Keindahan Labuan Bajo yang Membekas di Hati

Wisata Labuan Bajo Flores NTT

Labuan Bajo di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur menjadi destinasi favorit masyarakat Indonesia dan sudah dikenal secara luas oleh masyarakat dunia. Tidak usah heran karena Anda akan melihat begitu banyaknya wisatawan mancanegara yang dikenal dengan bule karena rambutnya yang pirang dan kulitnya yang putih kemerahan. Surga dunia adalah julukan yang paling tepat untuk Labuan Bajo. Tidak akan ada yang memungkiri kalau Labuan Bajo itu indah. Warna alam yang berbeda-beda akan ditampilkan sesuai dengan musim dan bulan Anda berkunjung ke sana.

labuan bajo trip

@sinparardviajar

Jika Anda berwisata ke sana pada musim hujan sekitar November hingga Februari maka panorama yang disuguhkan adalah savana berbukit yang berwarna hijau dan laut berwarna biru gelap. Pada musim pancaroba antara Maret hingga Mei maka panorama yang disuguhkan adalah savanna berbukit yang berwarna hijau kekuningan dan laut berwarna biru muda. Pada musim kemarau yang merupakan waktu terbaik untuk berkunjung yakni antara Juni hingga September maka Anda akan menyaksikan savanna berbukit yang berwarna kuning dan laut bergradasi biru tosca. Jika ingin menyaksikan semua panorama itu maka perhatikan bulan ya agar foto-foto yang diambil berbeda-beda kenampakannya. Wilayah Labuan Bajo yang luas meliputi beberapa spot cantik yang akan dibahas pada artikel ini. Berikut pembahasannya.

  1. Gili Lawa atau Gili Laba

Wisata gili lawa flores

@tomsssssssss

Pintu gerbang Taman Nasional Komodo ini pasti membuat Anda terkagum-kagum dan terpesona. Gili Lawa terbagi menjadi 2 yaitu Gili Lawa Darat dan Laut. Gili Lawa Darat berbentuk bukit yang harus didaki sekitar 30 menit untuk melihat pemandangan di sekitar area Taman Nasional Komodo yang spektakuler. Gili Lawa darat ini memiliki padang savanna yang cantik dan cukup luas sehingga Anda wajib berfoto di sana. Sedangkan Gili Lawa Laut adalah lokasi laut di sekitar Gili Lawa yang memiliki warna biru dengan gradasi hijau tosca. Perpaduan warna yang sempurna akan Anda lihat di area Gili Lawa ini karena warna langit pun mendukung yakni berwarna biru muda dengan awan yang berwarna putih. Air laut semacam selat yang diapit oleh 2 pulau merupakan spot ikonik dari Gili Lawa yang tidak boleh terlewat untuk diabadikan.

paket wisata gili lawa flores ntt

@anjanitrip

Untuk menyusuri area Taman Nasional Komodo ini harus menyewa kapal dari pelabuhan di Labuan Bajo. Jaraknya yang cukup jauh membuat Anda harus menghabiskan waktu bermalam di kamar minimal selama 3 hari 2 malam. Jika Anda termasuk pecinta sunset dan sunrise maka Gili Lawa ini bisa menjadi spot kedua momen indah itu.

gili lawa laut flores

@sukaberjalan

Pilih saja mana waktu yang tepat untuk Anda sesuai durasi perjalanan. Jika suka eksplorasi laut atau pecinta watersport maka Anda bisa snorkeling atau diving di area Gili Lawa laut. Keindahan alam bawah lautnya tidak kalah dengan keindahan daratannya. Sepertinya Tuhan sedang bahagia saat menciptakan Labuan Bajo sehingga tempat ini begitu indah bagaikan surga.

