Kota Paling Asik di Kalimantan? Samarinda Aja!

Kota Paling Asik di Kalimantan? Samarinda Aja!

Samarinda, sebuah kota di Kalimantan Timur yang memiliki sejuta pesona alam yang menakjubkan. Namun karena banyak objek wisata alam yang masih tersembunyi sehingga banyak orang yang belum mengetahui keberadaan tempat-tempat itu. Kota dengan penduduk terpadat di Kalimantan ini lebih dikenal dengan kain tenun yang bermotif kotak-kotak dengan berbagai warna. Namun Anda harus tahu lebih lanjut tentang kota ini terutama destinasi wisata alam yang indahnya tak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Berikut ini beberapa wisata alam unggulan di Samarinda yang harus Anda ketahui.

  • Air Terjun Pinang Seribu

Wisata Alam Hinata Tachibana

@dunia.etam.

Air Terjun Pinang Seribu terletak di kawasan Bengkuring, Kelurahan Sempaja Utara. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota samarinda, namun akses jalannya kurang baik sehingga butuh waktu cukup lama untuk sampai. Lokasi air terjun ini tepatnya di jalan padat karya atau sekitar 6 km dari simpang padat karya yang lebih dikenal dengan nama bengkuring. Kawasan wisata alam Air Terjun Pinang Seribu ini menyediakan banyak fasilitas seperti sepeda air, flying fox, pendopo, tempat makan, dan pemandian umum. Air terjun ini berasal dari sungai batu besaung yang berarti air terjun ini merupakan perpanjangan air terjun berimbai. Pemandangan sawah yang terhampar cukup menarik dan indah. Jika sudah tiba di lokasi maka Anda akan melihat gerbang kayu berbentuk rumah lamin yakni rumah panggung. Air terjun terletak di sebelah kanan lahan parkir. Anda harus memabayar sebesar 5 ribu rupiah per orang untuk masuk ke kawasan wisata ini. Jika ingin menikmati gazebo, Anda harus membayar sebesar 20 ribu rupiah per jam. Air terjun ini bentuknya berundak-undak yang sekilas mirip Air Terjun Bantimurung, namun air terjun ini berukuran kecil. Walau perjalanan panjang dan sulit untuk dilewati, namun kesegaran dan keseruan yang ditawarkan oleh kawasan wisata ala mini pasti akan membayar rasa lelah Anda selama di perjalanan. 

  • Air Terjun Tanah Merah

Wisata Alam Air Terjun Tanah Merah

@heri_meiga

Air Terjun Tanah Merah terletak di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara. Lokasinya sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda. Tempat wisata ini bisa diakses dengan kendaraan umum yaitu angkot jurusan Pasar Segiri – Sungai Siring. Air terjun setinggi 15 meter ini tergolong unik karena air yang mengalir dari pegunungan terlihat jernih dan bersih. Namun saat berada di bawah yakni sejenis kolam alami, air akan berubah menjadi keruh kemerahan. Itulah sebabnya air terjun ini diberi nama Tanah Merah. Warna kemerahan pada air disebabkan oleh tanah berjenis gambut yang memang struktur tanah di daerah itu demikian. Kawasan wisata ini banyak dikunjungi wisatawan terutama saat akhir pekan.Jika tak ingin bermain air karena takut basah, Anda bisa duduk di gazebo sambil menikmati keindahan air terjun ini atau wisata kuliner dengan memesan makanan di warung makan sekitar. Area wisata ini menyediakan area bermain anak sehingga tidak perlu khawatir untuk membawa anak ke tempat ini.

Kepoin Yang Ini  Panorama Alam Balikpapan yang Menawan

Suasana di sekitar air terjun ini sangat asri karena terletak di pinggiran perkampungan yang masih alami. Pohon-pohon rindang khas tanah Borneo menjulang tinggi menjadi ornamen alam yang memperindah pemandangan. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap antara lain kamar mandi, bangku taman, gazebo, warung makan, pemancingan, outbond, area parkir, dan arena bermain anak-anak. Akses jalan menuju air terjun ini tidak bagus karena berbatu dan belum diaspal. Tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang tanpa memandang usia. Tarif parkir untuk roda dua Rp 2.000 dan roda empat Rp 5.000.

