Kota Hujan yang Selalu Penuh Pesona

Kota hujan yang dimaksud adalah Bogor. Mengapa disebut demikian? Karena kota ini memiliki curah hujan yang tinggi sehingga setiap hari hujan walau pada musim kemarau sekalipun. Jadi saat berwisata di kota ini sangat disarankan membawa payung atau jas hujan karena kapan pun bisa tiba-tiba hujan walau sedang panas. Bogor menjadi pilihan destinasi utama masyarakat Jabodetabek untuk berwisata pada akhir pekan karena lokasinya dekat dengan akses yang mudah dan ketersediaan berbagai tempat wisata seru.

Wisata Alam di Bogor

Secara garis besar, ada 2 daerah di Bogor yang populer untuk dikunjungi karena terdapat banyak tempat wisata alam yang menarik. 2 daerah yang dimaksud adalah Sentul City dan kawasan Puncak Bogor. Puncak menjadi kawasan wisata yang selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan terutama pada hari libur nasional yang berdekatan dengan akhir pekan (long weekend). Puncak memiliki keindahan alam dengan latar belakang pegunungan. Sentul atau Sentul City mulai populer karena banyak tempat yang menarik untuk dieksplorasi.

  • Ranggon Halimun Hills

Wisata Alam di Ranggon Halimun Hills

@anggiauliaa

Tempat wisata alam terbaru yang berada di lereng Gunung Salak mulai ramai dibicarakan karena kerap muncul di instagram sejak Juli 2017. Tempat ini dirancang dengan ciamik sehingga banyak spot foto instagramable di sana. Jika Anda bukan orang yang hobi mendaki gunung maka tentu saja keberadaan tempat ini menjadi pelampiasan yang tepat karena memang berlatar pemandangan Gunung Salak. Spot foto terfavorit dan populer antara lain perahu ala Jurang Tembelan, Rumah Pohon di  gardung pandang, dan ayunan langit seperti di Lodge Maribaya Bandung.

harga tiket masuk ranggon hills

@dhinirosdiani

Harga tiket masuk cukup murah yakni Rp 30.000 per orang dan Anda pun bebas untuk eksplor semua spot di tempat ini. Jika ingin ke tempat ini memang lebih mudah dengan kendaraan pribadi dengan tujuan Taman Nasional Gunung Salak. Jika ingin naik kendaraan umum saja maka naiklah angkot menuju Cikampak yang melewati jalan Tenjolaya dan Cibatok.

  • Curug Ciherang Jonggol

Wisata Alam Curug Ciherang Jonggol

@nurindayaa

Curug Ciherang berada di Desa Sukawangi, Jonggol. Dahulu curug ini hanya berupa air terjun biasa dengan aliran air yang mengalir ke sungai namun kini sudah dirancang menjadi tempat yang unik. Keunikan itu ada pada rumah pohon dan jembatan gantung yang menjadi spot foto paling hits. Pemandangan hijau yang rimbun dan udara yang sejuk menjadi kelebihan dari tempat ini. Tiket masuk per orang cukup bayar Rp.5.000 saja.

rumah pohon cibodas jonggol

@laurafsitompul

Sedangkan biaya parkir kendaraan roda dua Rp.5.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp.20.000. Harga bisa berubah sewaktu-waktu jika tempat ini sudah dibangun lebih ciamik atau modern. Jika ingin datang ke tempat ini sebaiknya naik kendaraan pribadi karena jalannya cukup berliku dan rumit sehingga tidak ada kendaraan umum yang melintas. Arahkan kendaraan menuju Jonggol dan bertanya dengan warga setempat agar diberi petunjuk menuju tempat ini.

  • Curug Bidadari Sentul

Wisata Alam Curug Bidadari Sentul

@herubcsxpsb

Curug Bidadari terletak di Desa Bojongkoneng, Sentul City. Dahulu curug ini bernama Curug Bojongkoneng, namun setelah dikelola oleh Sentul Paradise Park maka namanya berganti menjadi Curug Bidadari supaya lebih menjual. Curug yang memiliki tinggi sekitar 40 sampai 75 meter dengan aliran air yang deras dilengkapi dengan fasilitas menyenangkan seperti perahu tangan dan flying fox.  Terdapat arena bermain anak dan keluarga yang berada di bawah air terjun. Para pengunjung bisa menikmati pasir putih di Water Park ini seperti berada di pantai. Tempat ini buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 pada hari biasa dan saat akhir pekan dibuka lebih awal jam 07.30 hingga 18.30 (lebih lama). Tiket masuk sebesar Rp.25.000 per orang pada hari biasa dan Rp.40.000 per orang pada akhir pekan. Namun harga itu bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

