Kredit Mobil di Leasing atau Dealer, Lebih Baik Mana?

Ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil karena kebutuhan, Anda bisa memilih untuk membeli mobil secara tunai ataupun kredit. Kedua-duanya jelas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau Anda memutuskan untuk ambil kredit mobil, sebenarnya lebih baik ambil kredit di leasing atau dealer? Untuk pertimbangannya, cek di sini!

kredit-mobil-di-leasing-atau-dealer

Lebih Kurang Kredit di Leasing

Untuk pertama, Anda bisa melihat perbandingan dari membeli mobil secara kredit di leasing. Kelebihan pertama yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa membelinya dengan uang muka yang ringan dan fleskibel sesuai dengan kemampuan Anda. Yup! Saat ini pembeli bisa menentukan jumlah uang muka yang akan dibayarkan.

Mereka bisa membayar kecil ataupun besar tergantung kemampuan. Namun, sebagai pertimbangan, Anda harus tahu bahwa semakin kecil uang muka yang Anda bayarkan, maka akan semakin besar sisa utang kredit yang harus Anda lunasi dan bayarkan tiap bulan. Ini belum termasuk dengan bunga yang diterapkan, lo!

Kelebihan lainnya adalah kamu bisa menyesuaikan sendiri masa cicilan atau tenor. Hanya saja, perlu Anda tahu bahwa semakin lama masa cicilan yang dipilih, maka akan semakin besar jumlah bunga besar. Namun, cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya lebih kecil. Lainnya adalah jumlah angsuran yang dibayarkan bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Anda bisa mengambil jumlah cicilan yang besar ataupun cicilan yang ringan. hanya saja, perlu Anda tahu bahwa sebaiknya Anda tidak mengambil jumlah cicilan kecil. Kenapa? Semakin kecil yang harus Anda bayar setiap bulannya, maka akan makin lama pelunasannya dan utang bunga yang harus dibayarkan juga makin besar.

Sedangkan kekurangan dari sistem kredit mobil di leasing ini adalah ada selisih harga yang besar yang harus Anda bayarkan bila dibanding beli tunai. Ini terjadi akibat beban bunga atas pinjaman pokok tersebut. Yup, suku bunga yang diterapkan di leasing biasanya memang sangat tinggi.

Lebih Kurang Kredit di Dealer

Lalu, bagaimana dengan kredit di dealer? Bila dibandingkan dengan di leasing, selisih harga kredit dan harga kontan yang harus dibayarkan atas mobil tersebut biasanya tak terlalu besar. Artinya, sangat berbanding terbalik dengan yang ditawarkan leasing. Anda juga bisa meminta diskon harga pada dealer atas harga mobil yang dijual. Pada beberapa dealer Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berupa bisa meminta tambahan perlengkapan mobil seperti sarung jok dan masih banyak lagi. Tentu saja, jumlah yang bisa dipinta terbatas.

Sedangkan untuk kekurangannya, jumlah uang muka yang harus Anda keluarkan bila mau mengambil kredit kendaraan di sini cukup besar. Selain itu, jumlahnya juga kurang fleksibel dengan kemampuan rata-rata konsumen. Hal inilah yang jadi salah satu masalah besar untuk mereka yang mau membeli mobil secara kredit di dealer.

Kekurangan lainnya adalah prosedur dan persyaratan yang cencerung rumit dan lebih lama. Hal ini jelas akan jadi masalah untuk Anda yang buru-buru mau memiliki mobil kesayangan. Selain itu, tak semua jenis mobil bisa dikreditkan di dealer ini. Hanya ada tipe-tipe tertentu yang tersedia. Bisa jadi, mobil yang Anda inginkan tidak masuk dalam daftar kredit ini.

Itulah perbandingan antara kredit mobil di leasing ataupun di dealer. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan. Sekarang, terserah Anda mau membeli mobil di mana. Paling penting, baiknya miliki referensi yang baik lebih dulu tentang mobil yang dimau. Mulai dari jenis dan harga. Selain itu, lakukan juga banding bunga natara satu tempat dengan lainnya.

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.