  • Bukit Teletubbies Sebulu

Wisata Alam Bukit Teletubbies Sebulu

@aldysetiawan25

Bukit teletubbies Samarinda yang terletak di wilayah bekas Kesultanan Kutai Kartanegara ini belum banyak yang mengetahuinya. Bukit Teletubbies Sebulu ini berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota Sebulu yang bisa ditempuh selama 2 jam dari Samarinda. Akses menuju bukit dari pusat kecamatan cukup mudah untuk dilewati karena jalannya sudah dibeton. Bukit ini masih bersih karena tidak ada sampah berserakan. Udara sejuk dan panorama alam yang indah tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Pada zaman now, banyak orang yang mencari tempat untuk berfoto atau instagramable maka bukit ini pasti menjadi destinasi yang dicari. Namun karena belum banyak yang mempublikasi tempat ini sehingga bukit ini masih sepi. Jika Anda ingin menikmati pemandangan bukit lebih lama maka Anda bisa berkemah di area lapang yang tersedia di bukit ini. Tak ada biaya yang harus dibayar karena tempat ini belum dikelola secara professional sehingga wajar saja kalau tidak ada fasilitas penunjang. Sesuai dengan namanya maka bukit ini dipenuhi ilalang dan rumput seperti bukit yang ada di serial film Teletubbies. Jadi Anda sudah penasaran untuk datang? Silakan buktikan sendiri keindahan tempat ini.

  • Kebun Raya Unmul

Wisata Alam Kebun Raya Unmul

@ridacinaga

Kebun Raya Unmul ini berjarak 10 km dari pusat kota Samarinda yang menjadi hutan pendidikan milik Universitas Mulawaman. Walau miliki sebuah universitas, kebun raya ini terbuka untuk umum sehingga boleh dikunjungi oleh siapapun. Hanya perlu membayar 5.000 Rupiah per orang maka setiap pengunjung akan merasakan keindahan dan kesejukan kebun raya ini. Di kawasan kebun raya ini terdapat sebuah danau besar yang bisa dikelilingi dengan menyewa sepeda air. Jika Anda ingin berkeliling kawasan ini, Anda bisa naik andong dengan membayar sebesar Rp 5.000 [er orang. Di dalam tempat ini terdapat kebun binatang mini dan museum kayu yang berisi informasi tentang jenis-jenis kayu di Kalimantan. Kebun Raya Unmul Samarinda ini buka setiap hari kecuali hari Jumat dari pukul 09:00 hingga pukul16:00.

  • Telaga Permai Batu Besaung

Wisata Alam Telaga Permai Batu Besaung

@slehz

Tempat wisata di Samarinda ini wajib dikunjungi jika Anda membutuhkan suasana alam yang asri. Telaga permai Batu Besaung berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Samarinda. Kawasan hijau ini biasa digunakan sebagai lokasi berkemah oleh para pecinta alam atau murid-murid sekolah. Anda bisa menikmati keindahan Telaga Permai Batu Besaung ini sambil bersenda gurau dengan teman atau keluarga. Kawasan ini memiliki ketinggian yang bervariasi sehingga sungai yang melaluinya terlihat seperti air terjun yang pendek. Sebenarnya tempat ini berupa telaga atau danau dengan panorama pepohonan yang rindang. Aktivitas yang bisa dilakukan yaitu berendam dan bermain air di telaga yang dangkal ini. Aktivitas seru lainnya yaitu berjalan-jalan untuk menikmati keindahan tempat wisata ini.

Kepoin Yang Ini  Panorama Alam Balikpapan yang Menawan

Beberapa destinasi wisata tersebut sudah cukup mewakili keindahan Samarinda. Jika berkesempatan untuk datang ke Kalimantan Timur terutama di Samarinda maka Anda harus meluangkan waktu untuk berkunjung ke beberapa tempat ini. Kedatangan Anda di Samarinda pasti terasa kurang kalau belum pernah setidaknya meninggalkan jejak di salah satu tempat yang telah direkomendasikan ini. Yuk tulis itinerary sebelum eksplorasi Samarinda lebih lanjut. Happy traveling!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.