Keindahan Alam yang Tak Diragukan di Bengkulu

Wisata Alam di Bengkulu Sumatera Selatan

Bengkulu, sebuah daerah di bagian Selatan Sumatera ini ternyata memiliki banyak potensi keindahan alam yang belum banyak terekspos oleh banyak orang. Bengkulu menjadi tempat yang berhubungan dengan sejarah karena menjadi tempat pengasingan Bung Karno. Bengkulu selalu dikaitkan dengan Bunga Rafflesia Arnoldi yang merupakan bunga terbesar di dunia dengan diameter berukuran hingga 100 cm. Jika ingin berwisata ke Bengkulu dari daerah lain maka sebaiknya terbang dengan naik pesawat menuju Bandara Fatmawati Soekarno.  Artikel ini akan menceritakan tentang beberapa objek wisata unggulan di Bengkulu.

Hutan Lindung Bukit Daun

Wisata Hutan Lindung Bukit Daun

@beautifuldestinationsindonesia

Rafflesia Arnoldi, bunga besar yang menjadi ikon Bengkulu itu bisa ditemui di tempat ini. Berlokasi di Kecamatan Taba Penanjung, Bengkulu Tengah merupakan hutan lindung yang boleh dikunjungi oleh masyarakat terutama untuk melihat bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar. Letak bunga ini bisa dijangkau dengan berjalan sejauh 20 meter ke dalam hutan melalui jalan setapak. Untuk mengunjungi hutan ini dari kota Bengkulu maka Anda harus berkendara menuju Kepahiang melalui jalan lintas Bengkulu dan berhenti pada kilometer 47. Agar para pengunjung tidak bingung mencari tempat ini, sudah dipasangkan spanduk di tepi jalan. Kawasan Bukit Daun ini jarang penduduknya karena letaknya dekat dengan Gunung berapi bernama Gedang. Posisi Gunung Gedang dengan Bukit Daun dipisahkan oleh kaldera sepanjang 3 km.

Pantai Panjang

Wisata Pantai Panjang Bengkulu

@gegedanish

Objek wisata alam yang keindahannya se’panjang’ namanya itu memiliki banyak keunikan. Pantai Panjang ini berbeda dari pantai pada umumnya yang memiliki vegetasi dominan berupa pohon kelapa namun di pantai ini justru vegetasi yang mendominasi adalah pohon pinus dan cemara. Pohon-pohon yang biasanya berada di pegunungan itu justru hidup subur sehingga membuat pantai ini menjadi sangat unik. Keunikan lainnya yaitu garis pantainya yang sangat panjang mencapai 7 km sehingga wajarlah kalau pantai ini dinamakan “Pantai Panjang”. Anda tidak akan merasa bosan, lelah, lapar dan haus saat berada atau menyusuri pantai ini. Di kawasan pantai telah tersedia berbagai fasilitas seperti restoran, cafe, pusat belanja, fasilitas olah raga, dan penginapan. Pantai ini sangat indah saat matahari terbenam sehingga umumnya pantai ini ramai dikunjungi pada sore hari. Setelah puas menikmati momen sunset maka Anda bisa memesan penginapan untuk beristirahat dan pergi ke tempat lainnya keesokan hari.

Kepoin Yang Ini  Jelajahi Jambi Demi Keindahan yang Alami

Pantai Tapak Paderi

Wisata Pantai Tapak Paderi Bengkulu

@radograph

Dahulu pada masa penjajahan Inggris, pantai ini dijadikan perantara berlabuh tranportasi laut utama di Bengkulu karena berjarak hanya sekitar 100 m dari Fort Marlborough. Panorama yang indah dan fasilitas yang cukup lengkap menjadi destinasi yang tepat untuk bersantai sambil melepas lelah. Anda bisa menikmati pantai sambil makan jagung bakar, cukup unik karena biasanya Anda hanya minum air kelapa di pantai. Pantai ini berada di antara Pantai Panjang dan Pantai Jakat sehingga jika ingin berkunjung ke pantai maka Anda harus mengunjungi ketiga pantai tersebut. Di pinggi pantai terdapat benteng pertahanan dan pusat pemerintah Inggris pada masa kolonialisme bernama Benteng Marlborough. Uniknya lagi di dekat pantai ini terdapat China Town atau Kampung Cina yang melambangkan kehidupan pada masa kolonialisme Inggris. Dahulu memang di sekitar kawasan itu menjadi pemukiman kaum Tiongkok yang tinggal di Bengkulu. Seperti Pantai Panjang, pantai ini juga memiliki panorama matahari terbenam yang indah karena letaknya segaris lurus dengan Pantai Panjang.

