Keindahan dan Kesejukan yang Berkesan di Batu

Wisata Alam di Batu Malang, Jawa Timur

Kota kecil yang sejuk dan indah bernama Batu kini telah terpisah secara resmi dari kota Malang. Sektor pariwisata menjadi sektor dominan dari kota Batu. Batu sedang naik daun dan menjadi buah bibir para wisatawan karena banyaknya objek wisata yang unik dan beragam. Berkat pelayanan dan pengelolaan objek wisata yang baik, Batu telah menjadi primadona dalam dunia pariwisata. Objek wisata alam menjadi wisata utama di kota ini karena kontur daerahnya yang terdiri dari pegunungan hijau yang indah, air yang melimpah, dan udara yang sejuk. Artikel ini akan membahas beberapa objek wisata di Batu yang paling terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

  • Coban Rondo

Wisata Alam Coban Rondo Batu Malang

@arimahidayah

Air terjun ini terletak di area pegunungan dengan ketinggian 1.135 meter. Tempat ini berudara sejuk dengan panorama alam yang masih alami dan aliran air terjun yang sangat deras. Sumber air terjun ini berasal dari mata air Cemoro Mudo yang berada di sisi lereng gunung Kawi. Coban Rondo terletak di jalan Coban Rondo, desa Pandesari, Kecamatan Pujon berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Malang dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Akses menuju Air terjun Coban Rondo sangatlah mudah karena terdapat transportasi umum yang beroperasi menuju lokasi. Ada dua alternatif untuk sampai ke lokasi wisata yaitu dengan transportasi umum dan kendaraan pribadi. Jika naik kendaraan umum maka Anda bisa naik bus dari Terminal Arjosari Malang jurusan Landungsari. Setelah tiba di Landungsari, lanjutkan perjalanan dengan naik bus jurusan Pujon Arah Kediri. Setelah tiba di Pujon, turunlah di Patung Sapi, setelah itu naik ojek ke lokasi Air Terjun Coban Rondo. Jika naik kendaraan pribadi maka segera menyetir menuju Pujon. Ketika tiba di puncak perbukitan Anda akan lihat papan petunjuk arah wisata Air Terjun Coban Rondo maka ikutilah rute itu.

Kepoin Yang Ini  Serunya Berlibur ke Pemandian Air Panas Trawas dan Pacet

Tidak hanya keindahan alam yang dimiliki Coban Rondo, objek wisata ini juga menyediakan berbagai permainan seru dan menantang seperti fun tubing dan paint ball.  Fun tubing merupakan kegiatan berenang menyusuri sungai dengan memakai ban karet dan jaket pelampung. Paint Ball berupa permainan baku tembak antar team dengan memakai senapan mainan dan peluru karet. Harga permainan yang disediakan berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 1.000.000 sesuai jenisnya. Biaya yang harus dikeluarkan pengunjung yaitu tiket masuk dan parkir kendaraan. Tiket masuk wisatawan domestic Rp 8.000 sedangkan wisatawan mancanegara Rp 10.000 saja. Untuk parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp 2.000, roda 4 sebesar Rp 5.000, dan roda 6 sebesar Rp 6.000 saja per hari.

Jika ingin menginap maka Anda bisa sewa penginapan di daerah Songgoriti sekitar 5 hingga 8 km dari lokasi air terjun. Harga penginapan di sana relatif murah yaitu mulai dari 150.000 per malam. Jika beramai-ramai dengan keluarga atau teman sebaiknya sewa Villa yang harganya mulai dari 1 juta per hari. Pihak Pengelola Coban Rondo menyediakan lahan perkemahan (camping ground) untuk Anda yang ingin lebih dekat dengan alam. Tidak usah takut kelaparan dan kehausan karena di area wisata ini banyak warung yang menjual berbagai keperluan termasuk pernak-pernik untuk oleh-oleh.

