Kecantikan Pulau Bawean yang Belum Terekspos

Kecantikan Pulau Bawean yang Belum Terekspos

Pulau mungil nan eksotik yang terletak di tengah-tengah Laut Jawa yang termasuk area Kabupaten Gresik adalah Pulau Bawean. Pulau ini berjarak sekitar 80 mil atau 120 km dari Gresik ternyata bagai permata tersembunyi yang harus ditemukan keindahannya. Sejumlah pantai berpasir putih di sekeliling pulau, wisata pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, dan Pulau Noko wajib dijelajahi dengan berjalan kaki saat laut surut dari pulau ini. Ada juga kekayaan lain yang dimiliki pulau ini yaitu rusa Bawean (Axis kuhli) yang merupakan spesies satwa endemik yang menjadi maskot Kabupaten Gresik. Untuk menuju ke pulau ini bisa naik kapal cepat ekspres bahari milik swasta atau kapal ASDP Gili Iyang dari Pelabuhan Gresik atau Surabaya. Jika ingin tahu lebih jelas tentang Pulau Bawean maka simak artikel ini sampai selesai. Berikut ini beberapa objek wisata yang harus dikunjungi di pulau putri yang dihuni oleh kaum wanita secara dominan ini.

  • Pulau Gili

Wisata Alam Pulau Bawean

@boyantravel

Sebuah pulau kecil yang terletak di dekat Pulau Bawean sebagai pulau utama ini sangat eksotis. Pulau Gili merupakan pulau terbesar di area Pulau Bawean yang dihuni oleh 700 kepala keluarga. Seperti gili di Lombok, pulau ini juga memiliki pantai berpasir putih yang eksotis. Anda bisa menikmati momen sunrise dan sunset di pulau ini tanpa harus memilih salah satu dari dua momen indah itu.

  • Pulau Noko

Wisata Alam Pulau Noko

@ilhaamfjr

Pulau yang terletak di seberang Pulau Gili ini tidak seluas pulau lainnya sehingga pulau ini tidak berpenghuni. Pulau kecil ini didominasi dengan pasir putih di seluruh daratannya sehingga pulau ini sangat pas untuk dijadikan tempat bermain pasir dan air laut karena ombaknya tidak besar. Sebaiknya eksplorasi bawah laut di sekitar pulau ini karena terdapat bunga karang berwarna-warni dan ikan-ikan hias yang cantik dengan snorkeling. Laut yang tidak terlalu dalam menjadi faktor pendukung untuk menjadi spot snorkeling. Namun jika ingin snorkeling maka harus membawa peralatan sendiri karena tidak ada tempat penyewaan alat snorkeling di pulau ini.

  • Pulau Noko Selayar

Wisata Alam Pulau Noko Selayar

@naomipras

Tidak jauh berbeda dengan Pulau Noko karena namanya juga sama hanya beda satu kata, pulau ini juga didominasi dengan pasir putih di daratannya. Namun ada keindahan lain yang tidak ada di Pulau Noko yaitu adanya sebuah laguna yang menawan di antara pasir putih. Bukit-bukit hijau menjadi latar belakang yang menghiasi panorama pulau ini. Jika ingin datang ke pulau ini bisa menyebrang dari Pulau Bawean dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Kehidupan bawah laut yang indah juga harus dilihat dengan snorkeling. Sama halnya dengan Pulau Noko, Anda harus membawa peralatan pribadi untuk snorkeling di pulau ini.

  • Tanjung Gaang

@

Wisata Alam Tanjung Gaang

@pengejarpelangi

Tanjung Gaang berupa rangkaian batu karang yang berada di tengah air laut yang biru dan jernih. Keindahan tanjung ini bisa dinikmati dengan menyewa perahu nelayan untuk menyusuri batu-batu karang dengan harga Rp 50.000 saja untuk satu perahu yang bisa diisi oleh 10 orang. Tanjung Gaang terletak di Dusun Somor-Somor, Desa Kumalasa. Untuk menuju tempat ini sebaiknya naik motor karena lokasinya berkelok dengan ruas jalan yang kecil sehingga mungkin Anda akan merasa sedikit takut dalam perjalanan. Namun ketakutan akan sirna saat melihat keunikan alam yang disajikan. Panorama tebing-tebing wajib diabadikan selama Anda berada di perahu karena sekilas pemandangannya mirip dengan Kepulauan Phuket di Thailand.

