Keindahan yang Tak Pernah Lepas dari Ende

Keindahan yang Tak Pernah Lepas dari Ende

Ende, sebuah kota di Pulau Flores yang termasuk wilayah Nusa Tenggara Timur. Kota ini memiliki sebuah bandara yang sering menjadi transit orang-orang yang bepergian di sekitar Nusa Tengara terutama Nusa Tenggara Timur. Kota terkecil di Pulau Flores ini terletak di pesisir selatan Flores sehingga tak aneh jika pantai ini memiliki banyak pantai yang sangat eksotis. Kecil kecil cabe rawit sepertinya tepat untuk diberikan kepada Ende karena kota kecil ini menjadi salah satu gerbang surga di tanah Flores. Tak hanya memiliki nilai sejarah, daerah ini juga memendam seribu keindahan alam yang wajib dikunjungi jika sudah menginjakkan kaki di Flores. Dari sekian banyak keindahan yang ada, berikut ini beberapa tempat wisata alam terindah di Ende dan sekitarnya.

  • Pantai Mbuu

Wisata Alam Pantai Mbuu

@rereanindita

Pantai Mbuu yang disebut Mbu’u oleh masyarakat setempat terletak sejauh 5 km dari pusat kota Ende. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai di pantai ini dengan naik kendaraan umum atau sewaan. Lokasi tepatnya di belakang Bandara Hasan Aroeboesman. Masyarakat Ende senang berkumpul dan bertamasya di pantai ini pada akhir pekan. Keunikan dari pantai ini adalah pasir pantainya yang berwarna hitam dan terdapat batu-batu yang berserakan di tepi pantai. Bebatuan tersebut beraneka warna dan bentuk, namun warna yang mendominasi adalah warna hijau muda. Jadi Anda pasti akan melihat para wanita mencari batu dan pasir untuk dijual. Kegiatan yang dilakukan para wanita itu adalah menambang. Ya, menambang pasir dan batu sebagai mata pencaharian. Tak hanya laut, pasir, dan ombak yang bisa dilihat di pantai ini, Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Meja dan Gunung Iya yang semakin membuat pantai ini terlihat indah. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang sehingga sangat seru jika berjalan menyusuri pantai ini bersama teman atau sendiri pun tak apa.

  • Pantai Ria

Wisata Alam Pantai Ria

@amel_ds14

Pantai Ria merupakan pantai favorit warga Ende untuk menghabiskan sore sambil melihat panorama sunset yang indah. Letaknya benar-benar di dalam kota sehingga tak mengherankan jika banyak fasilitas berupa kursi-kursi yang disediakan beberapa rumah makan yang ada di tepi pantai. Cobalah minum kelapa muda dan makan pisang goreng di sini sambil menyaksikan sunset maka keindahan akan semakin terasa. Pantai ini menjadi destinasi untuk berwisata alam sambil wisata kuliner. Pantai yang landai dan luas diserta ombak yang bersahabat benar-benar cocok untuk berenang atau sekedar bermain air bersama keluarga maupun teman. Walau berpasir hitam, pantai ini tak kalah indahnya dengan pantai berpasir putih. Hitam manis itulah sebutan yang sangat pas untuk Pantai Ria!

  • Pantai Penggajawa atau Blue Stone Beach

Wisata Alam Pantai Penggajawa

@Pantai Penggajawa

Pantai yang satu ini terletak di luar kota Ende. Jika masuk kota Ende dari arah barat yaitu Bajawa pasti Anda melewati pantai ini. Pantai ini terkenal karena bebatuannya bulat-bulat mulus dan berwarna hijau atau biru muda. Tak heran jika pantai ini lebih dikenal dengan nama Blue Stone Beach. Seperti di pantai Mbuu, warga lokal mengumpulkan bebatuan ini untuk dijual ke luar Flores. Banyak rumah mewah atau resort yang menyebar batu-batu ini di halamannya sehingga batu ini bernilai harganya. Akankah batu-batu tersebut habis jika terus dikumpulkan dan dijual? Menurut warga setempat tidak akan habis karena alam selalu menyediakan batu-batu ini dari laut.

