Khasiat Ampuh dari Temulawak

Temulawak tentunya sudah tidak asing lagi dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu tanaman obat yang masuk ke dalam suku temu-temuan, temulawak memiliki sering  dimanfaatkan sebagai obat dan menjadi olahan jamu untuk meningkatkan nafsu makan serta manfaat lainnya. Berbicara mengenai rempah-rempah, dayat tarik rempah yang ada di Indonesia bahkan sudah terdengar dan terkenal di berbagai negara. Faktor tersebut  yang mendorong Belanda untuk memonopoli perdagangan pada beberapa tahun yang lalu.

Salah satu rempah-rempah yang terkenal adalah temulawak. Temulawak mempunyai nama atau sebutan yang berbeda-beda di berbagai daerah, seperti temulawak di Sumatera, temo labak di Madura, koneng gede di jawa dan lainnya. Temulawak yang mempunyai nama latin Curcuma xanthorriza ini tergolong pada kingdom Plantae, divisi Spermatophyta, sub divisi Angiospermae, kelas Monocotyledonae, famili zingiberaceae, ordo Zingiberales, genus Curcuma, dan spesies Curcuma xanthorriza.

Temulawak adalah salah satu tumbuhan yang berhabitat asli dari Indonesia dan merupakan salah satu kekayaan yang ada di Indonesia. Kemudian menyebar ke beberapa negara seperti Malaysia, Filipina , Thailand serta beberapa negara lain hingga ke negara Eropa. Tumbuhan asli Indonesia ini juga menjadi salah satu jenis tanaman superstar di luar negeri karena memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Dalam satu rimpang temulawak memiliki kandungan 48 – 60 % zat tepung, 1,6 – 2,2 % kurkumin dan 1,48 – 1,63 % minyak atsiri yang diketahui dapat meningkatkan fungsi organ tubuh.

Masyarakat Indonesia sejak dulu memang sudah memanfaatkan dan mengkonsumsi produk dari alam untuk sehari-hari. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, karena tanah Indonesia kaya akan berbagai tanaman yang mempunyai beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Banyak olahan makanan dan minuman yang sudah menjadi masakan sehari-hari dalam setiap rumah di Indonesia, hampir setiap olahan masakan tersebut terdapat rempah-rempah temulawak di dalamnya. Kandungan yang ada dalam temulawak mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan tubuh serta menyembuhkan berbagai penyakit, seperti :

Kepoin Yang Ini  Pilih Sendiri Kebutuhan Proteksi Penyakit, Jadikan Biaya Premi Semakin Irit

Menambah Nafsu Makan

Salah satu manfaat pada temulawak yang paling terkenal adalah untuk menambah nafsu makan, karena temulawak mengandung minyak atsiri yang berperan dalam penambahan nafsu makan. Salah satu cara mengkonsumsinya dengan mencampurkan temulawak 25 gram dengan 10 gram asam jawa dan gula merah, rebus dalam 600 cc air putih hingga airnya tersisa setengah, lalu saring dan minum selagi hangat, sehingga sangat cocok untuk anak-anak yang mempunyai masalah dalam nafsu makan.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah akan mengakibatkan terjadinya sakit jantung koroner dan stroke. Kolesterol adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk mengangkut lemak dan membentuk hormon pada tubuh. Namun kolesterol yang terlalu tinggi akan menghambat peredaran darah sehingga menyebabkan berbagai penyakit. Salah satu kandungan pada temulawak yaitu kurkumin dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa diet dengan asupan 0,1 % temulawak setiap harinya selama 7 hari akan menurunkan kadar kolesterol tubuh hingga sebanyak 1 %.

Selain kandungan kurkuminnya, temulawak juga memiliki kandungan hepato protektor yang memiliki manfaat untuk melindungi hati. Tidak sedikit individu yang mempunyai kolesterol tinggi akan melakukan terapi statin untuk menurunkan kadar kolesterol. Namun, terdapat beberapa kemungkinan terapi berefek pada timbulnya gangguan hati. Dalam hal tersebut kandungan hepato protektor dari temulawak akan membantu melindungi hati akibat terapi statin.

Salah satu penyebab adanya kolesterol tinggi adalah mengkonsumsi makan lemak berlebih, seperti makanan yang mudah didapatkan yaitu gorengan, makanan berlemak serta lainnya. Oleh karena itu, memperhatikan kadar lemak pada makanan sangat penting sebelum mengkonsumsinya agar kadar kolesterol pada tubuh tetap terjaga.

