Jayapura Wajib Jaya Saat Berada di Sini

Jayapura Wajib Jaya Saat Berada di Sini

Kota Jayapura merupakan ibukota  Provinsi Papua yang cukup terkenal. Kota ini diam-diam menyimpan berbagai pesona alam yang menakjubkan sehingga masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Berbagai objek wisata ada di kota ini antara lain situs bersejarah, spot foto, air terjun, dan pegunungan yang memanjakan mata. Jangan sampai terlupa untuk wisata kuliner karena kelezatannya pasti akan berkesan. Jika punya rencana liburan ke Jayapura, maka utamakan untuk berwisata di tempat-tempat wisata alam karena keindahannya tak akan mengecewakan. Jika belum tahu harus ke mana saja maka artikel ini akan membantu Anda untuk memberi solusi wisata yang indah dan seru. Berikut ini beberapa tempat wisata unggulan di Jayapura.

  • Air Terjun Cyclop Sentani

Wisata Alam Air Terjun Cyclop Sentani

@chakenhamadi

Lokasi yang tidak terlalu jauh dari Jayapura yakni hanya sekitar 25 km yang bisa ditempuh selama 20 menit hingga 30 menit membuat air terjun ini wajib dikunjungi saat berada di Jayapura. Dari kota Sentani, Anda bisa naik motor atau mobil sewaan menuju pengolahan PDAM sekitar 4 km saja. Jika sudah sampai di kawasan itu, maka titipkan kendaraan Anda di rumah warga setempat karena tidak ada lahan parkir di tempat wisata itu. Setelah itu berjalan kaki sejauh 2 km dengan melintasi trek yang terjal pasti cukup menguras keringat. Setelah berjalan sekitar 1 km akan bertemu dengan batu-batu besar dan aliran air yang berasal dari Air Terjun Cyclop yang berada di atasnya. Kesejukan menjadi suguhan yang pasti bisa dinikmati di tempat ini. Jika ingin melihat air terjun secara langsung maka Anda harus melanjutkan perjalanan sekitar 300 meter saja. Voila, Anda akan melihat tebing batu yang tinggi dialiri dengan air terjun yang menyegarkan jiwa dan raga. Sudah lelah berjalan maka mandi atau sekedar bermain air wajib dilakukan di tempat ini. Jadi bawalah baju ganti karena baju yang dipakai pasti akan basah.

  • Teluk Youtefa

Wisata Alam Teluk Youtefa

@uthinsasarari

Teluk Youtefa wajib menjadi tujuan wisata saat berada di Jayapura. Anda tidak boleh melewatkan taman wisata alam yang menyita perhatian banyak orang. Keindahan lautnya bagaikan surga karena ada pulau-pulau kecil yang mengambang di atas laut yang warnanya sangat indah. Air laut di kawasan pantai ini memiliki gradasi warna biru muda hingga biru tua yang sangat menakjubkan untuk dilihat. Luas Teluk Youtefa sekitar 1.675 hektar yang ternyata berada di tengah-tengah Teluk Yos Sudarso. Teluk ini terletak di Enggros, Wai Mhorock, Abepura. Dari pusat kota hanya perlu waktu sekitar 15 menit untuk sampai di teluk ini. Berdiri dari atas bukit yang ada di dekat teluk adalah spot terbaik untuk menikmati pemandangan yang sempurna. Anda bisa menghirup udara khas pantai yang menyegarkan.

  •  Danau Sentani

Wisata Alam Danau Sentani

@pacetokikasar

Danau terkenal ini terletak di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops. Danau raksasa ini memiliki 22 pulau-pulau kecil di dalamnya. Saking besarnya danau ini sehingga bisa terlihat dari udara ketika naik pesawat. Jika ingin berkunjung ke pulau-pulau di dalamnya, Anda bisa menyewa motorboat di sebuah desa yang ada di dekat danau. Ada 24 desa di dalam danau ini yang tentunya tidak akan bisa dikunjungi semuanya. Jika mengunjungi beberapa pulau, maka belilah kerajinan tangan lokal dan cicipi hidangan kuliner di sana seperti papeda dan olahan ikan. Pulau yang sering dikunjungi wisatawan adalah pulau Asei. Kebetulan penduduk Asei banyak yang menjual kerajinan khas berupa ukiran kayu dan lainnya. 30 jenis ikan ada di danau ini. Anda bisa menyaksikan penduduk sekitar yang menangkap dan mengolah ikan, sesuatu yang unik untuk diamati. Pada bulan Juni setiap tahunnya diadakan festival yaitu atraksi penduduk lokal dan tarian perang.