  • Pantai Ria

Wisata Alam Pantai Ria Bawean

@revoferdiansyah

Di bibir pantai ini terdapat batu-batu karang berwarna hitam sehingga menjadi ciri khas. Pantai Ria dahulu menjadi tempat persinggahan para nelayan setelah melaut. Pantai ini juga dahulu dijadikan tempat pengolahan ikan dan rumput laut. Namun setelah Pulau Bawean dijadikan objek wisata maka tempat ini tidak digunakan seperti dahulu lagi. Saat berada di pantai ini, Anda akan melihat perahu-perahu nelayan yang bisa menjadi latar untuk berfoto atau sekedar bersantai sambil memandang laut. Fasilitas seperti toilet dan mushola juga tersedia di pantai ini sehingga wisata Anda tidak akan menjadi kendala.

  • Pantai Mayangkara

Wisata Alam Pantai Mayangkara

@gresiktourism

Pantai ini merupakan tempat bersejarah karena pantai ini pertama kali ditemukan oleh Siti Zaenab yaitu istri Sunan Giri pada saat datang ke Pulau Bawean. Pantai Mayangkara juga sering disebut Bayangkara oleh masyarakat setempat. Area pantai yang cukup luas membuat pantai ini sering dijadikan tempat bermain bola oleh anak-anak yang tinggal di Pulau Bawean. Pantai ini ramai didatangi wisatawan pada hari libur, tidak hanya wisatawan lokal yang datang namun banyak juga wisatawan dari negara tetangga yang datang. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 500 meter saja dari jalan raya Sangkapura Tambak. Keindahan pantai ini dinilai seperti pantai di Pattaya Thailand. Sekilas memang Pulau Bawean terlihat mirip dengan area pantai di Thailand. Fasilitas seperti toilet, rumah makan, dan mushola juga tersedia di pantai ini sehingga wisata akan menjadi lebih menyenangkan.

  • Danau Kastoba

Wisata Alam Danau Kastoba

@wonggresik

Tidak hanya pantai yang dimiliki oleh Pulau Bawean, ada juga kenampakan alam lainnya yaitu Danau Kastoba. Danau ini terletak di tengah Pulau Bawean  sehingga para pengunjung harus berjalan kaki sekitar 500 meter untuk sampai di lokasi danau. Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat yaitu pengunjung wanita yang sedang haid tidak boleh datang ke danau ini karena akan sial setelah menjauh dari danau ini. Anda boleh percaya atau tidak, itu semua tergantung keyakinan masing-masing.

  • Air Terjun Laccar

Wisata Alam Air Terjun Laccar

@iamzeinahmad

Ada kesejukan dan keindahan yang bisa ditemukan di Pulau Bawean yaitu Air Terjun Laccar. Air terjun setinggi 20 meter ini menyajikan suasana segar dan sejuk karena para pengunjung bisa bermain air di tempat ini. Tempat ini bisa didatangi dengan berjalan kaki sejauh 1 km dari area penginapan dengan melewati jalan setapak dan menyebrangi sungai berbatu. Anda tidak akan menyesal karena lelah berjalan. Semua kelelahan akan terbayar lunas oleh keindahan nuansa alami air terjun ini. Rindangnya pepohonan membuat air terjun sangat menyejukkan para pengunjung.

  • Penangkaran Rusa Bawean

Wisata Penangkaran Rusa Bawean

@rusabawean

Jika sudah berada di Pulau Bawean maka Anda harus melihat ikon Bawean dan Kota Gresik yaitu rusa bawean. Satwa endemik ini hanya hidup di Pulau Bawean sehingga jumlahnya tidak banyak maka hewan ini harus dilindungi agar tidak punah. Sekilas Anda mungkin akan merasa seperti berada di Ranca Upas Bandung namun sebenarnya tempat ini jauh lebih indah. Bisa melihat langsung satwa langka akan menjadi pengalaman berharga yang sulit dilupakan sehingga Anda harus mengabadikan satwa langka tersebut dengan kamera.

Kepoin Yang Ini  Rekomendasi Wisata di Tuban Jawa Timur

Itulah Pulau Bawean yang menjadi pelengkap keindahan Indonesia yang tak boleh dilewatkan. Pulau yang kaya dengan keindahan alam ini memiliki berbagai kenampakan alam yang mungkin tidak dimiliki oleh pulau lainnya. Yuk jalan-jalan ke Bawean!

 

 

 

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.