Jelajahi Jambi Demi Keindahan yang Alami

Sebuah provinsi di Sumatera ini ternyata menyimpan banyak pesona alami. Anda bisa menemukan berbagai keindahan alam yang masih alami karena beberapa tempat masih perawan karena belum banyak terjamah. Jambi terletak di pesisir timur Pulau Sumatera dengan ibukota yang bernama sama yaitu Jambi. Ayo kita jelajahi wisata Jambi disini.

Wisata Alam di Jambi

Dahulu Jambi merupakan daerah yang terpandang karena menjadi markas kerajaan besar Sriwijaya yang berkuasa di nusantara pada masa itu. Berikut ini beberapa tempat yang menjadi ciri khas dan banyak dikunjungi oleh masyarakat setempat dan pengunjung dari luar Jambi.

  • Tanggo Rajo

Wisata Tanggo Rajo Jambi

@mainkejambi

Tempat yang ramai dikunjungi pada sore hingga malam hari ini memiliki pemandangan Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Anda bisa menikmati momen matahari tenggelam yang indah di Tanggo Rajo. Setelah momen sunset selesai biasanya para pengunjung berwisata kuliner secara bersama karena terdapat banyak warung makanan di tempat ini. Orang-orang yang hobi memancing biasanya datang ke tempat ini pada akhir pekan karena libur dan sekalian ingin melepaskan kepenatan setelah bekerja. Tanggo Rajo terletak di Jalan Sutan Thaha, Pasar Jambi yang mudah untuk dijangkau dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Lokasinya cukup strategis dan tempat ini dikenal oleh banyak orang sehingga mudah untuk mendatanginya. Area ini  juga menjadi pusat keramaian di Jambi karena berbagai event atau festival diadakan di tempat ini.

Sebenarnya Tanggo Rajo berarti Tangga Raja yang biasa dipakai untuk naik turun singgasana oleh raja. Fasilitas kerajaan ini sudah ada sejak zaman dulu yang dipakai oleh raja atau penguasa daerah. Lalu pasti Anda bingung dan bertanya-tanya mengapa tangga raja ada di pinggir sungai? Pada masa itu alat transportasi yang kerap dipakai sehari-hari adalah perahu termasuk raja sekali pun sehingga Tanggo Rajo berada di pinggir sungai. Dari Tanggo Rajo sebaiknya sekalian melewati jembatan yang terbentang sepanjang 503 meter yang dipakai sebagai jembatan bagi pejalan kaki (pedestrian bridge). Di ujung jembatan terdapat sebuah menara setinggi 80 meter bergaya arsitektur Islam yang cukup megah yang telah menjadi ikon baru Kota Jambi. Selanjutnya di atas Menara Gentala Arasy itu ada sebuah jam besar yang selalu berdentang setiap satu jam dan saat tiba waktu shalat (pengingat adzan). Tentu saja menyusuri keindahan kota Jambi ini tidak dipungut biaya apapun.

  • Taman Rimba

Wisata Taman Rimba Jambi

@annaromasi92

Mendengar kata rimba pasti yang terlintas dalam benak Anda adalah hutan belantara. Namun Taman Rimba ini adalah sebuah kebun binatang yang berwarna super hijau karena dirancang seperti hutan belantara yang merupakan habitat asli binatang. Para pengunjung akan melihat banyak spesies binatang sehingga Anda bisa merasa seperti ada di hutan sungguhan. Kebun Binatang Taman Rimba Jambi ini berada di Jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi yang cukup dekat dari pusat kota yakni 7 kilometer dan berjarak sekitar lima ratus meter dari Bandara Sultan Taha. Hal yang menakjubkan adalah tiket masuk yang sangat murah. Untuk anak-anak hanya membayar Rp 5.000 sedangkan orang dewasa seharga Rp 7.000 saja.

  • Danau Sipin

Wisata Danau Sipin Jambi

@id.destinasi

Destinasi wisata romantic nan indah di Jambi terutama pada saat matahari tenggelam adalah Danau Sipin. Danau sipin atau Solok Sipin memiliki pemandangan yang eksotis, semilir angin sejuk dan panorama air danau yang jernih pasti menghipnotis para pengunjung. Solok dalam bahasa Jambi berarti Danau sehingga masyarakat Jambi lebih sering menyebutnya Solok Sipin. Danau Sipin sengaja dijadikan tempat budidaya ikan sehingga di tenga-tengah danau ada keramba-keramba ikan. Di pinggir danau ada sebuah rumah panggung untuk tempat peristirahatan para nelayan ikan. Keberadaan keramba dan rumah panggung tidak membuat danau ini menjadi sumpek tetapi justru sebaliknya, panorama danau ini semakin eksotis.

