Kecantikan Tersembunyi di Gresik

Kecantikan Tersembunyi di  Gresik

Kabupaten Gresik di Jawa Timur ini berbatasan dengan Surabaya. Kota industri ini ternyata menyimpan berlian yang memukau berupa objek wisata yang sangat indah. Jauh dari kesan panas dan gersang karena kota industri, justru sebaliknya Gresik tidak boleh diremehkan dalam hal wisata. Sebagian tempat wisata di daerah ini memiliki keunikan yang mungkin tidak akan ditemukan di tempat lain. Berikut ini beberapa objek wisata unggulan di Gresik yang tak dilewatkan.

  • Pantai Delegan

Wisata Alam Pantai Delegan

@gresiktourism

Pasir putih yang lembut dan air yang tenang tersuguh dengan manisnya di Pantai Delegan. Pantai yang terletak di ujung utara Gresik ini merupakan objek wisata paling populer di Gresik. Keramaian mungkin akan ditemukan pada hari libur, namun Anda tidak perlu khawatir karena pantai ini tetap indah. Fasilitas yang tersedia di pantai ini sederhana saja karena pantai ini hanya dikelola oleh warga setempat. Para pengunjung bisa bermain air hingga puas karena ombaknya yang tenang sehingga tempat ini sering dijadikan lokasi perlombaan bahari untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada setiap bulan Agustus. Pantai ini bisa didatangi dari Jalan Raya Daendels menuju Bukit Surowiti hingga di ujung jalan sekitar 2,3 km maka pantai ini akan terlihat.Harga tiket masuk pantai ini sebesar Rp 5.000 per orang untuk dewasa, sedangkan Rp 3.000 per orang untuk anak-anak. Setiap orang bisa mendatangi pantai ini kapan pun tanpa batasan jam dan hari. Jika sedang beruntung karena belum ada penjaga loket maka Anda bisa bermain di pantai ini secara gratis.

  • Telaga Ngipik

Wisata Alam Telaga Ngipik

@badrvn

Kesan panas dan sumpek akan dirasakan saat memasuki kawasan industri di Gresik. Namun Anda bisa menghibur diri ke lokasi yang tak jauh dari pusat kota hanya dengan membayar Rp 2.000 per orang. Jika ingin menyusuri telaga dengan naik perahu maka Anda bisa menyewa perahu seharga Rp 5.000 per orang. Suasana berbeda akan dirasakan di tempat ini karena kesejukan dan keasrian yang disuguhkan. Tempat yang dimaksud adalah Telaga Ngipik atau Taman Wisata Giri Wana Tirta. Telaga Ngipik bagai oase di tengah kota Gresik yang gersang karena lokasinya hanya sekitar 1,5 km dari alun-alun kota Gresik. Tidak hanya sekedar menjadi tempat untuk bersantai, tempat ini juga sering dipakai untuk kegiatan ski air oleh Persatuan Ski Air seluruh Indonesia (PSASI) regional Jawa Timur. Layaknya telaga atau danau pada umumnya maka para pengunjung yang hobi memancing bisa membawa alat pancing ke sini lalu memancing. Jika beruntung mendapat ikan maka Anda bisa membawa pulang ikan tersebut tanpa dikenakan biaya.

  • Gunung Kapur Sekapuk

Wisata Alam Gunung Kapur Sekapuk

@aguung8

Keunikan alam bisa ditemukan di Gresik berupa arsitektur gunung kapur Sekapuk yang mirip candi. Gunung kapur ini merupakan bekas galian tambang yang eksotis dan menarik untuk didatangi. Sesuai dengan namanya, gunung kapur ini berada di desa Sekapuk, kecamatan Ujung Pangkah. Gunung kapur ini dilubangi sehingga menjadi goa dengan pilar-pilar yang membuat Anda seperti berada di film-film fantasi. Terlihat bekas-bekas pahatan hasil penambangan yang dilakukan oleh warga sekitar di dinding-dinding goa tersebut. Sebagian warga desa Sekapuk bekerja sebagai penambang kapur yang mulai dieksplorasi sejak tahun 1950-an. Seiring perkembangan zaman, kini tempat ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Gresik. Layaknya Brown Canyon di Semarang, gunung kapur ini juga sangat instagramable sehingga wajib didatangi untuk berwisata sambil berfoto. Area gunung kapur ini juga dinilai bagaikan bangunan peninggalan Yunani kuno di Eropa. Tidak ada biaya untuk eksplorasi tempat ini namun harus meminta izin warga setempat terlebih dahulu. Area ini masih menjadi area penambangan aktif sehingga sebaiknya datang pada pagi atau siang hari karena aktivitas penambangan belum dimulai.

