Gemerlap Alam Martapura Bagai Intan

sekitar 14 kilometer dari kota Kandangan tepatnya di kawasan Pegunungan Meratus. Pemandangan matahari terbit dan tenggelam di puncak gunung ini sangat indah. Gunung ini berupa gunung batu kapur berukuran besar yang di area bawahnya bisa dipakai untuk berkemah, membuat api unggun dan makan bersama sambil menikmati riak air Sungai Amandit yang bening. Para pengunjung juga menyaksikan para pembawa lanting paring (rakit bambu) untuk dijual ke Kota Kandangan jika beruntung. Tebing ini sebenarnya adalah gunung yang memiliki pasangan yaitu Gunung Batu Bini yang letaknya berdekatan. Konon kedua gunung tersebut merupakan kutukan seorang ibu yang sakit hati karena anaknya durhaka. Ceritanya mirip seperti Malin Kundang yang lupa dengan ibunya karena menikah dengan wanita kaya raya. Anak laki-laki itu dan istrinya dikutuk oleh sang ibu karena durhaka. Entah kebenaran cerita itu benar atau tidak, hal terpenting adalah tebing gunung ini sangat indah sehingga sering dijadikan lokasi untuk panjat tebing bagi orang-orang yang menyukai tantangan.

  • Pemandian air panas Tanuhi

gambar dari wisatahore.com

Adalah salah satu objek wisata yang ada di pegunungan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Kalimantan Selatan. Untuk menuju ke tempat tersebut sangat mudah, karena dapat ditempuh melalui darat. Jaraknya sekitar 34 km dari pusat kota Kandangan, bisa juga menggunakan mobil pribadi ataupun angkutan pedesaan yanng ada di kota Kandangan. Tepat di pertigaan desa Hulu Banyu, belok kiri setelah melalui jembatan ulin. Dari pertigaan tersebut hanya sekitar 750 meter, letaknya tepat berada di lembah pegunungan Loksado. Dari pintu masuk, ada jembatan beton penghubung dari jalan ke lokasi wisata. Di dalam Objek wisata Air Panas Tanuhi ini fasilitasnya lengkap, dari Cottage Type A dan B, Gazebo, aula untuk pertemuaan, kolam renang, kolam berendam, kolam air panas dari panas alam, cafetaria, lapangan tenis dan tempat bermain anak. Serta pemandangannya yang masih alami dikelilingi oleh hutan tropis serta pegunungan meratus. Dan ada 4 kolam yang ditawarkan.

Kepoin Yang Ini  Wisata Antimainstream di Kalimantan Selatan

Itulah beberapa tempat dari sekian banyak objek wisata alam yang indah di HSS. Jika Anda tidak percaya maka sebaiknya datang sendiri ke tempat-tempat itu. Kalau benar-benar indah sesuai cerita ini pasti Anda ingin kembali ke sana. Happy traveling!

 

Wisata Alam Lainnya :

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close

Adblock Detected

Tolong bantu kami dengan mematikan anti iklan. Terima kasih