Keindahan Raja Ampat yang Tak Bisa Diragukan Lagi

Keindahan Raja Ampat yang Tak Bisa Diragukan Lagi

Raja Ampat semula bersatu dengan kabupaten Sorong, namun kini telah menjadi kabupaten Raja Ampat pada tahun 2004 karena daerah ini begitu terkenal akan keindahan alamnya sehingga menjadi objek wisata yang mendunia. Kepulauan dengan pemandangan bawah laut yang indah telah menjadi salah satu situs warisan dunia karena keindahannya juga ada pada daratannya. Raja Ampat menjadi destinasi favorit para penyelam karena taman bawah lautnya begitu indah. Terdapat banyak jenis terumbu karang dan hewan laut, Namun jika tidak bisa menyelam karena tidak punya diving license, Raja Ampat juga bisa dilihat keindahan daratannya berupa pantai berpasir putih, gugusan pulau-pulau karst, dan flora fauna endemik seperti cendrawasih dan anggrek.

Ada hal menarik lainnya dari pulau ini yaitu peninggalan zama prasejarah yang ada di kawasan gugusan Misool. Ada cap-cap tangan pada dinding batu karang yang diyakini berusia lebih dari 50.000 tahun. Ada juga bekas peninggalan pesawat udara yang karam pada masa Perang Dunia II di pulau Wai. Cara termudah menuju Raja Ampat dari luar Papua adalah melalui penerbangan ke Sorong yang pada umumnya transit di Makassar. Dari Bandara di Sorong, sewalah kendaraan menuju pelabuhan Sorong. Ada beberapa pilihan perahu yang tersedia untuk menuju Waisai di Pulau Waigeo selama 2-3 jam. Selama di Waigeo, Anda sebaiknya menyewa sepeda motor agar lebih mudah untuk eksplor pulau tersebut. Sudah penasaran ingin tahu lebih lanjut tentang Raja Ampat? Berikut ini beberapa tempat yang wajib dikunjungi.

Pulau Waigeo

Wisata Alam Pulau Waigeo

@pikniknusantara

Pulau Waigeo merupakan pulau terbesar dari empat pulau utama di kepulauan Raja Ampat. Pulau Waigeo kerap disebut Amberi atau Waigiu yang berada di Provinsi Papua Barat dekat kota Sorong. Tiga pulau lain terbesar di kepulauan ini adalah Salawati, Batanta dan Misool. Di Pulau Waigeo ini ada kota Wasai yang merupakan ibukota Kabupaten Raja Ampat. Pulau ini menjadi rumah bagi berbagai Objek wisata alam dan paling mudah dijangkau dengan transportasi umum. Pulau Waigeo memiliki banyak spot diving, pulau-pulau batu karang, teluk yang indah berdinding tebing yang menjulang, hutan  dengan interior pengamatan burung dan pilihan akomodasi termurah di antara gugusan pulau lainnya di Raja Ampat. Pulau Waigeo memiliki hutan rimba yang lebat,namun sebagian besar dari wilayah ini masih belum bisa didatangi. Hutan-hutan lebat itu dihuni oleh burung-burung berwarna merah, possum, ular, kura-kura, biawak raksasa, bangau berbulu, dan bangau penghisap madu. Aktivitas paling populer di Raja Ampat adalah menyelam (diving) dan snorkeling karena taman bawah lautnya begitu menakjubkan. Sekelompok ikan berwarna-warni (school fish) di sepanjang terumbu karang menjadi suguhan indah saat menyelami laut. Jika diving, pada kedalaman sekitar 30 meter di sepanjang Pantai Waiwo, jika beruntung Anda akan melihat Ikan Hiu  Sirip Putih (white tip reef sharks) dan Ikan Hiu Sirip Hitam (black tip reef sharks). 

Kepoin Yang Ini  Biak, Keindahan di Timur Indonesia

Pulau Misool

Wisata Alam Pulau Misool

@bello_id

Misool bagaikan serpihan surga karena memiliki keindahan pantai dan taman laut. Sederetan pulau batu karang di bagian barat dan timurnya yang membentang semakin membuat Misool memesona. Misool berbatasan langsung dengan Laut Seram, perairannya juga bermuara pada laut lepas yang menjadi jalur lintas hewan-hewan besar seperti paus. Pulau Misool bagaikan pulau pribadi karena pulau ini tak berpenghuni. Keberadaan surga bawah laut di Misool sudah bisa terlihat dari daratan karena beningnya air laut yang berwarna turquoise sangat menyejukkan.

