Keindahan Surabaya Tak Pernah Ingkar Janji

Keindahan Surabaya Tak Pernah Ingkar Janji

Ibukota Jawa Timur yang dikenal sebagai kota pahlawan ini memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah. Kulinernya yang lezat seperti rujak cingur pasti membuat kota ini disukai. Seperti kota besar pada umumnya, Surabaya juga terkenal macet jadi untuk menghilangkan penat akibat macet maka Anda perlu untuk berlibur ke objek wisata alam yang teduh dan menangkan. Jika Anda masih bingung harus wisata ke mana selama berada di Surabaya maka Anda harus baca artikel ini sampai selesai. Berikut ini beberapa destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi. 

  • Pantai Kenjeran

Wisata Alam Pantai Kenjeran Surabaya

@hitomi_np

Pantai Kenjeran menjadi destinasi favorit masyarakat lokal Surabaya. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota hanya sekitar 9 km membuat tempat ini cukup ramai dikunjungi. Pantai ini letaknya berdekatan dengan Jembatan Suramadu tepatnya di Kecamatan Kenjeran. Pantai Kenjeran sudah dikelola oleh pemerintah daerah sehingga fasilitas yang tersedia sudah cukup baik. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini yakni pada pagi hari karena Anda akan melihat momen sunrise yang indah. Spot berburu sunrise di Surabaya memang Pantai kenjeran ini. Telah dibangun spot unik bernama Kya kya untuk menikmati keindahan laut. Kya kya adalah bangunan dengan arsitektur bergaya cina yang letaknya menjorok ke laut seperti dermaga. Bisa dikatakan kya kya ini menjadi spot instagramable baru di pantai ini. Keistimewaan lain dari kya kya ini yaitu bisa dijadikan spot berburu sunset karena matahari tenggelam akan terlihat jelas dari tempat ini. Biasanya sepulang kerja dan lelah banyak orang yang datang ke pantai ini untuk melihat matahari terbenam yang indah.

  • Hutan Mangrove Wonorejo

Wisata Alam Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

@juliajules234

Bagi pecinta alam yang ingin melihat tingkah berbagai fauna di Surabaya maka destinasi ini wajib dikunjungi. TIdak seperti kebun binatang yang mengurung fauna-faunan, hutan Mangrove Wonorejo ini berbeda. Para pengunjung dapat melihat berbagai fauna yang hidup bebas di hutan mangrove yang terletak di daerah Wonorejo ini. Karena berbentuk hutan maka terdapat sekitar 80 jenis burung, 16 jenis pohon bakau, dan 7 jenis primata yang hidup di kawasan ini. Jika beruntung, Anda bisa melihat biawak besar yang melintas di atas air. Jika ingin eksplor hutan ini maka sebaiknya menyewa perahu nelayan untuk berkeliling dan melihat kondisi alam yang sesungguhnya. 

  • Wisata Mangrove Gunung Anyar

Wisata Mangrove Gunung Anyar

@nanda_rahmawati

Hutan mangrove ini berbeda dengan hutan mangrove Wonorejo. Hutan mangrove Gunung Anyar ini memiliki beberapa fauna endemik yang hidup di alam bebas seperti monyet ekor panjang, burung kuntul putih besar, dan itik kelabu. Untuk melihat kehidupan satwa-satwa langka secara langsung maka Anda sebaiknya menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di tempat ini. Lokasi hutan ini lebih terpencil karena lebih jauh dari Hutan Mangrove Wonorejo. Tempat ini masih dikelola oleh masyarakat setempat sehingga belum tertata apik. Jika ingin datang ke tempat ini bisa dengan ojek online. Jangan lupa hutan ini berada di kota besar sehingga untuk urusan transportasi tidak akan sulit. Akses ojek online bisa mencapai kawasan ini. Tempat ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Jika ada penjaga di loket masuk maka Anda harus bayar sebesar Rp 5.000 per orang namun jika tidak ada penjaga maka Anda tidak perlu bayar tiket masuk alias wisata gratis.