Kepoin Yang Ini  Keindahan Alam yang Tak Diragukan di Bengkulu

Terdapat beberapa pedagang ikan hasil tambak yang bisa dibeli. Tidak ada biaya untuk berwisata ke danau ini namun jika ingin berkeliling di danau dengan memakai perahu maka Anda harus membayar sebesar Rp 5.000 saja per orang dengan maksimal ditumpangi oleh 4 orang dan waktunya juga dibatasi yaitu sekitar 15 hingga 20 menit.  Danau Sipin terletak di Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi yang cukup mudah untuk ditemukan lokasinya. Hampir semua masyarakat Jambi tahu lokasi tempat ini sehingga Anda bisa dengan mudah bertanya saat berkeliling dengan motor atau mobil sewaan.

  • Danau Kaco

Wisata Alam Danau Kaco

@pesonakerinci

Danau Kaco ini berair sangat bening bagaikan kaca sehingga dinamakan seperti itu. Kaco berarti kaca, danau ini benar-benar indah bagaikan danau yang ada di negeri dongeng. Danau ini terletak pada 1289 mdpl (di atas permukaan laut) karena danau ini memang biasanya dikunjungi oleh para pendaki Gunung Kerinci. Danau ini kecil karena luasnya hanya sekitar 30 x 30 meter namun danau ini sangat indah karena banyak pepohonan rimbun di sekelilingnya. Danau Kaco memancarkan cahaya pada saat gelap gulita di malam hari terutama pada saat bulan purnama. Tidak ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan danau ini begitu bercahaya di malam hari. Untuk menuju ke Danau Kaco cukup sulit karena jalannya berbatu dan menanjak sehingga butuh tenaga ekstra untuk mencapai danau ini dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Kepoin Yang Ini  Telusuri Keindahan Sumatera Selatan

Danau Kaco ini memang terletak di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat tepatnya di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya sehingga tidak heran jika pengunjung danau ini adalah para pendaki Gunung Kerinci.  Jika tidak ingin mendaki gunung, untuk menuju danau ini bisa ditempuh melalui jalur darat dari Kota jambi ke sungai Penuh dengan jarak sekitar 500 km dengan waktu tempuh sekitar 10 jam. Kemudian lanjutkan perjalanan ke desa terdekat yaitu Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya selama 45 Menit dengan motor atau mobil. Lalu Anda harus trekking menyusuri hutan selama 4 jam. Namun rasa lelah Anda akan hilang seketika saat berada di danau yang menakjubkan ini.

  • Telago Rajo

Wisata Alam Telago Rajo Jambi

@echifrans

Telago Rajo merupakan sebuah kolam yang dibuka untuk umum dengan harga tiket masuk Rp 5.000 per orang pada hari biasa atau Rp 6.000 pada akhir pekan. Kolam ini terletak 100 meter dari Candi Gumpung. Kolam ini hanya terbuat dari gundukan tanah berbentuk persegi panjang berukuran 130 x 100 meter dengan kedalaman sekitar 2 sampai 3 meter dari permukaan tanah. Kolam ini ramai dikunjungi pada akhir pekan. Sekilas kola mini mirip dengan danau terutama saat melihat pemandangan di sekelilingnya yang begitu rimbun dan hijau. Suasana yang tenang pasti menjadi incaran orang-orang yang ingin menyendiri atau menjauh dari keramaian.

  • Taman wisata air Kito Muaro Jambi regency

gambar dari IG @dissaamli

Lokasi taman wisata air Kito ini di Jl.tri brata km 11 Desa Pondok Meja Pal 11 Kecamatan Mestong kabupaten muaro jambi, 36361. Buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore dengan harga tiket taman wisata air kito cuma 25 ribu rupiah.

  • Balinya Jambi

Selain itu di Jambi anda juga bisa menemukan perkampungan khas Bali lengkap dengan pura, tempat peribadahan umat Hindu di Jambi. Perkampungan ini disebut juga Balinya Jambi. Alamatnya di Pal 10 Jl. Lingkar Selatan I Kenali Asan Bawah Kecamatan Kota Baru-Kota Jambi.

gambar dari detik.com

Itulah 6 tempat indah di Jambi yang harus dikunjungi saat Anda berada di sana. Keindahannya seolah mengungkap bahwa Jambi juga indah dan layak untuk dijadikan tempat wisata. Sempatkan waktu untuk mengunjungi setidaknya salah satu dari tempat ini. Selamat berlibur di Jambi!

Kepoin Yang Ini  Telusuri Keindahan Sumatera Selatan

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.