Kepoin Yang Ini  3 Cara Mudah Untuk Transfer Uang ke Luar Negeri

Menjaga Kesehatan Hati

Organ hati pada tubuh manusia bekerja cukup berat karena harus menetralkan racun yang ada dalam tubuh. Jika mengkonsumsi olahan berbahan temulawak secara rutin maka kandungan yang ada pada temulawak akan dirasakan manfaatnya dalam tubuh. Kandungan tersebut membantu terbentuknya empedu lebih banyak serta memberikan rangsangan pada hati agar mengosongkan empedu di dalamnya, dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin akan bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh khususnya pada hati.

Mengobati Masuk Angin

Salah satu sakit yang sering di alami setiap individu adalah masuk angin. Masuk angin, perut kembung, dan rasa mual dapat terjadi karena cuaca,  kelelahan, faktor imunitas tubuh yang rendah serta lainnya. Cara mengkonsumsi temulawak yang bisa di coba adalah dengan merebus temulawak bersama gula jawa secukupnya, minum selagi hangat. Lakukan cara tersebut secara rutin dan rasakan manfaatnya.

Mengatasi Gangguan Empedu

Gangguan empedu adalah masalah yang mempengaruhi kantung empedu. Organ tersebut berfungsi untuk menyimpan dan mengedarkan empedu. Di usus kecil, empedu berfungsi untuk menguraikan lemak dari makanan, sehingga tubuh akan mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan tersebut. Pada umumnya, gangguan empedu berkaitan dengan terbentuknya batu empedu yang terbentuk karena menumpuknya kolesterol atau timbunan kalsium yang lama-kelamaan menjadi mengeras. Oleh karena itu, mengkonsumsi secara rutin temulawak akan mengatasi gangguan pada empedu.

Menyembuhkan Batuk dan Radang Saluran Pernapasan

Batuk adalah salah satu sakit yang mudah sekali dirasakan banyak individu, ketika saluran pernapasan terganggu atau bahkan mengalami peradangan, kemampuan bernafas tentu mengalami penurunan. Sebelum mengambil tindakan medis, cara lain untuk mempercepat penyembuhan dapat dengan menggunakan air rebusan dari temulawak, salah satu cara yaitu dengan mencampurkan sedikit madu untuk menghilangkan rasa getir dan minum selagi hangat.

Kepoin Yang Ini  Apa Itu Anosmia?

Selain manfaat untuk kesehatan di atas masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa dirasakan dengan mengkonsumsi temulawak. Namun, selain untuk kesehatan, temulawat juga mempunyai manfaat lain yaitu sebagai kecantikan wajah, diantaranya :

Mengobati Alergi

Alergi biasanya terjadi karena penolakan tubuh akan zat yang masuk ke dalam tubuh, alergi bisa juga disebabkan karena debu dan cuaca, makanan yang dikonsumsi serta lainnya. Salah satu cara mengkonsumsinya yaitu dengan mencampur satu genggam kumis kucing, dua jari temulawak, satu genggam daun meniran serta daun sambiloto setengah genggam. Didihkan semua bahan tersebut dalam dua gelas air putih, diamkan beberapa menit hingga dingin lalu saring airnya, lalu minum air rebusan tersebut dua kali sehari untuk merasakan hasil yang maksimal.

Mengatasi Jerawat dan Peradangan Kulit

Masalah jerawat tentunya sudah tidak asing lagi di alami oleh setiap individu, terutama pada masa remaja. Jerawat dan masalah pada kulit merupakan masalah yang tidak bisa di biarkan, karena gangguan tersebut merupakan gangguan yang ada pada luar kulit, sehingga akan mengurangi rasa percaya diri. Kandungan xanthorrizol pada temulawak berfungsi sebagai anti jerawat dan dapat menjaga kesehatan pada kulit. Hal tersebut yang kemudian menjadi alasan temulawak baik untuk mengatasi jerawat dan melindungi wajah dari radikal bebas.

Salah satu cara pengolahan temulawak untuk perawatan wajah yaitu dengan menggunakan temulawak sebagai masker wajah anti bakteri. Gunakan masker tersebut setiap sebelum tidur selama 30 menit.

Berbagai macam manfaat dari temulawak seperti untuk kesehatan juga kecantikan membuat banyak individu semakin yakin untuk mengkonsumsi olahan temulawak setiap harinya. Oleh karena itu, menjaga tanaman temulawak sangat penting, karena merupakan salah satu kekayaan yang ada di Indonesia.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.