  • Bukit Jamur

Wisata Alam Bukit Jamur

@evaarisanti20

Bukit Jamur di Gresik yang berbentuk bagaikan jamur-jamur raksasa wajib menjadi destinasi selanjutnya. Bukit jamur ini merupakan bukit kapur bekas galian tambang yang terletak di Kecamatan Bungah dengan jarak sekitar 5-6 kilometer dari gunung kapur Sekapuk. Pantas saja Bukit Jamur ini menjadi destinasi wisata nge-hits yang kekinian karena keunikan pemandangannya. Akibat erosi yang sering terjadi di area penambangan maka terbentuklah jamur-jamur raksasa nan eksotis. Jangan lupa untuk mengabadikan momen di bukit ini karena hasil foto Anda pasti sangat keren. Puncak tertinggi bukit ini hanya sekitar 7 meter namun itulah yang menjadi daya tarik karena Anda akan seperti berada di negeri liliput. Jika ingin touring naik motor maka sebaiknya melewati jalur pantura dari arah pusat kota Gresik menuju ke barat. Setelah tiba di jembatan sungai bengawan solo sembayat akan ada pertigaan bungah lalu belok ke kiri, tak lama kemudian Anda pasti menemukan lokasi bukit jamur.

  • Goa Gelang Agung

Terdapat keunikan alam lainnya di Kecamatan Bungah, tepatnya di Desa Melirang. Keunikan alam yang dimaksud adalah goa alam yang bernama Goa Gelang Agung. Goa ini berbentuk unik karena memiliki mulut goa yang tinggi dan lebar, sedangkan di bagian dalamnya melingkar berbentuk gelang yang bisa menembus ke beberapa tempat. Goa sepanjang 4 km ini sangat indah karena memiliki ornamen berupa stalagtit dan stalagmitnya di dalamnya. Goa ini sering dijadikan tempat bertapa dan tempat persembunyian untuk menghindari kejaran musuh pada zaman dahulu. Goa gelang agung sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti toilet, mushola, dan area parkir. Sebaiknya naik kendaraan pribadi atau sewaan untuk datang ke tempat ini. Namun bisa juga naik kendaraan umum yang berhenti di pemberhentian akhir yaitu Terminal Bungur. Dari terminal bisa dilanjutkan dengan naik ojek menuju lokasi goa.

  • Sendang Banyu Biru Lowayu

Wisata Sendang Banyu Biru Lowayu

@dinaedriani

Gresik menyimpan potensi wisata ajaib lainnya bernama Sendang Banyu Biru yang terletak di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun. Sendang Banyu Biru berarti kolam air biru benar-benar memiliki air berwarna biru pikat sehingga danau ini diberi nama demikian. Fenomena alam ini memang mengherankan karena perairan di sekitarnya tidak ada yang sebiru air di tempat ini. Belum ada penelitian ilmiah untuk mencari tahu penyebab air sendang ini berwarna sangat biru. Masyarakat setempat hanya mengira bahwa air berwarna biru diakibatkan oleh  belerang yang aromanya tercium jelas saat berada di sendang ini.  Untuk datang ke tempat ini sebaiknya naik kendaraan pribadi atau sewaan berupa motor atau mobil dengan mengikuti petunjuk peta digital atau bertanya dengan warga setempat. Namun jika ingin naik kendaraan umum juga bisa sampai di terminal bus atau di pinggir jalan Lowayu.

Kepoin Yang Ini  Wisata Alam Tuban yang Terbaik dan Eksotis

Itulah destinasi wisata alam di Gresik yang wajib didatangi. Jika jenuh dengan aktivitas atau memang harus singgah di kota ini maka Anda harus eksplorasi alam sekitar agar kunjungan Anda menjadi lebih berkesan dan tak terlupakan. Selamat berwisata!

 

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.