Kecantikan Jember yang Ikonik

Kecantikan Jember yang Ikonik

Jember, sebuah kabupaten Jawa Timur yang juga memiliki rahasia keindahan alam yang harus dieksplorasi lebih lanjut. Berbagai kenampakan alam ada di daerah ini karena letaknya yang berada di lereng Pegunungan Argopuro. Keindahannya tidak usah diragukan lagi sehingga tidak usah heran jika saat ini Jember ramai dikunjungi. Keelokan alam didominasi dengan pantai karena Jember berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatannya. Namun sebenarnya tidak hanya pantai yang indah, Jember juga punya objek wisata lainnya. Berikut ini ulasan lengkapnya.

  • Pantai Papuma

Wisata Alam Pantai Papuma Jember

@pameliaicha

Pantai indah berpasir putih ini begitu ikonik karena ada sebuah batu karang besar yang menjadi ciri khas pantai sehingga banyak orang akan teringat tentang Jember bila melihat batu karang besar tersebut. Pantai yang bernama Tanjung Papuma atau kerap disebut Papuma saja berjarak sekitar 45 km dari pusat kota Jember. Pantai ini terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Tahukah Anda kalau Papuma merupakan akronim? Ya, Papuma merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan. Akses jalan menuju pantai ini masih kurang bagus, namun semua itu akan terbayar dengan keindahan Pantai Papuma yang ikonik dan eksotik ini.

Ada 7 pulau karang besar di Papuma yang diberi nama dari tokoh pewayangan antara lain Pulau Kresna, Pulau Batara Guru, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, dan Pulau Kajang. Ada satu pulau yang namanya berbeda yaitu Pulau Kodok, pulau ini diberi nama demikian karena bentuknya mirip kodok raksasa yang timbul tenggelam di tengah laut. Harga tiket masuk pantai ini cukup murah yakni sebesar Rp 15.000 per orang tanpa membedakan usia baik anak kecil maupun orang dewasa. Tidak usah takut akan kelaparan atau kehausan karena terdapat beberapa warung di area pantai ini. Jika ingin menginap di sekitar pantai ini juga bisa karena tersedia beberapa penginapan yang harganya terjangkau.

  • Pantai Puger

Wisata Alam Pantai Puger Jember

@dickytombz

Pantai sepanjang 3 km ini kerap  dijadikan lokasi untuk ritual larung sesaji yakni tradisi melarung nasi tumpeng dan lauk beserta buah-buahan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala rezeki yang telah didapat. Pantai Puger ini memang kaya akan hasil laut sehingga banyak nelayan yang mencari nafkah di laut sekitar pantai ini. Bagi yang hobi memancing pasti akan senang karena ada spot memancing yang asik di sisi dalam pantai karena ombaknya sangat tenang. Jika ingin nuansa memancing yang lebih menantang maka Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk menyebrang ke Pulau Nusa Barong. Sambil menyelam minum air memang bisa dilakukan di pantai ini karena para pengunjung bisa membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan secara langsung. Lokasi pantai ini di Gunung Kucur, Kecamatan Puger. Sebaiknya naik kendaraan pribadi untuk datang ke pantai ini, namun bisa juga naik kendaraan umum yang nantinya turun di Terminal Puger lalu dilanjutkan dengan naik ojek menuju lokasi pantai.

  • Pantai Bandealit

Wisata Alam Pantai Bandealit Jember

@theresia_yeti_ekasari

Pantai Bandealit terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang terkenal sebagai hutan tropis dataran rendah. Pantai ini dikenal dengan berbagai cerita mistik padahal di balik itu semua pantai ini begitu indah untuk dilewatkan. Katanya ada seorang makhluk kerdil yang sering bermain di pantai ini sehingga para pengunjung kerap tidak sengaja makhluk itu ikut terfoto. Terlepas dari cerita mistis tersebut, pantai ini pasti akan membuat betah para pengunjungnya. Jika ingin berlama-lama di kawasan ini bisa menyewa penginapan yang tersedia di taman nasional atau berkemah di camping ground yang telah disediakan. Aktivitas yang bisa dilakukan selain menyusuri pantai yaitu naik perahu cano (canoing) di danau buatan yang hanya bisa didatangi saat ombak tinggi. Untuk sampai di pantai ini harus menyewa mobil sport yang biasa untuk offroad karena akses menuju pantai ini memang penuh tantangan. Mobil offroad tersebut bisa disewa seharga Rp 800.000 per mobil yang mampu menampung 4 hingga 6 orang.

