Kebumen Unjuk Gigi Wisata Alam

Kebumen Unjuk Gigi Wisata Alam

Kebumen merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang bahasa masyarakatnya juga ‘ngapak’ atau medhok bahasa Jawa kasar. Pasti banyak orang yang tidak menyangka kalau Kebumen juga punya potensi keindahan yang harus dieksplorasi. Jika penasaran dengan daerah ini, coba saja datang langsung karena lokasinya tidak jauh dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, atau Semarang. Alat transportasi yang bisa digunakan yaitu kereta, bus, atau mobil pribadi. Berikut ini beberapa objek wisata alam di Kebumen yang harus diketahui.

  • Pantai Karang Bolong

Wisata Alam Pantai Karang Bolong

@exploredolan.id

Untuk sampai di pantai ini maka harus menyeberangi Muara Suwuk di ujung barat Pantai Suwuk dengan perahu. Lebar Muara Suwuk hanya sekitar 100 meter sehingga menyeberang dengan perahu akan lebih dekat dibandingkan lewat darat. Setelah menyusuri Sungai Telomoyo, perahu yang disewa akan bersandar di mulut Gua Karangbolong. Cobalah masuk ke lorong Gua Karangbolong sepanjang 30 meter ini dengan jalur yang sedikit menanjak. Gua Karang \bolong adalah gua batuan sedimen yang terbentuk sekitar 30 juta tahun yang lalu dan dikenal sebagai Formasi Gabon. Lorong gua ini lebih panjang dari Pantai Karangbolong sehingga saat berwisata ke Pantai Karangbolong maka Anda akan berwisata 2 tempat sekaligus yaitu pantai dan gua Karangbolong. Di mulut gua terdapat sisa-sisa pengambilan sarang Burung Walet karena sudah tidak lagi sarang burung wallet di sana akibat eksploitasi yang berlebihan tanpa budidaya yang benar.

Perjalanan darat menuju Pantai Karangbolong melewati Jembatan Suwuk sejauh 900 meter dari Pantai Suwuk. Setelah melewati jembatan, jalanan mulai menanjak karena sudah tiba di area perbukitan. Sekitar 1,4 km akan tiba di tikungan tajam menyerupai V terbalik, setelah itu jalanan menurun hingga bertemu pertigaan berarti sudah dekat dengan loket masuk. Bayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang terlebih dahulu sebelum eksplorasi pantai. Terdapat tanjung kecil di ujung kiri Pantai Karangbolong, posisinya berhadapan dengan tanggul penahan gelombang di ujung barat Pantai Suwuk.
Ombak di Pantai Karangbolong sangat besar, warna air laut di dekat pantai berwarna biru tua karena lautnya dalam. Para pengunjung tidak boleh berenang di pantai ini karena bisa terseret ke tengah laut yang dalam.

  • Goa Jatijajar

Wisata Goa Jatijajar

@meitrisyaaprodite

Goa ini merupakan situs geologi alam yang terbentuk dari batuan kapur sehingga tercipta stalaktit dan stalakmit yang indah. Goa kapur ini berada di Jalan Jatijajar kecamatan Ayah. Goa ini sudah dikelola dengan baik sehingga sudah ada penerangan di dalam goa ini dan jalurnya sudah dibeton. Kisah Raden Kamandaka atau Lutung Kasarung diceritakan dengan 8 diorama dan 32 patung yang berada di dalam goa ini. Goa ini bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 9 hingga pukul 17 dengan membayar tiket sebesar Rp 7.000 saja per orang. Goa ini cukup terkenal sehingga kalau Anda sedang berada di Kebumen maka Anda harus datang ke goa ini.

  • Goa Petruk

Wisata Alam Goa Petruk

@rianpetrick23

Goa Petruk terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah di daerah pegunungan barat laut Kebumen. Goa ini dinobatkan sebagai goa terindah di Asia dan terdalam di dunia. Stalaktit di goa ini begitu unik karena bentuknya seperti anjing duduk. Kedalaman gua ini mencapai 2000 meter atau 2 Km sehingga gua ini memang pantas dinobatkan sebagai gua terdalam di dunia sehingga goa ini terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama hanya goa gelap yang berisi kelelawar, bagian kedua yang bernama ‘Goa Semar’ ini memang terdapat batu yang menyerupai Semar. Goa terakhir itulah yang bernama Gua Petruk karena terdapat batu yang menyerupai hidung Petruk. Kondisi goa masih alami sehingga tidak ada penerangan listrik maka disarankan membawa senter atau head lamp untuk eksplor gua ini. Untuk mencapai tempat ini bisa dengan naik angkot dari Pasar Gombong jurusan Cilacap yang melewati Pantai Ayah dan Goa Jatijajar.

