Keindahan Bangka Tak Kalah Dengan Bangka Belitung

Keindahan Bangka Tak Kalah Dengan Bangka Belitung

Pulau Bangka memiliki ibukota bernama Pangkal pinang ini juga menyimpan keindahan tempat wisata yang tak kalah dengan Bangka Belitung. Kata Bangka berasal dari kata Wangka yang berarti Timah. Menurut cerita rakyat, pulau ini tidak memiliki penduduk asli. Semua penduduk adalah pendatang dari suku sekak yang berasal dari luar pulau ini. Pulau Bangka terletak di sebelah pesisir Timur Sumatera Selatan yang berbatasan dengan Laut China Selatan. Banyak tempat wisata di pulau ini terutama pantai.  Bangka Belitung justru lebih terkenal sebagai destinasi wisata berkat Andrea Hirata yang mengusung cerita berlatar tempat di Bangka Belitung. Namun sebenarnya Pulau Bangka ini juga punya pesona alam yang wajib dikunjungi. Sudah tahu mau ke mana saja di Bangka? Berikut ini beberapa tempat wisata alam unggulan di Bangka yang wajib dikunjungi.

  • Pantai Turun Aban

Wisata Alam Pantai Turun Aban

@heruwsr

Turun Aban menyuguhkan keindahan berupa pasir pantai berwarna putih yang berpadu dengan tumpukan batu granit menjulang tinggi. Keunikan pantai ini ada pada tumpukan batu granit dengan sebatang pohon kecil di atasnya. Batu-batu hitam legam ini berdiri kokoh di tengah-tengah lekukan pantai yang menyerupai teluk dalam ukuran mini. Pantai ini tidak terlalu panjang dan memiliki ombak yang tenang sehingga cocok untuk berenang atau sekedar bermain air. Untuk melihat keindahan pantai ini dari sisi lain harus dilihat dari perbukitan sekitar pantai ini sehingga Anda harus sedikit rela mendaki. Pantai dengan batu granit ini seolah mengecil kalau dilihat dari atas bukit. Jika malas mendaki bukit, Anda juga bisa naik ke sebuah batu granit raksasa untuk menikmati pemandangan laut Pulau Bangka dan kecantikan Pantai Tanjung Kelayang dari kejauhan.

  • Pantai Tanjung Pesona

Wisata Alam Pantai Tanjung Pesona

@feri_in

Pantai Tanjung Pesona berjarak sekitar 9 km dari Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka. Pantai ini tepatnya terletak di Desa Rambak yang bisa ditempuh selama 45 menit dari Pangkal Pinang. Sepanjang jalan menuju pantai ini, Anda akan melihat kebun lada yang memang komoditi unggul di Bangka. Pantai ini berpasir putih dengan butiran yang lembut seperti bedak. Ombak yang tak besar dan angin sepoi-sepoi pasti menbuat Anda damai saat berada di sana. Ciri khas pantai di kepulauan Bangka Belitung adalah batu granit besar berwarna hitam di sepanjang pantai termasuk pantai ini memiliki ciri tersebut. Pantai ini sangat unik karena memiliki 3 tingkatan pantai. Pantai paling bawah berupa pantai landai dengan pasir lembut, pantai tingkat kedua ada gazebo yang menjorok ke laut dan pantai tingkat ketiga memiliki bebatuan besar nan eksotik.

Kepoin Yang Ini  Laskar Wisata Alam di Bangka Belitung

Keunikan lainnya terjadi pada saat air laut surut, bebatuan seolah membelah pantai menjadi dua. Identitas Pantai Tanjung Pesona bisa dilihat dari sebuah jembatan yang berada di sisi selatan. Ada dua jembatan yaitu jembatan tanpa pagar yang berada di sebelah barat dan jembatan berpagar yang berada di wilayah resort. Cobalah untuk menyusuri jembatan hingga ke sebuah pondok kecil di ujung jembatan sehingga Anda bisa melihat laut lepas. Berbagai fasilitas lengkap sudah tersedia di sekitar pantai ini. Jika ingin menginap banyak terdapat hotel dan resort yang bisa dipilih sesuai budget.