  • Taman Flora Bratang

Wisata Alam Taman Flora Bratang

@pivicasa

Taman Flora Bratang seluas 2,5 hektare lokasinya di dekat terminal bus kota Bratang sehingga sangat mudah untuk didatangi. Taman ini menjadi paru-paru kota Bratang yang hiruk pikuk setiap hari. Pepohonan yang rindang membuat suasana kota menjadi lebih asri dan menyegarkan. Taman ini kerap dijadikan arena belajar biologi oleh para siswa. Fasilitas wifi gratis tentu membuat pelajar betah berada di taman ini sambil menikmati semilir angin. Ada kolam ikan yang cukup besar di dalam taman dan fasilitas lainnya seperti arena bermain anak-anak, lokasi kuliner, kandang rusa, dan masih banyak hal lainnya. Berada di taman ini seolah membuat para pengunjung lupa akan kebisingan dan kepadatan kota yang membuat penat. Berbagai flora yang hidup di taman ini membuat taman ini layak untuk dikunjungi oleh siapa saja.

  • Kebun Bibit Wonorejo

Wisata Alam Kebun Bibit Wonorejo

@roby.kurniawan87

Kebun bibit Wonorejo adalah tempat persemaian bibit-bibit pohon untuk ditanam di Surabaya. Kebun seluas 6 hektar ini sangat asri sehingga membuat Anda lupa kalau Anda berada di Surabaya. Tempat wisata gratis ini tidak boleh dilewatkan saat berada di Surabaya. Tersedia banyak fasilitas di tempat ini seperti danau yang indah sehingga sering dijadikan lokasi foto pre wedding. Ada kandang rusa dan area wall climbing yang memang disediakan untuk anak-anak. Bagi yang suka olahraga maka wajib datang ke tempat ini karena ada jogging track dan fitness area yang bisa dipakai tanpa biaya. Ada juga camping ground yang bisa dipakai untuk berkemah. Bagi remaja atau anak muda yang ingin berkemah di tempat ini harus izin dengan pengelola terlebih dahulu.

  • Hutan Bambu Keputih

Wisata Alam Hutan Bambu Keputih

@istianadewihamidah

Tempat wisata ini menjadi incaran para traveler karena suasana hutan ini mirip dengan hutan bamboo Sagano di Jepang. Terlebih lagi ada taman sakura atau taman harmoni yang ditumbuhi bunga bajareja yang mirip dengan bunga sakura. Hutan Bambu Keputih ini memiliki area cantik dengan latar belakang pohon bambu yang hijau dan rindang sehingga membuat tempat ini sangat cocok untuk jadi spot foto yang instagramable. Hawa di Hutan Bambu ini lebih sejuk sehingga banyak orang akan betah berada di tempat ini. Jangan merokok saat berada di hutan ini karena bisa merusak keindahan, mengotori udara, dan puntung rokok  mungkin akan menjadi pemicu kebakaran. Pada musim kemarau yang panas dan kering membuat daun bambu yang mongering berguguran sehingga mudah terbakar. Tempat ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Hutan ini gratis untuk dimasuki sehingga para pengunjung wajib menjaga kebersihan dan keberadaan hutan ini. Hutan ini terletak di Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo yang bisa didatangi dengan naik ojek online agar tidak bingung mencari jalan atau naik kendaraan pribadi dengan bantuan peta digital dari smartphone.

  • Taman Bungkul

Wisata Taman Bungkul

@rinikusumasbotvketanpunel

Taman bungkul di Kota Surabaya ini dinobatkan sebagai taman terbaik di dunia oleh PBB. Tempat ini ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat karena menawarkan keasrian di tengah-tengah kota yang ramai dengan polusi. Taman yang tertata apik dengan pepohonan dan bunga-bunga menjadikan tempat ini sangat layak untuk dikunjungi. Dahulu tempat ini adalah hanya tempat berziarah ke makam Sunan Bungkul. Namun saat ini tidak hanya berziarah, para pengunjung bisa datang ke taman ini untuk berwisata. Ketersediaan wifi dan air minum gratis membuat tamn ini menjadi tempat favorit berbagai kalangan. Tidak perlu khawatir kelaparan karena banyak pedagang yang sudah diatur oleh pemerintah setempat sehingga keberadaan pedagang tidak membuat taman ini menjadi kotor dan sumpek.

Kepoin Yang Ini  5 Daftar Wisata Pasuruan yang Bisa Jadi Referensi Liburanmu

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.