  • Taman Bunga Selecta

Wisata Alam Taman Bunga Selecta Batu Malang

@diajengayus

Taman Bunga Selecta dibangun sejak tahun 1930 pada masa penjajahan Belanda. Taman seluas 18 hektar  ini memiliki empat bagian utama yaitu Taman Rekreasi, Hotel, Restoran, dan Kebun. Para pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas dan wahana antara lain kolam renang, taman bunga, outbond, dan arena jogging. Selecta menjadi favorit wisatawan karena keindahan lokasinya dan kesejukan udara. Bagi wanita yang suka bunga pasti akan sangat senang berada di tempat ini karena banyak bunga berwarna warni yang tersusun rapi dan indah. Anda akan merasa sedang berada di Belanda pada musim semi karena banyak bunga yang cantik dan elok untuk dipandang mata.

Kepoin Yang Ini  7 Pusat Makanan dan Oleh-Oleh Khas Ambarawa Jawa Tengah

Untuk menuju lokasi dari pusat kawasan wisata kota Batu hanya perlu berjalan menuju alun-alun kota Batu. Masuklah ke Jalan Gajah Mada lalu beberapa ratus meter akan melihat gedung kantor BCA maka akan terlihat papan petunjuk kecil bertuliskan Taman Rekreasi Restoran dan Hotel Selecta. Jalan terus hingga ada pintu masuk ke Taman Rekreasi Selecta. Jika naik kendaraan umum, naiklah “len” yang berwarna biru dengan kode AL atau ADL menuju terminal Ladungsari. Setelah itu naik angkot pink jurusan Kota Batu. Dari terminal Batu hanya naik angkot sekali yaitu angkot orange jurusan Terminal Batu – Selecta – Coban Talun. Voila Anda akan tiba di depan lokasi.

Taman ini buka setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 6 sore. Harga tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang termasuk semua wahana kecuali Flying fox (Rp.20.000,-/orang), naik kuda (Rp.10.000,-/orang), Sky Bike (Rp.20.000,-/orang) dan perahu ayun (Rp.10.000,-/orang). Aktivitas wisata lainnya yang disediakan yaitu sky bike, taman bunga, water boom dan taman bermain anak, sepeda air, perahu ayun, flying fox, dan Goa Singa. Jika ingin menginap maka Anda bisa menyewa hotel atau cottage dengan harga yang cukup mahal.

  • Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular Malang

@exploremalangraya

Batu Night Spectacular (BNS berlokasi di Desa Oro-oro Ombo yang lokasinya dekat dengan Jatim Park 2. Sesuai dengan namanya, tempat ini buka dari sore (pukul 15.00) hingga tengah malam (pukul 24.00). Ada puluhan wahana permainan seru seperti gallery hantu, slalom test, sepeda udara, lampion garden, dan trampoline. Semua tempat itu sangat bagus untuk dijadikan spot foto, kalau istilah zaman sekarang instagramable. Ada juga berbagai wahana yang menantang seperti drag race dan mouse coaster. Jangan khawatir jika membawa anak-anak karena ada Kids Zone yang memiliki 25 wahana. Tempat ini juga dilengkapi dengan panggung musik yang menghadirkan berbagai kesenian tradisional.

  • Eco Green Park

Eco Green Park Batu Malang

@ayodolan

Eco Green Park terletak di Jl Ora-ora Ombo No 9A, tepat di sebelah Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2. Eco Green Park meyediakan 35 wahana edukasi yang seru dan pasti membuat anak-anak lupa waktu. Sesuai dengan motonya yaitu Fun and Study, Eco Green Park menawarkan konsep wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni untuk masyarakat. Para pengunjung (terutama anak-anak) diharapkan bisa belajar tentang ekosistem dan alam. Eco Green Park ini memiliki beberapa zona yaitu Zona miniatur candi yang terkenal di seluruh Jawa, insectariums (kandang serangga), walking bird (tempat pameran burung), music plaza, jungle adventure, world parrot, Duck Kingdom, Rumah Terbalik, Water Track, Dome multimedia, dan masih banyak lagi. Untuk mengelilingi tempat ini maka Anda bisa menyewa e-bike. Jika ingin eksplorasi hutan dengan kereta maka datangi Jungle Adventure, para pengunjung juga bisa menembak pemburu liar dengan senapan mainan. Tempat ini buka dari pukul 09.00 setiap hari hingga pukul 18.00 sore.

Kepoin Yang Ini  5 Destinasi Wisata Terbaru di Tuban dengan Pemandangan Alami

 

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.