Pantai ini sedang naik daun atau hits karena munculnya spot instagramable bernama sandal jodoh. Jika di Namsan Tower terkenal dengan gembok cinta, di Pantai Paderi terkenal dengan sandal jodoh. Sandal-sandal tersebut sudah kusam karena bekas dipakai. Lokasinya hanya sekitar 10 menit dari pusat kota Bengkulu membuat pantai ini ramai dikunjungi terlebih dengan munculnya spot foto unik itu. Gagasan terciptanya spot Sandal Jodoh ini berawal dari banyaknya sampah sandal yang terbawa air laut. Nelayan setempat memiliki ide untuk mengumpulkan sandal-sandal tersebut  dan mengkreasikannya menjadi jejeran sandal yang bergantung pada dinding bamboo. Kemudian posisi sandal-sandal itu dibuat menyerupai bentuk hati sehingga pasangan muda yang sedang dimabuk asmara bisa menuliskan nama mereka masing-masing karena berharap mereka akan berjodoh. Kreativitas warrga setempat tidak hanya itu, ada sebuah kantin yang di depannya terdapat spot selfie yang unik. Lagi-lagi memanfaatkan sampah, spot selfie itu berupa tulisan-tulisan kekinian yang disukai anak muda yang terbuat dari sachet bekas makanan dan minuman.

Kepoin Yang Ini  Telusuri Keindahan Sumatera Selatan

Pantai Jakat

Wisata Pantai Jakat Bengkulu

@bencoolentourism

Pantai yang menjadi tempat mandi paling ramai ini terletak berdekatan dengan Pantai Panjang dan Pantai Tapak Paderi. Walau letaknya tidak jauh dari pusat kota Bengkulu namun pantai ini harus didatangi dengan kendaraan pribadi atau sewaan seperti motor atau mobil karena tidak ada angkutan umum yang melintas di kawasan pantai. Untuk masuk pantai ini tidak dikenakan biaya, jika membawa kendaran hanya perlu bayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tidak usah khawatir akan kelaparan karena terdapat banyak pondok makan di pinggir pantai. Anda bisa menikmati makanan atau minuman sambil mendengarkan merdunya suara deburan ombak. Semua harga makanan dan minuman cukup terjangkau tidak seperti area wisata pada umumnya.

Jika tidak puas hanya bermain pasir, Anda bisa berenang di laut atau bersantai dengan ban karet. Ada tempat penyewaan ban karet di pinggir pantai dengan harga sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 sesuai ukuran ban. Bahkan jika ingin naik banana boat juga ada. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 30.000 per orang untuk bermain banana boat bersama keluarga atau teman. Pantai ini sangat ramai dikunjungi pada akhir pekan sehingga jika Anda ingin berwisata dengan suasana tenang maka datanglah pada hari biasa (weekdays).  Jika lelah karena terpental-pental saat naik banana boat maka Anda bisa menikmati laut dengan perahu yang harga tiketnya sama dengan banana boat. Pantai ini menyuguhkan banyak kesenangan sehingga tidak heran sangat ramai dikunjungi warga setempat. 

Kepoin Yang Ini  Telusuri Keindahan Sumatera Selatan

Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah

@wumard

Danau ini terletak di kota Curup, Bengkulu Utara yang berjarak sekitar 6 km dari pusat kota. Danau ini memiliki panorama yang menakjubkan karena dikelilingi bukit-bukit hijau nan asri. Panorama terbaik danau ini adalah pada pagi hari karena udaranya sangat sejuk dan segar serta Anda bisa melihat embun yang muncul pada pohon-pohon. Kekayaan flora dan fauna menjadi daya magnet yang kuat karena masyarakat suka berada di kawasan ini untuk mencari ketenangan. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan adalah berperahu atau naik rakit untuk mengelilingi danau. Anda akan menikmati keindahan dan ketenangan air danau sambil memandangi perbukitan yang hijau. Danau ini harus dijaga kelestariannya karena menyimpan banyak potensi alam yang mengagumkan.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.