Kemolekan Abadi di Ujung Barat Pulau Jawa

Daerah paling barat di Pulau Jawa yang memiliki pesona alam adalah Ujung Kulon. Taman Nasional Ujung Kulon ini memiliki beragam kekayaan seperti hewan langka badak bercula satu yang hidup di kawasan ini. Tidak hanya badak karena ada banyak spesies fauna lainnya seperti rusa, kerbau, dan masih banyak lagi. Area ini juga kaya akan flora endemik serta keindahan alam. Pantai, sungai, pulau, hutan, dan tebing tidak pernah gagal membuat kagum para pengunjung. Jika ingin ke Ujung Kulon harus menyebrang dari Pelabuhan Sumur atau Taman Jaya dengan menyewa kapal biasa berkapasitas 20 orang. Jika ingin menyebrang dengan kapal cepat harus naik dari Pantai Carita. Berikut ini ulasan tentang tempat-tempat terindah di Taman Nasional Ujung Kulon.

Pulau Badul

Pulau Badul nan mungil ini memiliki taman bawah laut yang indah sehingga menjadi spot snorkeling favorit. Pulau tidak berpenghuni ini berukuran kecil sehingga harus berhati-hati saat berenang atau snorkeling karena arus air lautnya yang kuat. Air laut jernih berwarna biru tosca pasti menggoda untuk diselami. Jika tidak bisa berenang atau tidak ingin menyelam juga tetap bisa menikmat keindahan pemandangan di sekitar pulau ini. Pulau Badul hanya bisa diakses melalui dua desa, yaitu Desa Sumur dan Desa Tamanjaya sehingga hanya bisa naik kapal kayu biasa. Kalau suka backpacking wajib mengunjungi pulau ini agar wisata semakin lengkap.

Kepoin Yang Ini  Ayo Habiskan Malam di Jalan Braga Bandung

Pulau Panaitan

Pulau Panaitan memiliki rimba yang berada di Selat Sunda sehingga cukup dekat dengan Pulau Sumatera. Kalau berada di pulau ini seakan mudah saja berkunjung ke Sumatera. Luas pulau sekitar 17 ribu hektar mirip dengan Baluran Banyuwangi. Para pengunjung pasti seolah berada di Afrika. Pulau ini memang terbentuk dari hutan alami dengan perpaduan vegetasi hutan bakau, hutan pantai, dan hutan hujan tropis yang indah. Pulau ini bernilai sejarah karena ada reruntuhan berupa Arca Ganesha dan benda-benda purba lainnya.

Para pengunjung bisa snorkeling atau diving karena arus lautnya bersahabat. Tetapi pulau ini hanya bisa disinggahi beberapa jam karena belum memiliki penginapan. Sebaiknya kembali ke pulau lainnya untuk menginap. Pulau Panaitan ini adalah surga bagi para peselancar karena ombak di pulau ini sangat mendukung untuk olahraga surfing. Jika sudah dikenal oleh masyarakat luar negeri pasti pulau ini akan menjadi tempat favorit untuk dikunjungi.

Pulau Handeleum

Pulau Handeleum sangat cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta petualangan. Kenapa demikian? Karena pulau ini sangat indah untuk dieksplor. Terletak di antara gugusan pulau-pulau kecil di ujung timur laut Semenanjung Ujung Kulon dengan luas 220 hektar ini menjadi habitat yang nyaman untuk satwa-satwa liar seperti rusa, ular phyton dan lainnya. Pulau ini dikelilingi oleh hutan bakau yang subur, banyak hewan tertentu yang tinggal di pulau ini. Ada sungai yang membelah pulau sehingga sungai ini sering disusuri dengan sampan atau perahu kecil. Pulau ini benar-benar seru untuk dieksplorasi.

Kepoin Yang Ini  Tempat Wisata Malam di Lembang

Jika berencana untuk wisata ke sana wajib mendatangi semua tempat yang direkomendasikan di dalam artikel ini. Jika ada satu tempat yang tidak dikunjungi akan terasa kurang memuaskan. Berwisata di Taman Nasional Ujung Kulon bisa dilakukan dengan 2 cara. Pertama, atur sendiri itinerary dan biaya kunjungan yang dibagi rata dengan teman-teman perjalanan (share cost). Kedua, ikut open trip atau paket wisata yang ditawarkan oleh banyak agen wisata sehingga tidak perlu repot mengatur perjalanan. Selamat mengeksplorasi!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.