Keistimewaan Pemandian Air Panas Guci yang Ada di Tegal

Pemandian Air Panas Guci yang ada di Tegal memiliki keistimewaan tersendiri dan tidak bisa dicontek oleh pemandian lain. Tempat ini diselubungi oleh kabar-kabar mistis karena berada di kaki Gunung Slamet. Terlebih lagi, pemandian air panas ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Sebelum kamu ke sana, yuk kenali dulu tempat unik ini.

Gambar dari IG @exploretegal

Istimewanya Tempat Wisata di Tegal Ini

Dengan fakta, bahwa Kolam Air Panas Guci ini berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan air laut, tentu memiliki suasana yang begitu sejuk. Kesejukannya begitu terasa karena sumber airnya terbentuk secara alami. Bukan hasil rekayasa atau hasil ide kreatif manusia. Alirannya meluncur secara alami dari perut bumi.

Gambar dari IG @azizcantigi_fotografi

Istimewanya, begitu kamu mencelupkan sebagian tubuh atau keseluruhan tubuh ke pemandian ini, maka beragam penyakit dipercaya bisa sembuh. Mulai dari penyakit kulit gatal, kurap, rematik, dan lain-lain.Mungkin terdengar mengada-ada, tapi faktanya memang demikian dan sudah banyak yang membuktikan mitos tersebut.

Sebagian besar warga Tegal bersaksi, bahwa pemandian ini merupakan warisan dari Walisongo. Keindahannya dapat dirasakan dari panorama yang terbentuk dari 10 air terjun serta beberapa pancuran yang menyejukkan mata. Tidak hanya mandi saja. Kamu pun bebas menelusuri kawasan wisata ini dengan menaiki kuda.

Kepoin Yang Ini  Cari Tau Wisata Alam Ungaran Disini

Di pemandian air panas ini terdapat wahana baru bernama Guciku Hot Waterboom Tegal. Wahana ini khusus berisi permainan air seperti arung jeram, kolam badan Guci, kolam rendam, dan sebagainya. Di sampingitu, ada pula tempat khusus untuk beli pernak-pernik khas Tegal yang bisa kamu bawa pulang sebagai suvenir.

Misteri yang Berkembang di Kolam Air Panas Ini

Bukan Tegal namanya jika tidak ada kisah misterinya. Maklum, di Tegal itu masih banyak ilmu perdukunan dan sebagian besar warga percaya, bahwa dulunya pemandian ini dihuni oleh pengikut Nyi Roro Kidul. Di sana kan ada patung naga. Nah, itu yang dipercaya warga sebagai petilasan pengikut tersebut.

Gambar dari IG @rhienugh

Misteri wisata Guci Tegal ini sudah kondang sejak dulu. Kadang, pengikut yang notabene berjenis kelamin wanita itu menjelma jadi seekor naga. Kadang hanya ada suara-suara aneh yang terdengar di pemandian ini. Tidak seperti sekarang yang sudah banyak pancurannya. Dulu, masih begitu alami dan warga enggan untuk datang langsung ke pemandian.

Berapa Tiket Masuknya?

Untuk harga tiket masuk Pemandian Air Panas Guci cukup terjangkau. Meskipun kamu berasal dari luar kawasan, tetap sama harganya. Ketika weekend dan musim liburan tiba, harga tiket untuk dewasa hanya 7 ribu Rupiah. Sedangkan untuk anak-anak 6,5 ribu Rupiah. Kalau di hari biasa, masing-masing tarifnya berkurang 2 ribu Rupiah.

Kepoin Yang Ini  Objek Wisata di Cilacap

Fasilitas yang Ada Apa Saja?

Fasilitas wisata Guci Tegal cukup lengkap dan sangat memanjakan. Selain ada tempat untuk beli pernak-pernik, ada pula ruang bilas, penginapan, restoran, area pertokoan, restoran, dan lain-lain. Penginapan yang tersedia ada di atas pemandian. Jadi, meskipun tidak ikut mandi, kamu pun bisa menikmati aktivitas para wisatawan dari jendela langsung.

Gambar dari IG @faukzi89

Untuk harga kamarnya cukup variatif dan disesuaikan dengan fasilitas yang ada. Tarif paling murah itu hanya 100 ribu Rupiah per malam dan sudah dilengkapi dengan extra bed. Sedangkan harga yang paling mahal bisa sampai 750 ribu Rupiah per malam. Kalau mau yang lebih murah, manfaatkan saja paket tour di agen perjalanan.

Video pemandian air panas Guci

Banyak sekali tempat wisata di Indonesiayang memiliki keistimewaan seperti Pemandian Air Panas Guci ini. Tempat seasri ini sangat sayang jika tidak dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Ditambah dengan kesan mistis yang beredar tentu akan membuat pengalaman berwisata ke pemandian air panas jadi berbeda sepenuhnya.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.