  • Pantai Parai Tenggiri

Wisata Alam Pantai Parai Tenggiri

@miftajr88

Pantai ini berjarak sekitar 40km dari Pangkal Pinang. Pantai terindah di Bangka ini berkarakter ombak yang lembut dengan permukaan yang landai. Sama dengan pantai lainnya di Bangka dan Belitung, pantai ini juga memiliki hamparan batu granit dengan aneka bentuk yang unik dan berukuran besar. Kegiatan wisata menarik yang bisa dilakukan di pantai ini yaitu banana boat, parasailing, hingga snorkeling. Jika suka memancing, Anda bisa menyewa perahu pancing dan peralatannya. Terdapat banyak akomodasi yang lengkap seperti hotel hingga resort yang yang memiliki fasilitas kolam renang. Tiket masuk pantai ini sebesar Rp 25.000 per orang yang nantinya akan bisa ditukar dengan minuman atau makanan yang ada di restoran pinggir pantai ini.

  • Pantai Tikus Emas

Wisata Alam Pantai Tikus Emas

@nova_lya27

Pantai yang masih alami dan banyak dijamah oleh manusia adalah Pantai Tikus Emas. Kenapa diberi nama Tikus Emas? Menurut cerita masyarakat setempat, pantai ini dihuni oleh banyak tikus pada zaman dahulu, entah cerita itu benar atau tidak. Satu hal yang lebih masuk akal kenapa pantai ini diberi nama seperti itu karena bentuk pantai ini menyerupai tikus jika dilihat dari kejauhan. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah berupa bukit terjal dengan hamparan bebatuan granit dan air laut yang berwarna kebiruan. Di puncak bukit akan terlihat sebuah kuil peribadatan umat Budha yang berdiri megah. Kuil atau klenteng berbentuk bulat tersebut menjadi ciri khas pantai ini yang mudah diingat. Anda bisa menikmati permainan yang tersedia seperti banana boat, jet sky, dan flying fox. Selain itu, pantai ini memiliki tempat penangkaran penyu yang bisa dikunjungi. Jika ingin wisata kuliner, terdapat banyak warung di sekitar pantai tikus emas ini.

  • Pantai Penyusuk

Wisata Alam Pantai Penyusuk

@emyebpj

Tumpukan batu granit yang seolah membentuk sebuah ceruk menjadi ciri khas Pantai Penyusuk. Pepohonan hijau yang tumbuh di pesisir pantai dan empat pulau yang berjajar di sekitar pantai ini membuatnya semakin indah. Ombak laut yang tenang di pantai ini sangat mendukung untuk berenang atau sekedar bermain air laut. Ada pulau-pulau yang bisa disinggahi dengan menyewa perahu nelayan berkapasitas 10 orang dengan harga sewa sekitar 150rb hingga 250rb. Pulau terfavorit yang banyak disinggahi adalah Pulau Lampu karena terdapat mercusuar yang unik. 

  • Pantai Pasir Padi

Wisata Alam Pantai Pasir Padi

@ishipdepatibahrin1718

Pantai ini berjarak sekitar 7 km dari kota Pangkal Pinang. Pantai ini lokasinya paling dekat  dengan bandara Pangkal Pinang. Tempat wisata ini paling terkenal dan digemari oleh masyarakat Bangka. Kenapa pantai ini diberi nama Pasir Padi? Karena pantai ini memiliki pasir yang menyerupai bulir-bulir padi. Tahukah bagaimana bulir padi? Ya, pasirnya tidak halus tetapi justru besar-besar. TIdak ada tiket masuk di pantai ini, namun jika membawa kendaraan maka harus bayar parkir. Untuk mobil sebesar Rp 4.000 dan motor Rp 2.000 tanpa hitungan jam. Di sekitar pantai ini, tersedia fasilitas publik yang sangat lengkap. Ada hotel berbintang, restoran, mushola, wc umum, dan warung makan. Jadi Anda bisa berwisata di pantai ini sambil wisata kuliner khas Bangka.

Kepoin Yang Ini  Laskar Wisata Alam di Bangka Belitung

Setelah mengetahui beberapa tempat wisata di Bangka yang sebagian besar adalah pantai pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi penyuka pantai. Anda harus datang ke Bangka untuk menikmati pantai-pantai khas berbatu granit dengan pemandangan yang luar biasa. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melihat harga dan waktu penerbangan supaya Anda bisa segera berlibur ke Bangka. Jika berwisata ke sana tidak boleh lupa membawa oleh-oleh khas yaitu kerupuk Bangka yang sangat lezat karena terbuat dari olahan ikan. Selamat berwisata di Bangka!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.