Konsumsi Jenis Makanan Berikut untuk Membantu Perkembangan Janin

Ketika tengah berbadan dua, menu makanan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dengan saksama. Selain untuk menutrisi Anda dan janin, makanan tersebut harus juga dapat membantu perkembangan janin di masa emas pertumbuhannya. Agar semua ini bisa terpenuhi, berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat tengah hamil.

makanan-sehat-untuk-perkembangan-janin

Yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Produk satu ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yang berguna bagi pembentukan tulang janin. Selain itu, bakteri probiotik dalam yoghurt dapat melancarkan pencernaan ibu hamil. Bakteri ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya preeklamsia, diabetes, dan infeksi vagina saat hamil.

Kacang-kacangan

Jangan lupa untuk mengonsumsi kacang-kacangan seperti miju, kacang polong, dan buncis, saat Anda hamil. Kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya akan serta, protein, zat besi, folat, dan kalsium. Folat terutama sekali dibutuhkan oleh janin karena sangat mempengaruhi perkembangan otaknya. Kekurangan folat selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir cacat.

Ubi

Makanan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia ini kaya akan beta-karoten, yang akan menjadi vitamin A saat diserap oleh tubuh. Vitamin A dibutuhkan janin untuk membantu perkembangan sel dan jaringan tubuhnya. Wanita yang tengah hamil biasanya disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A hingga 40%. Semua itu bisa dipenuhi dengan mengonsumsi ubi.

Sayuran Daun

Sayuran daun seperti bayam mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti vitamin C, K, dan A, kalsium, zat besi, folat, dan potasium. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan antioksidan yang dapat memperkuat kekebalan tubuh ibu hamil dan janin, serta melancarkan pencernaannya. Mengonsumsi sayuran daun mengurangi risiko kurangnya berat badan bayi saat lahir. 

Daun Basil

Optimalkan perkembangan janin yang Anda kandung, dengan rutin mengonsumsi daun basil selama kehamilan. Daun herbal ini mengandung zat besi, yang bisa terus mengisi ulang energi Anda yang sering terkuras karena aktivitas selama kehamilan. Selain itu, kandungan kalsiumnya juga bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang dan gigi bayi yang kuat.

 Buah Jeruk

Dehidrasi selama masa kehamilan, memang tak bisa dihindari. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan cara rutin mengonsumsi buah jeruk. Buah dengan warna oranye ini mengandung 90% air, yang bisa membantu Anda untuk terhindar dari kemungkinan dehidrasi. Anda tak akan merasa kelelahan lagi, karena kebutuhan cairan Anda sudah terpenuhi dengan mengonsumsi buah ini.

Minyak Hati Ikan

Minyak hati ikan dari ikan jenis kod, kaya akan omega-3 dan DHA, yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan mata janin. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi minyak hati ikan selama masa kehamilannya, dipercaya akan melahirkan bayi dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Selain itu, minyak hati ikan juga kaya akan vitamin D yang dapat mengurangi risiko preeklamsia.

Alpukat

Mengonsumsi alpukat selama masa kehamilan, bisa mengurangi sakit karena keram kaki, yang dialami oleh ibu hamil. Ini disebabkan karena adanya tingginya kadar potasium dalam alpukat. Alpukat juga kaya akan akan lemak baik, yang membantu pembentukan kulit, otak, dan jaringan tubuh janin. Folat yang dikandungnya dapat mencegah terjadinya kecacatan tabung saraf janin.

Agar kehamilan bisa Anda lewati dengan baik, serta perkembangan janin dapat berjalan optimal, jangan ragu untuk mengonsumsi makanan di atas. Semakin bergizi makanan yang Anda konsumsi, maka akan semakin bagus perkembangan calon buah hati Anda. Jangan ragu juga untuk mencari lebih banyak informasi terkait makanan sehat, yang dianjurkan dikonsumsi di masa kehamilan.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.