  • Pantai Base G

Wisata Alam Pantai Base G

@christinamurni

Pantai G Base memiliki pemandangan yang jarang ditemui di pantai lainnya. Berada di dekat pusat sehingga pantai ini sering dikunjungi oleh wisata yang datang ke Jayapura dan juga penduduk lokal. Pasir putih dan air laut yang sangat jernih memang menjadi ciri khas pantai-pantai di Papua terutama Pantai G Base ini. Pantai ini juga memiliki banyak cerita sejarah perjuangan terutama pada masa Perang Dunia ke 2 sehingga pantai ini dinamakan G Base karena dahulu menjadi base camp militer. Pantai Base G letaknya di Tanjung Ria, Jayapura Utara. Jika sudah berada di Kota Jayapura hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai di pantai ini. Ombak pantai ini sangat besar sehingga dibuat karang pemecah ombak sehingga ombak yang sampai di pantai tidak terlalu besar. Tariff wisata di tempat ini berkisar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 saja. Namun jika membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir yang sangat mahal yaitu Rp 50.000 per mobil dan Rp 20.000 per motor.

  • Pantai Yacoba

Wisata Alam Pantai Yacoba

@dessybano

Pantai Yacoba berada di balik tebing sehingga tidak terlihat oleh banyak orang. Tak heran jika banyak orang yang belum tahu keberadaan pantai ini. Lokasinya di belakang tebing membuat lokasi wisata ini sulit dijangkau. Pantai ini berada di kawasan Argapura, Jayapura Selatan. Jika berada di Jayapura maka Anda wajib datang ke pantai ini dengan mengintip pantai tersembunyi ini secara langsung.

  • Pantai Harlem

Wisata Alam Pantai Harlem

@irfanharr

Pantai Harlem lokasinya sangat jauh dari keramaian kota. Lokasi yang terpencil menjadi salah satu penyebab pantai ini jarang dikunjungi. Justru karena itu keindahan alam pantai ini menjadi sangat indah karena jarang terjamah oleh manusia. Lokasi pantai ini tepatnya di kawasan Desa Tablanusu di Distrik Depapre. Pantai ini berjarak sekitar 48 km dari Kota Jayapura. Sebaiknya menyewa kendaraan mobil untuk datang ke tempat ini karena jauhnya lokasi pantai yang mungkin akan membuat Anda lelah. Tenang saja, semua akan terbayar lunas dengan keindahan yang ada di Pantai Harlem.

  • Bukit Jayapura

Wisata Alam Bukit Jayapura

@vianhamdja

Jika suka dengan sunset maka untuk menikmati momen sunset yang indah di Kota Jayapura maka datanglah ke Bukit Jayapura. Pemandangan kota yang menarik dan indah serta pesona langit sunset yang berwarna jingga akan menjadi pelengkap kebahagiaan Anda. Jangan pernah lupa untuk berfoto karena tempat ini sangat layak untuk dijadikan spot foto. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit perjalanan dari pusat kota Jayapura untuk tiba di bukit yang terletak di Polimak ini. Bukit ini tidak sulit untuk didaki karena hanya bukit yang tingginya kurang dari 500 MDPL. Pada zaman now, para pemuda pasti suka mencari tempat yang instagramable sehingga pantai ini menjadi spot yang sangat instagramable di Jayapura.

Kepoin Yang Ini  Fakfak, Keindahan Alam di Timur Indonesia

Demikianlah pembahasan tentang objek wisata alam di Jayapura. Jika berkesempatan untuk datang ke sana maka Anda harus meluangkan waktu untuk datang ke beberapa tempat wisata. Bisa juga memang merencanakan wisata ke sana, tetapi yang harus diingat bahwa harga tiket pesawat ke Jayapura sangat mahal sehingga rajinlah menabung sebelum berwisata ke Jayapura.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.