  • Goa Agung Garunggang

Wisata Alam Goa Agung Garonggang

@jazztin_ap

Goa Agung Garunggang terletak di Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul. Goa ini letaknya tersembunyi sehingga belum banyak orang yang mengunjunginya. Sebaiknya naik kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang melintas. Ikuti arah Jungleland lalu menyusuri jalan perkampungan hingga menemukan petunjuk jalan ke arah Goa Agung Garunggang. Di sekitar goa ini terdapat bebatuan yang unik  sehingga harus berfoto di sana. Sebaiknya menyewa pemandu yakni warga sekitar agar tidak nyasar. Tidak ada biaya untuk tiket masuk namun Anda  harus membayar biaya parkir dan pemandu. Ke depannya mungkin tempat ini akan dikelola dengan baik.

  • Curug Cibaliung

Wisata Alam Curug Cibaliung

@ayodolan

Curug Cibaliung terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul. Walaupun tidak terlalu tinggi tetapi segar dan derasnya air akan membuat Anda ingin bermain air dan betah untuk berlama-lama. Bebatuan dan pemandangan alam di sekitarnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Curug ini masih belum dikelola sehingga jalan menuju ke sana masih jelek dan agak rusak sehingga belum banyak pengunjung yang datang. Dari tol Jagorawi melewati gerbang Sentul City lalu belok kiri dan masuk arah Jungle Land. Pada pertigaan jalan sebelum Jungle Land maka ikuti petunjuk arah Curug Leuwi Hejo kemudian lanjutkan perjalanan sekitar setengah jam sampai di Desa Karang Tengah, tak lama kemudian tiba di Curug Cibaliung. Tiket masuk ke Curug Cibaliung sebesar Rp.10.000 per orang dengan tarif parkir sebesar Rp.5.000 per hari. Harga bisa berubah sewaktu-waktu seiring perkembangan tempat ini.

  • Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

@afiadeerfarm

Penangkaran Rusa Giri Jaya terletak di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjungsari, Cariu Bogor. Sekitar 40 km dari pintu keluar tol Cibubur ke arah Cileungsi-Jonggol. Tempat ini dibuka dari jam 07.00 pagi sampai jam 05.00 sore. Harga tiket masuknya sangat murah yaitu Rp 2.500 per orang. Tempat ini sebenarnya sudah lama yakni sejak 1993 dengan luas lahan sekitar 5 hektar. Anda akan merasa seperti di Ranca Upas Bandung yang lebih terkenal karena banyak rusa yang menggemaskan dan bisa diberi makan. Saat memberi makan rusa pasti Anda akan dikerubuti bagaikan artis dikelilingi fans. Abadikan momen seru itu dengan kamera. Jenis rusa yang ada di tempat ini yaitu Rusa Jawa, Rusa Bawean, Rusa Cheetal. Keindahan tempat ini semakin lengkap dengan adanya jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Cibeet. Sama seperti Ranca Upas, di tempat ini juga bisa berkemah bersama keluarga atau teman-teman.

  • Gunung Pancar

Wisata Alam Gunung Pancar

@magnoliafitri

Gunung Pancar terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul. Harga tiket masuk hanya sebesar Rp.5.000 per orang. Tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp.5.000 dan mobil sebesar Rp.10.000 saja per hari. Tempat wisata ini terbuka selama 24 jam sehingga bisa datang kapan pun untuk berkemah. Hutan pinus yang rimbun dan eksotis akan mengobati kerinduan Anda dengan suasana alam yang sejuk dan indah. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan antara lain joging, hiking, berkuda bahkan banyak yang bersepeda gunung di sini. Orang-orang yang naik sepeda gunung dengan melompati kayu-kayu besar menjadi pemandangan unik di tempat ini. Terdapat pemandian air panas yang bisa dicoba hanya membayar Rp.10.000 per orang. Tempat ini sangat bagus untuk dijadikan lokasi foto terutama untuk foto pre wedding.

Kepoin Yang Ini  Tempat Wisata di Cianjur yang Murah ini Wajib Kamu Datangi

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.