Jalan-Jalan Ke Solo Memang Apik Tenan

Berbagai tempat yang indah ditambah keramahan masyarakatnya membuat para wisatawan pasti betah untuk berlama-lama di Solo. Daya tarik wisata alam di Solo tidak kalah kuat dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Jalan-Jalan Ke Solo Memang Apik Tenan

Walaupun Solo sudah termasuk daerah yang maju, namun masih banyak tempat alami yang bisa dikunjungi untuk melepas penat dan stress karena pekerjaan. Berikut ini beberapa objek wisata alam di Solo yang wajib dikunjungi.

  • Grojogan Sewu

Wisata Alam Grojogan Sewu

@jodi_perwira

Grojogan Sewu harus menjadi destinasi pertama yang dikunjungi saat berada di Solo. Air terjun yang disebut Grojogan ini berada di kawasan wisata Tawangmangu. Keindahan alam dan udara yang sejuk menjadi keunggulan dari Grojogan Sewu. Suara gemuruh air akan terdengar jelas karena berasal dari air terjun yang memiliki tinggi 81 meter. Pepohonan yang rimbun, pegunungan yang ciamik dan udara sejuk akan selalu menjadi teman untuk bertualang di kawasan ini. Sekawanan monyet yang jinak akan membuat petualangan Anda semakin seru karena bisa bermain bersama mereka. Tebing bebatuan yang tinggi di area Grojogan Sewu seolah mendekap Anda untuk berlama-lama di tempat ini. Jika ingin bersantai maka Anda bisa melakukannya di tempat landasan air yang berbatu sambil merasakan jernihnya air yang mengalir deras.

Jika ingin memotret pemandangan dari ketinggian maka Anda bisa naik ke jembatan yang memang biasa dijadikan spot untuk berfoto dan memotret pemandangan. Kemegahan air  terjun akan tampak sangat jelas. dan menawan. Tempat yang tak jauh dari pusat kota ini sering menjadi tujuan utama bagi para pecinta alam. Jarak tempuh tempat ini dari pusat kota hanya sekitar 37 km sehingga tempat ini sering ramai dikunjungi karena letaknya yang tidak terlalu jauh. Harga tiket masuk yang cukup murah juga menjadi alasan tempat ini banyak dikunjungi yaitu hanya Rp 15.000 per orang untuk turis lokal. Sedangkan untuk turis mancanegara sebesar Rp 160.000 per orang. Setelah membayar tiket Anda harus berjalan sekitar 300 meter untuk sampai di lokasi air terjun. Jalurnya sudah bagus sehingga tidak usah takut saat berjalan di sana. 

  • Agrowisata Lembah Hijau Jaten

Agrowisata Lembah Hijau Jaten

@arvitaku

Rumput hijau yang membentang luas menjadi ciri khas dari Lembah Hijau Jaten. Tempat ini bisa menghilangkan stress dan penat karena banyak hal seru yang bisa dilakukan. Aktivitas utama yang menyenangkan yaitu belajar menanam berbagai jenis tanaman dan belajar untuk membuat pupuk organik. Tidak hanya bertani, Anda juga bisa belajar beternak dengan memeras susu sapi. Jika sudah lapar dan haus maka Anda bisa mencoba kuliner di kafetaria yang ada di tempat itu. Tiket masuk Agrowisata ini hanya Rp 3000 per orang. Agrowisata yang terletak di Karanganyar ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Jika ingin berwisata ke tempat ini maka Anda harus menuju kota Solo dengan naik bus, kereta, atau pesawat. Jika sudah sampai di Solo maka pergilah ke Tawangmangu dengan naik mobil atau motor sewaan. Terdapat papan penunjuk jalan menuju lembah hijau ini sehingga tidak usah khawatir tersasar.