  • Pantai Lampon

Wisata Alam Pantai Lampon

@ayodolan

Pantai kecil yang berbentuk seperti teluk ini dikelilingi perbukitan karst. Pantai Lampon namanya, memiliki pasir berwarna coklat kehitaman yang mirip dengan Pantai Menganti dan air laut berwarna biru kehijauan. Di kawasan pantai ini terdapat banyak pohon kelapa dan pohon lain yang tersusun rapi. Ombak yang tidak terlalu besar karena tertahan oleh karang-karang di tengah pantai sehingga pantai ini cocok untuk berenang. Setelah puas bermain air dan pasir di pinggir pantai, naiklah ke atas bukit di sebelah pantai untuk melihat keindahan alam dari ketinggian. Di atas bukit terdapat goa yang bernama Goa Wara Wiri yang bisa dijadikan tempat untuk melihat laut lepas. Sebelum tiba di bibir pantai, Anda harus mendaki dan menuruni bukit selama 15 menit.

Kepoin Yang Ini  4 Tempat Wisata di Majenang Terhits 2019

Ada dua jalur yang bisa dipilih. Pertama, dengan menuruni tebing yang merupakan jalur utama. Kedua, dengan memutar tebing sehingga waktu yang dibutuhkan lebih lama daripada jalur pertama. Saat ini sudah tersedia beberapa fasilitas penunjang untuk spot berfoto bagi wisatawan. Spot-spot foto yang tersedia antara lain Selayang Pandang, Gembok Cinta, Panggok Mesra dan jembatan berbentuk LOVE. Pantai ini memang sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata romantis bersama pasangan. Ada juga area Flying Fox dengan menyusuri tebing sambil menikmati cantiknya alam Pantai Lampon. Waktu terbaik untuk datang ke pantai adalah sore hari karena bisa melihat sunset yang indah di balik perbukitan karst.

  • Pantai Menganti

Wisata Alam Pantai Menganti

@Pantai Menganti

Pantai Menganti disebut sebagai pantai terindah di Pulau Jawa. Panorama alam yang sangat indah membuat semua orang akan betah berlama-lama di pantai ini. Pantai ini termasuk pantai selatan yang erat dengan mitos dan legenda sehingga ada beberapa larangan saat mengunjungi pantai ini. Salah satunya yaitu larangan memakai pakaian berwarna hijau. Pasir yang berwarna putih dan air laut berwarna biru cerah akan menjadi suguhan yang memanjakan mata dan jiwa para pengunjung. Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, sekitar 35 km dari Kecamatan Gombong. Area tebing raksasa di sisi barat yang bernama tebing bidadari membuat para pengunjung akan betah berada di pantai ini. Ada satu objek wisata tambahan di pantai ini yaitu Tanjung Karangbata dan marcusuar yang terletak di timur dan tenggara pantai ini. Pada musim hujan, di sisi barat pantai akan muncul 4 air terjun setinggi 30 meter yang membuat pantai ini menjadi lebih istimewa. Untuk berwisata ke pantai ini harus memakai kendaraan pribadi atau sewaan karena transportasi umum belum ada yang melintasi di kawasan pantai ini. Harga tiket cukup murah yakni Rp 10.000 per orang setiap hari tanpa ada perbedaan harga pada hari biasa maupun akhir pekan.

Kepoin Yang Ini  Yuk Rekreasi ke Wisata Alam Bandungan Semarang

Kebumen harus lebih unjuk gigi karena keindahan alamnya tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Sepertinya pemerintah setempat harus lebih giat melakukan promosi supaya banyak orang yang tertarik untuk datang. Kebutuhan wisata sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, bukan lagi kebutuhan tersier sehingga sudah selayaknya Kebumen lebih dikenal oleh masyarakat.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.