  • Gunung Meja

Wisata Alam Gunung Meja

@agushong

Diberi nama Gunung Meja karena puncak ini sangat datar seperti meja. Puncak yang datar itu membuat gunung ini mudah dikenali oleh siapapun. Jika terbang menuju kota Ende maka gunung ini akan terlihat sekilas. Gunung yang menjadi ikon Ende ini juga bisa terlihat dari Pantai MBu’u dan Pantai Tangga Alam. Kok bisa gunung puncaknya datar? Ternyata puncak gunung yang datar tersebut tidak terjadi secara alami. Gunung ini memang sengaja dipotong oleh pemda setempat karena mengganggu proses pendaratan dan keberangkatan pesawat dari Bandara Haji Hasan Aroeboesman yang lokasinya tak jauh dari gunung itu. Ternyata keunikan yang dibuat itu tetap bisa jadi indah ya!

  •  Gunung Iya

Wisata Alam Gunung Iya

@wonderfulfloresid

Namanya sangat lucu ya, Gunung Iya! Gunung Iya adalah satu-satunya gunung berapi yang masih aktif di Ende. Pada tahun 2016 lalu, gunung ini meletus namun tidak begitu dahsyat. Gunung ini berada di sebelah Gunung Meja. Konon ada cerita tentang Gunung Iya dan Gunung Meja ini. Kedua gunung itu dikisahkan memiliki hubungan cinta. Gunung Iya adalah pria dan Gunung Meja adalah wanita. Gunung Iya selalu diibaratkan sebagai pria yang sedang merokok karena puncak gunung ini senantiasa berawan sehingga terlihat  aseperti pria yang sedang merokok. Awan diibaratkan asap rokok yang mengepul. Walau tingginya hanya 637 mdpl, gunung ini tidak mudah untuk didaki. Kenapa ya? Karena gunung ini terjal dan treknya hampir semua terbuka tanpa pepohonan sehingga para pendaki langsung terkena panas matahari tanpa pelindung. Namun jika Anda termasuk orang yang pantang menyerah maka gunung ini wajib didaki karena ganjaran pemandangan di atas gunung ini akan setimpal. Hal yang harus diingat, jarang ada orang yang bisa mendaki gunung ini kecuali warga setempat, jadi jika Anda berniat untuk mendaki gunung  ini dipandu oleh warga setempat. Hanya warga setempat yang tahu benar tentang trek atau jalur mana yang bisa dilewati untuk mencapai puncak gunung ini.

  • Danau Kelimutu

Wisata Alam Danau Kelimutu

Wisata Alam Danau Kelimutu

Taman Nasional Kelimutu, itulah nama kawasan di mana Danau Kelimutu berada. Tepatnya di Desa Moni yang berada di Kabupaten Ende. Moni bisa ditempuh dengan naik kendaraan selama 2 jam dari Ende. Cukup sulit untuk mencari angkutan umum di Ende yang menuju ke Moni dan sekitarnya sehingga Anda harus mencari tahu terlebih dahulu dan bersabar menunggu kedatangannya. Objek wisata unggulan Indonesia ini sudah dikenal oleh banyak orang terutama warga Indonesia karena tempat ini pernah terpampang pada uang kertas nominal 5.000 sehingga danau ini cukup dikenal dibandingkan daerah lainnya di Flores. Danau tiga warna ini juga sering menjadi ikon wisata Indonesia yang selalu berdampingan dengan Candi Borobudur, Danau Toba, Pura Ulun Dalu Baratan di Bali dan Wayag di Raja Ampat. Konon warna air danau yang ada di tiga danau tersebut sering berubah warna pada waktu-waktu tertentu. Ketiga danau tersebut memiliki nama yaitu Ata Polo, Nua Muri Koo, dan Ata Mbupu. Unik ya namanya, seunik bentuk dan warnanya. Untuk melihat ketiga danau dari jarak yang cukup dekat maka Anda harus menaiki jalan yang telah diaspal dan ada juga bagian yang dibuat bertangga-tangga. Jangan ragu lagi, ayo segera datangi tempat ini!

Kepoin Yang Ini  Sumba Barat Daya Pasti Mengalihkan Duniamu

Itulah beberapa destinasi unggulan yang menjadi kebanggaan Ende dan Flores. Jika sudah penasaran untuk menjelajahi Ende maka sebaiknya menabung yak arena harga tiket pesawat untuk ke sana cukup mahal. Namun tidak usah khawatir karena uang Anda itu akan terbayar lunas dengan kepuasan yang didapat berkat keindahan kota ini. Happy holiday!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.