  • Air Terjun Jumog

Wisata Air Terjun Jumog

@jogjajateng

Air Terjun Jumog berada di Desa Berjo, Karanganyar dengan ketinggian sekitar 30 meter. Tiket masuk air terjun ini juga hanya Rp 3000 per orang. Dengan biaya parkir motor sebesar Rp 1.000 dan mobil sebesar Rp 3.000 tanpa hitungan jam. Pemandangan alam yang segar dan hijau menjadi keindahan yang akan dirasakan. Kicauan burung yang merdu menjadi alunan musik alami yang akan menemani perjalanan. Tak jarang muncul pelangi di sekitar Air Terjun Jumog ini sehingga air terjun ini akan semakin elok dipandang. Air terjun ini kerap disebut “Surga yang Hilang” karena keindahannya yang tiada tara. Saat ini telah dibangun berbagai fasilitas seperti arena permanainan anak, gazebo untuk istirahat, kolam renang, dan rumah makan yang membuat wisata Anda akan semakin seru. Serpihan surga ini buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

  • Air Terjun Segoro Gunung

Wisata Alam Air Terjun Segoro Gunung

@putri.damarjati

Satu lagi tempat wisata alam di Karanganyar, tepatnya di Desa Segoro Gunung, Kecamatan Ngargoyoso. Di sana kamu bisa merasakan betapa indahnya pemandangan alam dengan suasana hijau dan jernihnya air terjun yang turun di sekitar Gunung Lawu. Ketinggian Air Terjun Segoro Gunung adalah sekitar 20 meter. Dengan ketinggian seperti itu, kamu juga bisa menikmati susunan batu yang ditata secara rapi dan melukiskan keindahan alam yang sesungguhnya. Jika berada di bawah air terjun, kamu bisa memandang langit biru kehijauan. Air Terjun Segoro Gunung juga sering dijadikan sebagai lokasi perkemahan para siswa yang melakukan kegiatan pramuka. Mahasiswa pecinta alam juga sering memanfaatkan tempat ini untuk berwisata. Dan masih banyak obyek wisata di sekitar Air Terjun Segoro Gunung yang bisa kamu nikmati, misal kebun stroberi, kebuh teh, dan lain-lain. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

  • Air Terjun Parang Ijo

Wisata Air Terjun Parang Ijo

@johanumfrimhrrm

Air terjun yang terletak di lereng Gunung Lawu ini tingginya sekitar 50 meter. Keindahannya bisa dirasakan di dekat air terjun secara langsung atau dari gardu pandang yang biasa didatangi untuk memotret pemandangan secara keseluruhan dari ketinggian. Gardu pandang berada di atas bukit sehingga cukup melelahkan untuk sampai di sana. Berbagai fasilitas juga tersedia di tempat ini antara lain kolam renang, flying fox, taman bermain, dan lain-lain. Tiket masuk air terjun seharga Rp 2500 per orang. Untuk berkunjung ke tempat ini maka Anda bisa menuju area Candi Cetho yang dekat dari Gunung Lawu. Sebaiknya naik kendaraan pribadi atau sewa angkutan umum untuk menuju tempat ini.

  • Goa Gong

Wisata Alam Goa Gong

@e.l.i_kurniasih

Selain air terjun yang indah, Solo juga memiliki goa yang bernama Goa Gong. Keindahan staktilit dan stakmilit di sekitar dinding dan atap goa akan menemani para pengunjung saat berada di goa ini. Di dalam goa terdapat 7 mata air yang airnya sangat jernih. Keindahan itu bisa dinikmati karena di dalam goa ini diletakkan lampu-lampu dengan aneka warna. Tidak seperti goa lainnya yang cukup sulit treknya tetapi di goa ini sudah terdapat tangga-tangga permanen yang membuat pengunjung akan merasa aman dan nyaman. Dekorasi alam di dalam goa akan terlihat seperti emas yang bersinar. Destinasi yang unik ini tentunya tidak boleh dilewatkan untuk menjelajahi Solo.

Kepoin Yang Ini  5 Objek Wisata Rembang Terbaik Tahun 2018

Itulah beberapa destinasi wisata alam unggulan di Solo yang tak akan membuat kecewa. Jika Anda berjiwa petualang maka tempat-tempat ini harus didatangi saat berada di Solo. Tak sulit untuk dicapai dan harganya pun terjangkau sehingga sangat mungkin untuk datang ke tempat-tempat ini. Buatlah momen berharga dan terlupakan di Solo dengan traveling ke objek wisata alam yang indah.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.