Jejak Alam di Palangkaraya yang Harus Ditelusuri

Jejak Alam di Palangkaraya yang Harus Ditelusuri

Anda pasti sudah sering mendengar wacana bahwa ibukota Indonesia akan dipindah ke Palangkaraya. Ibukota provinsi Kalimantan Tengah ini ternyata punya banyak tempat wisata alam yang harus ditelusuri. Jika wacana benar-benar direalisasikan maka kota ini wajib dikunjungi untuk mengenali lebih dalam. Kota ini menjadi tempat persinggahan orang-orang yang akan bepergian atau berwisata ke kabupaten atau kota-kota kecil di sekelilingnya. Jika dari pulau lain tentu harus terbang menuju Palangkaraya barulah bisa menjelajahi daerah lainnya dengan perjalanan darat. Berikut ini beberapa objek wisata alam yang harus dikunjungi di Palangkaraya dan sekitarnya.

  • Taman Nasional Sebangau

Wisata Alam Taman Nasional Sebangau

@kementerianlhk

Salah satu hutan rawa gambut yang masih tersisa di Kalimantan ini juga dikenal sebagai ekosistem khusus air hitam. Disebut demikian karena ekosistem ini berasal dari bahan-bahan organic yang membusuk di rawa gambut sehingga airnya menghitam yang justru menjadi habitat menarik untuk beberapa organisme. Area seluas 568.700 hektar ini menjadi rumah yang nyaman untuk orangutan, 25 jenis mamalia lainnya, 116 jenis burung, 36 jenis ikan, dan 166 jenis flora. Selain menikmati udara yang sejuk, pemandangan yang hijau tentu saja Anda bisa memotret berbagai fauna yang unik tersebut. Jangan sia-siakan momen langka itu karena aura khas Kalimantan akan benar-benar terasa saat berada di tempat ini.

  • Danau Tahai

Wisata Alam Danau Tahai

@redyindra

Danau unik ini memiliki 2 versi cerita asal mula keberadaannya. Pertama, danau ini terbentuk akibat penambangan pasir sehingga tercipta cekungan yang terisi air hujan. Kedua, konon Danau Tahai terbentuk karena perubahan air Sungai Kahayan yang menyebabkan cekungan sehingga aliran sungai mengendap di dalam cekungan tersebut. Tak heran danau ini disebut danau dataran danau karena bentuknya dan area hutan gambut yang luas di sekelilingnya. Aroma khas hutan akan membawa kesejukan saat berada di danau ini. Jika Anda termasuk petualang maka sebaiknya menelusuri hutan tesebut sehingga mungkin bisa tahu penyebab air Danau Tahai berwarna merah yakni akar-akar gambut yang hidup di hutan. Ada keunikan lainnya dari danau ini yaitu keberadaan rumah terapung yang disebut rumah lanting.

  • Sungai Kahayan

Wisata Alam Sungai Kahayan

@deny_krisbiyantoro

Inilah sungai yang disinyalir menjadi penyebab terbentuknya Danau Tahai. Sungai Kahayan merupakan sungai terluas di Kalimantan dengan luas sekitar 81.000 km persegi. Sungai ini sangat unik karena bentuknya menyerupai teluk yang menjorok ke daratan. Sungai yang dalam dan proses sedimentasi di bibir sungai membuat area di sekeliling sungai menjadi dangkal. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan kehidupan suku dayak asli di sana sambil menikmati keindahan panorama alam. Jika ingin merasakan keindahan lebih mendalam maka susuri sungai ini dengan menyewa perahu warga setempat. Dijamin akan ada kenangan manis yang dibawa pulang dari sana.

  • Pantai Ujung Pandaran

Wisata Alam Pantai Ujung Pandaran

@fitrisaltinah

Selain hutan, tentu saja Palangkaraya memiliki keindahan dalam bentuk lain. Pantai Ujung Pandaran salah satu keindahan itu. Lokasinya di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit berjarak sekitar 80 km dari Sampit. Lokasinya yang jauh ini tidak akan membuat Anda menyesal saat mengunjunginya. Pantai ini selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan terutama pada hari libur nasional atau libur sekolah. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah pada sore hari karena panorama sunset di pantai ini sangat indah. Keunikan pantai ini yaitu terdapat makam seorang ulama besar di dekat pantai ini sehingga tak hanya wisata alam namun area ini juga menjadi wisata religi. Banyak umat muslim dari berbagai daerah di Kalimantan Tengah yang datang berziarah, kemudian dilanjutkan dengan menikmati panorama pantai yang indah.