  1. Pulau Komodo

wisata pulau komodo

@kakabantrip

Komodo adalah hewan berbisa nan buas yang menjadi ikon Flores. Bentuknya yang mirip dengan kadal dan biawak dalam versi jumbo ini menjadikan hewan ini membuat orang penasaran untuk melihatnya secara langsung. Sesuai dengan namanya, di pulau ini para komodo tinggal dan berkembang biak. Jika berada di pulau ini harus ekstra berhati-hati karena komodo bisa berada di mana saja.

trip pulau komodo

@flores.trip

Supaya aman maka Anda harus selalu berada di dekat ranger karena mereka yang paling tahu tentang keberadaan komodo. Komodo kecil biasa hidup di pohon sehingga harus berhati-hati jangan sampai terlalu dekat dengan komodo karena komodo kecil juga buas. Jangan membawa makanan berbentuk daging atau yang beraroma darah karena bisa menarik perhatian komodo sehingga Anda bisa jadi didekati oleh komodo yang berbahaya. Ukuran komodo di pulau ini sangat besar karena ketersediaan mangsanya cukup banyak sehingga para komodo merasa sangat kenyang.

wisata alam pulau komodo

@heldaaa.siringo2

 

  1. Pulau Rinca

pulau rinca ntt

@videolucuhaha     

Sama halnya dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca juga menjadi habitat komodo. Perbedaan kedua pulau ini yaitu Pulau Rinca lebih banyak padang savanna sedangkan Pulau Komodo berupa hutan yang lebat. Untuk mendapat foto yang lebih baik maka pulau ini yang harus dijadikan objeknya. Padang savanna yang gersang menjadi ciri khas dari area Taman Nasional Komodo ini. Namun Anda harus ekstra hati-hati karena komodo di pulau ini jauh lebih agresif dan buas. Kenapa begitu? Karena Pulau Rinca yang gersang membuat mangsa komodo yaitu rusa jumlahnya lebih sedikit sehingga komodo lebih lapar dan badannya lebih langsing daripada komodo di Pulau Komodo. Jadi pilihan ada pada Anda, lebih suka savanna atau hutan belantara untuk melihat komodo. Jika waktunya sempat maka kunjungilah kedua tempat tersebut agar bisa merasakan perbedaannya.

  1. Pulau Padar

biaya ke pulau padar

@ellysa.yulia

Panorama ikonik dan terkenal di mana bukitnya berbentuk seperti bulan sabit ini menjadi spot wajib yang harus diabadikan. Pulau ini sepi karena tidak berpenghuni. Untuk sampai di puncak dan berfoto di sana maka Anda harus mendaki trek yang curam. Ketika berada di pulau ini maka Anda akan merasa dibawa kembali ke masa jurasic park di mana dinosaurus masih hidup. Bukit-bukit berwarna kecoklatan yang berpadu dengan birunya laut membuat panorama pulau ini begitu syahdu. Untuk menuju Padar, kapal besar tidak bisa menuju hingga ke tepinya sehingga kapal besar harus parkir agak ke tengah laut kemudian Anda akan naik perahu kecil atau sekoci untuk sampai di pulau ini.

Kepoin Yang Ini  Wisata Manis di Daerah Hitam Manis

Teriknya sinar matahari dan jalur yang terjal menjadi hambatan terbesar bagi banyak orang. Untuk sampai ke puncaknya maka Anda harus mempersiapkan fisik dan mental baja agar tidak mudah lelah dan menyerah. Bawalah air yang cukup agar tidak kehausan. Ingatlah tempat yang indah tidak pernah mudah untuk didatangi karena itulah cara Tuhan untuk menjaganya.

  1. Pink Beach

pantai pink ntt

@gesang_han

Pantai merah jambu atau Pink Beach merupakan pantai paling unik yang ada di Indonesia. Kenapa diberi nama Pink Beach? Karena pasir pantainya berwarna merah jambu. Sungguh, warnanya memang benar-benar pink. Coba saja saat tiba di sana Anda foto pasirnya dari dekat dan voila warna pink akan terlihat jelas. Selain pantainya yang memukau, jangan lewatkan untuk eksplor sisi lain pantai ini yaitu bukit savanna yang indah. Anda hanya butuh menanjak sedikit untuk mendapat panorama yang sangat indah dari pantai ini. Dari puncak bukitnya Anda bisa melihat pemandangan Pink Beach secara keseluruhan. Banyak orang yang tidak menyadari keindahan bukit ini karena sudah terpesona dengan pantainya. Area laut di sekitar pantai ini juga biasa dieksplorasi dengan cara snorkeling karena bawah lautnya juga sama indahnya dengan daratan. Semua sisi pantai ini sangat indah sehingga Anda harus cerdik untuk mengambil angle dan spot terbaik.

 

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.