Kepulauan Raja Ampat termasuk daerah segitiga karang dunia dengan taman bawah lautnya yang menyimpan sekitar 75 persen jenis ikan hias dan segitiga karang yang ada di dunia. Ada beberapa titik penyelaman yang menawarkan view spektakuler. Beragam jenis ikan, terumbu karang, hiu, penyu, pari, dan biota laut lainnya adalah penghuni tetap surga bawah laut Pulau Misool. Aktivitas yang wajib dilakukan selama di Misool adalah snorkeling, diving, berenang, berjemur atau bersantai di tepi pantai yang sepi. Waktu terbaik untuk menyelam di Pulau Misool nyaris sepanjang tahun terutama pada musim kemarau. Kunjungan pada waktu yang berbeda tentunya pengalaman yang didapatkan juga akan berbeda.

Ada beberapa desa di sekitar Pulau Misool yang menarik untuk dikunjungi. Anda akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang budaya lokal, adat, istiadat, dan lainnya. Anda juga bisa menjelajahi hutan mangrove dan menyaksikan burung-burung yang hanya ada di Papua. Tempat favorit lainnya di pulau ini adalah keberadaan lukisan berbentuk tangan manusia, ikan, dan lainnya yang disebut sebagai petroglyph dengan warna dominan merah diperkirakan berusia sekitar 5.000 tahun. Lokasinya agak tersembunyi di dalam labirin yang terbentuk dari sejumlah laguna dan batuan karst.

Kepoin Yang Ini  Adakah Tempat Hiburan Malam di Nabire?

Pulau Wayag

Wisata Alam Pulau Wayag

@loveria_sekarrini24

Wayag adalah Ikon Raja Ampat sehingga pulau ini wajib dikunjungi. Wayag lokasinya terjauh dari Raja Ampat sehingga butuh waktu enam hingga tujuh jam perjalanan dengan speedboat untuk sampai di pulau ini. Sebaiknya berangkat pada malam atau subuh jika ingin mendapatkan banyak momen indah. Puncak bukit karst di Wayag adalah destinasi utama yang wajib didatangi. Pulau berbukit ini memiliki pasir putih dan dikelilingi pulau-pulau kecil lainnya. Untuk mendaki puncak bukit butuh waktu sekitar satu hingga 2 jam. Dari puncak bukit tersebut akan terlihat seluruh pemandangan Raja Ampat. Saat menaiki bukit karang dan karst ini harus memakai sepatu atau sendal gunung yang ada tali belakangnya. Karst di tempat itu sangat tajam dan berbahaya sehingga bisa melukai kaki. Jika datang ke Pulau Wayag, Anda akan melihat berbagai permainan tradisional dan bisa juga ikut memainkannya bersama warga setempat. Pulau Wayag juga dikenal sebagai habitat ikon Papua yaitu burung Cendrawasih. Tak heran semua wisatawan yang datang ke Raja Ampat pasti menyempatkan diri untuk berkunjung di pulau ini. Rata-rata wisatawan akan menghabiskan sebagian besar waktunya di Wayag daripada di pulau-pulau lainnya.

Pulau Salawati

Wisata Alam Pulau Salawati

@Pulau Salawati

Pulau Salawati sangat unik karena hampir hampir 3/4 dari pulau ini ditumbuhi oleh pohon sagu yang merupakan makanan pokok masyarakat Papua.  Pulau ini masih belum terjamah oleh manusia karena fasilitas wisata di pulau ini sangat minim. Namun justru itulah yang menjadi daya tarik pesonanya terutama bagi wisatawan mancanegara. Pulau Salawati juga memiliki pesona budaya berupa tarian wor. Pulau seluas 1.623 km² ini terletak di antara Pulau Batanta dan Wilayah Papua New Guinea. Pulau ini merupakan surganya fauna dan flora. Bagaimana tidak? Hampir tiga per empat dari pulau Salawati berupa hutan hijau yang alami dan sangat lebat. Hutan di pulau ini didominasi pohon-pohon sagu yang tumbuh liar tanpa ada yang menanamnya. Penasaran betapa eksotisnya pulau ini? Jika punya kesempatan berkunjung ke Raja Ampat maka Salawati tidak boleh luput dari daftar kunjungan Anda.

Kepoin Yang Ini  Keindahan Alam Merauke di Kota Paling Timur Indonesia

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.