  • Taman Nasional Bukit Raya

Wisata Alam Taman Nasional Bukit Raya

@christin_ola

Tempat wisata ala mini menjadi habitat perlindungan hewan-hewan khas Kalimantan. Ada hewan endemik apa saja di sana? Ada beruk sikan seluang sejenis orangutan, baung adung, dan lainnya. Inilah wujud Kalimantan yang sesungguhnya. Image hutan yang lebat memang benar adanya di tempat ini. Baka yang merupakan singkatan dari Bukit Raya ini kerap menjadi sebutan untuk taman nasional ini. Lokasinya berada di perbatasan Kalimantan Tengah dan Barat berperan penting dalam keberlangsungan ekologis di dua wilayah yaitu Sungai Melawi di Kalimantan Barat dan Sungai Katingan di Kalimantan Tengah. Tak hanya fauna endemic, di taman ini juga ada flora-flora endemic sejumlah 817 jenis seperti anggrek hutan, raflesia arnoldi, dan masih banyak lagi. Selain hutan, di tempat ini juga ada area arung jeram, sumber air panas, dan air terjun Demang Ehud.

  • Taman Nasional Tanjung Puting

Wisata Alam Taman Nasional Tanjung Puting

@kementerianlhk

Taman nasional yang mendunia karena dinobatkan sebagai cagar alam biodiversity terlengkap di dunia oleh UNESCO. Taman nasional ini terletak di Teluk Pulai, Waringin. Tanjung Putting ini sering didatangi oleh berbagai peneliti alam dan biologi dari berbagai negara. Keberadaan orang utan yang menjadi ciri khas Indonesia dan Kalimantan ini memang dibudidayakan di tempat ini. Berlokasi di Pangkalan Bun maka masyarakat setempat mengais rezeki dari sektor pariwisata. Masa paling ramai (high season) di kawasan ini yaitu Juli hingga Agustus yang berbarengan dengan hari libur kenaikan kelas anak-anak sekolah. Taman nasional ini berupa hutan alami sehingga wajib membawa lotion anti nyamuk agar tidak tergigit nyamuk yang berbahaya. Wisata di tempat ini berupa penyusuran Sungai Sekonyer yang airnya berwarna merah kecoklatan karena pengaruh tanaman bakau. Saat menyusuri sungai maka Anda akan melihat berbagai jenis primate termasuk monyet berhidung panjang yakni bekantan yang merupakan khas Kalimantan. Jangan lupa untuk mengabadikan hewan-hewan langka tersebut karena Anda tidak akan bisa menemukan mereka di tempat lainnya. Rute menuju tempat ini yaitu dimulai dari Pangkalan Bun dengan naik kendaraan selama 15 menit maka Anda akan sampai di lokasi yang dekat dari taman nasional. Perjalanan dilanjutkan dengan naik perahu tradisional bernama klotok selama 2 jam atau naik speed boat hanya 1 jam perjalanan.

  • Pantai Benteng

Wisata Alam Pantai Benteng

@anitasulist

Ada pantai lainnya yang bisa dikunjungi di Kalimantan Tengah yaitu Pantai Benteng yang kerap disebut Pantai Kubu. Berlokasi di Kubu yang termasuk kabupaten Barito Utara sehingga cukup mudah untuk didatangi. Pantai berpasir putih kecoklatan ini sangat unik karena disebabkan oleh hutan gambut. Ada 2 pintu masuk ke pantai ini yaitu gerbang buaya dan gerbang kepiting. Tenang saja bukan berarti hewan tersebut yang menyambut kedatangan Anda, mereka hanya berupa patung. Aktivitas yang bisa dilakukan yaitu naik sewa perahu sebesar Rp 10.000 saja per orang untuk menyusuri keindahan pantai ini.

Sudah puas dan penasaran untuk berwisata ke Kalimantan Tengah? Anda harus menyisihkan waktu dan dana jika ingin datang ke tempat ini. Tentu karena angkutan umum cukup sulit sehingga harus menyewa kendaraan dan penginapan saat berada di sana. Siapkan diri untuk menikmati keindahan Kalimantan yang sesungguhnya.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.