  • Air Terjun Tancak

Wisata Alam Air Terjun Tancak Jember

@lilacwuland

Tidak selalu pantai yang bisa dikunjungi di Jember. Kali ini ada air terjun tiga tingkat yang tak kalah indahnya bernama Air Terjun Tancak. Sebaiknya naik kendaraan pribadi atau sewaan dengan rute Mangli menuju Kecamatan Panti. Rute tersebut akan melewati area perkebunan warga yang bernama Kaliklepuh yang merupakan lereng Gunung Argopuro. Lokasinya yang cukup terpencil maka sangat disarankan untuk naik motor. Dengan naik motor maka Anda bisa lebih mudah melewati sungai-sungai. Namun harus berhati-hati saat melewati jalan menuju air terjun ini. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian memang sangat pantas karena ketika sampai di lokasi maka Anda akan disambut dengan kesegaran dan kesejukan air terjun ini.

  • Pantai Payangan

Wisata Alam Pantai Payangan Jember

@ayodolan

Sekilas pantai ini mirip dengan Pantai Tanjung Papuma namun sebenarnya berbeda. Pantai Payangan memiliki keunikan yaitu pemandangan yang sangat indah karena Anda bisa melihat 3 pantai dan 1 teluk dari pantai ini. Panorama khas perbukitan menjadi sajian mewah di tempat ini. Para pengunjung bisa mendaki bukit untuk melihat pemandangan 360 derajat secara keseluruhan. Sebaiknya memakai penutup kepala seperti topi karena pantai ini sangat panas, pepohonan sangat jarang di sana. Sangat disarankan untuk datang ke pantai ini pada sore hari karena momen matahari tenggelam di pantai ini sangat indah. Semburat senja akan menjadi pemandangan yang wajib diabadikan di sana.

Kepoin Yang Ini  Wisata Alam Tuban yang Terbaik dan Eksotis

Waktu sejam atau 2 jam tidak akan cukup karena Anda akan betah di pantai ini. Sebaiknya berkemah untuk menikmati panorama pantai lebih lama. Jika beruntung, pada malam hari pantai ini akan dibanjiri bintang-bintang yang gemerlap. Camping ground di sekitar pantai ini juga sangat indah yakni berupa padang rumput yang cukup luas. Anda pasti tidak akan menyangka karena telah melihat momen senja yang indah ternyata pantai ini juga bisa menjadi spot sunrise yang tak kalah cantiknya. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampau memang nyata di pantai ini. Burung-burung yang berkicauan dan suara deburan ombak yang menentramkan hati pasti membuat Anda ingin kembali lagi ke pantai ini.

  • Teluk Love

Wisata Alam Teluk Love Jember

@haydaryahya24

Teluk Love ini pasti akan membuat Anda jatuh cinta karena keindahan pantai ini yang memang berbentuk seperti hati. Tak jauh dari Tanjung Papuma, teluk ini tidak boleh terlewatkan. Pemandangan hijau berupa bukit yang bernama bukit domba menjadi spot yang pas untuk melihat panorama pantai secara keseluruhan. Bukit domba ini tidak terlalu tinggi sehingga sangat mudah untuk dicapai. Sesuai dengan namanya, teluk ini memang cocok untuk dijadikan tempat wisata romantis bersama pasangan. Bahkan tak jarang anak muda yang menyatakan cinta di atas bukit domba dengan panorama teluk love ini. Memang lokasi yang penuh cinta ini memang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menyatakan cinta.

Kepoin Yang Ini  5 Daftar Wisata Pasuruan yang Bisa Jadi Referensi Liburanmu

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.